Wirausaha Kerajinan Bahan Limbah + Contohnya

Wirausaha Kerajinan Bahan Limbah adalah para pengusaha kerajinan yang memanfaatkan limbah atau barang yang tidak berguna. Mereka menjadikan barang atau benda yang sudah tidak bisa berfungsi seperti seharusnya atau sudah dibuang menjadi produk jadi. Produk jadi tersebut lah yang akan dijual dan menghasilkan pemasukan bagi pengusaha tersebut. Beberapa orang menyebutnya dengan pengusaha daur ulang.

Wirausaha Kerajinan Bahan Limbah

Semakin banyak Wirausaha Kerajinan Bahan Limbah ini akan semakin bagus. Terutama bagi lingkungan kita. Sampah menjadi salah satu masalah utama apalagi di saat musim hujan. Banyak daerah di Indonesia terutama kota-kota besar seperti Jakarta yang mengalami musibah banjir saat musim hujan. Salah satu penyebabnya adalah sampah yang menyumbat saluran air. Selain itu sampah juga akan menimbulkan bau yang tidak sedap bagi orang di sekitarnya. Hal ini juga menimbulkan polusi udara yang membuat udara sekitar menjadi kotor. Hal ini bisa menimbulkan berbagai macam penyakit yang serius.

Kehadiran para wirausaha atau pengrajin limbah ini merupakan hal yang sangat positif. Warga di sekitarnya bisa menjadi pengrajin daur ulang dan menambah penghasilan hariannya. Tidak hanya bisa meningkatkan perekonomian warga di sekitarnya, namun juga secara tidak langsung mengurangi masalah sampah. Aku yakin kamu pun ingin menjadi salah satu wirausaha kerajinan bahan limbah. Namun menjadi wirausaha kerajinan bahan limbah itu tidak mudah. Kamu perlu memiliki beberapa kemampuan diantaranya :

Kepedulian Sosial

Kepedulian sosial menjadi kemampuan nomor satu yang harus kamu miliki. Kenapa kepedulian sosial ?. Pada awalnya membangun usaha kerajinan bahan limbah ini tidak mudah. Kamu harus mempersiapkan banyak hal, tidak hanya dana tapi juga strategi, sdm, dan sebagainya. Jika usaha ini hanyalah cara kamu untuk mendapatkan uang, maka kamu akan gagal di awal. Kepedulian sosial ini tidak hanya soal uang. Posisikan diri kamu dan usaha kamu menjadi solusi. Solusi bagi pengolahan limbah / sambah, bagi perekonomian warga sekitar dan solusi untuk mencegah terjadinya bencana.

Kreativitas

Kemampuan yang kedua adalah kreativitas. Usaha ini sangat erat kaitannya dengan kerajinan daur ulang yang membutuhkan kreativitas tinggi. Tidak hanya kreativitas untuk pembuatan produk. Tapi juga untuk pengolahan limbah, pelatihan SDM, kualitas dan perawatan produk dan sebagainya. Kreativitas ini hal wajib yang harus kamu miliki jika kamu ingin menjadi wirausaha di bidang kerajinan bahan limbah.

Kepemimpinan

Kepemimpinan merupakan hal yang harus kamu kuasai. Apalagi kamu nanti akan berhadapan dengan orang orang yang mungkin akan berbeda. Kepemimpinan di sini harus bisa menyesuaikan dengan yang dipimpin. Karena akan sangat berbeda jika kamu memimpin orang yang ada di kantor biasa, dengan warga yang akan menjadi pengrajinmu. Kamu harus bisa menjadi pemimpin mereka. Memimpin mereka dan berasama sama mereka mengembangkan usaha kamu.

Berani Mengambil Resiko

Sebenarnya ini merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh pengusaha di bidang apapun. Berani mengambil resiko ini merupakan hal yang harus kamu miliki karena kamu nanti akan dihadapkan oleh banyak sekali pilihan. Banyak hal yang akan memaksa kamu untuk mengambil keputusan secara tepat dan benar. Kemampuan untuk berani mengambil resiko ini bukan berarti kita akan menjerumuskan diri dan perusahaan ke resiko. Tentunya kamu harus benar benar menghitung dan mempertimbangkan segala hal.

Originalitas

Kemampuan originalitas ini maksudnya adalah kemampuan kamu untuk menjalankan sesuatu dengan original. Usahakan sebisa mungkin jangan meniru orang atau perusahaan lain. Baik dari sisi produk, pengolahan, strategi dan sebagainya. Memang susah untuk memiliki kemampuan originalitas ini di tengah era digital seperti saat ini. Namun kamu tetap harus memilikinya. Tujuannya agar produk dari usaha kamu memiliki keunikan dan bisa bertahan di pasaran.

Pengolahan Sumber Data

Sumber daya pada usaha dikenal dengan 6M, yakni Man (Manusia), Money (uang), Material (Bahan), Machine (peralatan), Method (Cara Kerja) dan Market (pasar), dalam produksi. Sebagai wirausahawan, kamu harus bisa mengolah dan mengatur itu semua. Jika salah satu tidak bisa diatur, bisa jadi akan berdampak pada kelangsungan usaha yang kamu jalani.

Contoh Produk Kerajinan Bahan Limbah

Berbicara tentang produk, sebenarnya banyak produk kerajinan yang bisa kamu buat dengan memanfaatkan bahan limbah. Limbah yang bisa dibuat kerajinan pun bukan limbah yang sudah benar-benar rusak. Jika ingin mendapatkan produk dengan kualitas yang bagus, kita juga harus bisa memilih dan memilah limbah. Semakin bagus bentuk dan kualitas limbah juga akan berpengaruh terhadap produk jadinya. Nah apa saja sih produk-produk kerajinan yang bisa kita buat dengan bahan limbah. Berikut list dan penjelasannya :

Miniatur dari Limbah Kaleng

Minuman kaleng sangat banyak dijual di pasaran. Banyak dari kita yang juga membeli minuman dengan kaleng. Namun setelah meminum isinya, sebagain besar dari kita akan membuang kalengnya. Padahal kaleng yang kita buang itu bisa menjadi produk atau karya yang bernilai ekonomi. Salah satu pemanfaatan limbah kaleng adalah miniatur. Miniatur ini bisa banyak juga loh. Kita bisa membuat miniatur rumah, hewan, kendaraan dan sebagainya. Salah satu contoh miniatur yang bisa dibuat dengan kaleng bekas adalah miniatur scooter atau mini scoot. Salah satu pengrajin yang menerapkan mini scoot sebagai salah satu usahanya adalah artunzcraft. Kalau kamu ingin melihat karyanya, kamu bisa klik link di bawah ini : Artunzcraft | Pengrajin Mariberkarya.

Pot dari Limbah Botol Plastik

Limbah botol bisa kita gunakan juga untuk membuat produk yang bisa di jual loh. Salah satunya adalah Pot. Limbah botol yang digunakan merupakan botol plastik. Tujuannya agar mudah dibuat dan tidak menimbulkan resiko yang besar. Botol plastik juga mudah kita temukan di mana-mana. Aku rasa tidak sulit untuk menemukan botol plastik ini. Yang menjadi masalahnya sebenarnya adalah membuatnya menarik. Sebenarnya kita bisa saja membuat pot dengan cara menggunting botol plastik saja. Namun jika ingin menjadikan ini sebuah wirausaha, tentunya kita harus membuatnya menarik. Customer pada era digital ini memiliki selera yang cukup tinggi. Sebagai pelaku usaha kita perlu memutar otak untuk membuat produk yang kita tawarkan memiliki nilai tambah.

Tas dari Limbah Plastik

Seperti yang kita tau, tas adalah salah satu pilihan yang mudah jika kita ingin membuat usaha bahan limbah. Tas ini biasanya sering dibuat oleh beberapa pengrajin baik untuk dijual maupun disewakan. Limbah plastik sering dijadikan bahan untuk membuat tas. Tentunya limbah plastik yang digunakan bukan semua limbah plastik. Untuk mendapatkan hasil yang bagus wirausahawan harus bisa memilih dan memilahnya. Jika memang terpaksa harus menggunakan bahan limbah seadanya, maka mereka harus bisa mengolahnya dulu. Bisa dibersihkan, dicampur dengan bahan lain dan sebagainya. Tujuannya agar produk yang dihasilkan bisa bagus dan memiliki nilai lebih.

Pakaian dari Limbah Bungkus Makanan

Sama seperti tas, kamu juga bisa membuat pakaian dari limbah plastik. Namun aku menyarankan limbah bungkus makanan. Selain mudah didapatkan, bungkus makanan juga mudah untuk dibentuk sesuai dengan keinginan. Kamu bisa menggunakan satu jenis bungkus makanan atau kamu bisa menggunakan berbagai macam bungkus makanan. Jika sudah jadi kamu bisa menjualnya ataupun menyewakannya. Biasanya pakaian dari limbah bungkus makanan ini digunakan pada saat acara pawai dan sebagainya. Salah satu pengrajin yang menekuni penggunaan limbah bungkus makanan menjadi pakaian adalah tris flower. Tris Flower juga merupakan sentra kerajinan daur ulang di surabaya. jika kamu ingin mengetahui tentang tris flower lebih lanjut, kamu bisa melihatnya di artikel berikut : Tris Flower – Sentra Kerajinan Daur Ulang Kota Surabaya

Cangkir dari Limbah Batok Kelapa

Produk Kerajinan yang berikutnya adalah Cangkir. Cangkir ini bisa kamu buat dengan menggunakan bahan dasar batok kelapa. Batok kelapa ini sangat kuat sehingga cocok jika digunakan untuk cangkir. Selain itu bentuknya juga sudah menyerupai cangkir sehingga tidak diperlukan perubahan bentuk yang terlalu banyak. Batok Kelapa hanya perlu dihias dan diperindah agar bisa menarik pelanggan.

Lampu Hias dari Limbah Sendok

Lampu sebenarnya hal yang biasa dan setiap hari kita pakai baik di rumah maupun di tempat lain. Tapi lampu yang aku bahas disini adalah lampu hias. Kita bisa membuat lampu hias dengan menggunakan limbah sendok. Limbah sendok yang tidak terpakai bisa kita bersihkan dan kita olah. Sendok tersebut bisa disatukan membentuk seperti tempat lampu. Tinggal ditambahkan lampu di dalamnya maka akan jadi lampu hias. Biar lebih menarik, kamu bisa membuatnya dengan sendok yang berwarna-warni. Kamu bisa melihat contoh hasil dari lampu hias ini di : Jual Lampu Unik Karya Pengrajin Indonesia | Mariberkarya

Itulah Beberapa Wirausaha Kerajinan Bahan Limbah dan Contohnya yang perlu kamu tau. Seperti yang sudah q jelaskan wirausaha bahan limbah adalah orang yang bisa memanfaatkan limbah menjadi barang atau kerajinan yang bernilai. Aku yakin kamu pun ingin menjadi salah satu dari wirausaha kerajinan limbah. Buat yang lagi baca artikel ini saat masih dalam krisis covid-19, tetap jaga kesehatan dan di rumah aja ya.

Untuk mengetahui produk-produk kerajinan tangan lainnya klik link : Mariberkarya.
Kami Percaya bahwa Orang Indonesia Memiliki Kreativitas untuk Membuat Karya yang Berkualitas.
Tetap Belajar, Terus Berkarya dan Selalu Bersinergi.
Mariberkarya, Ini Karya Kita.

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas