Usaha Kerajinan Kayu Indonesia yang Unik, Izemu

Usaha Kerajinan Kayu Indonesia yang Unik, Izemu

Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki perusahaan atau bisnis di bidang usaha Kerajinan Kayu yang sangat banyak. Kayu adalah salah satu bahan kerajinan tangan yang sering digunakan oleh pengrajin untuk menghasilkan kerajinan tangan yang memiliki kualitas yang tinggi. Berbagai macam bentuk kerajinan seperti furnitur telah banyak diperoduksi oleh pengrajin pengrajin di Indonesia. Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan sumber daya alamnya terutama kayu. Sebagian besar kayu di Indonesia memiliki kualitas yang sangat bagus. Hal itulah yang kemudian dimanfaatkan oleh para pengrajin di Indonesia untuk membuat kerajinan tangan dari kayu. Salah satu penghasil Daerah penghasil kayu jati di Jawa Tengah terletak dibeberapa titik seperti Alas Roban Rembang, Grobaokan, Blora, dan Pati.

Usaha Kerajinan Kayu yang Unik, Izemu

Di Indonesia banyak pabrik kerajinan kayu lokal yang tutup karena tidak bisa bersaing dengan produk luar negeri. Dampak dari ditutupnya pabrik pabrik ini adalah pengrajin di daerah akan kehilangan mata pencaharian mereka. Karena itulah Izemu didirikan. Izemu atau PT Izemu Desain Inovatif adalah usaha kerajinan kayu yang didirikan oleh Ivan Yahya Adhiteja. Ivan ingin produk kerajinan kayu lokal bisa punya daya saing lebih dengan produk luar negeri. Dengan begitu kesejahteraan pengrajin lokal juga akan ikut terangkat. Oleh karena itu Ivan juga mengajak pengrajin kayu yang berasal dari Tanah Jawa, khususnya Kuningan, Solo dan Jepara untuk bersama sama berkarya di Izemu.

Izemu didirikan berawal dari sebuah garasi kecil di rumah Ivan. Ivan terinspirasi dari perusahaan besar seperti Google, Amazon, Apple dan Disney yang juga mengawali usaha melalui tempat kecil seperti garasi. Ivan adalah salah satu pengusaha yang memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan bisnisnya. Hal itu bisa dilihat dari saat pertama kali ia memulai Izemu. Kalau pengusaha lain akan mencari atau membuat produk terlebih dahulu, Ivan justru membuat situs online terlebih dahulu. Sejak awal memang Ivan berencana untuk memfokuskan pemasarannya menggunakan ranah daring. Hal yang membedakan produk Izemu dengan kerajinan tangan lainnya adalah teknik pembuatannya yang detail dan mengutamakan estetika. Izemu sudah memproduksi lebih dari 100 produk dengan desain yang berbeda.

Produksi kerajinan Kayu di Izemu

Izemu memiliki produk yang berkualitas karena menggunakan bahan yang memiliki kualitas yang tinggi. Bahan baku utama yang digunakan Izemu untuk membuat kerajinan tangan adalah kayu pinus dan jati. Ivan mengambil bahan yang digunakan untuk membuat kerajinan tangan kayu dari Perhutani Kuningan. Ia bisa memesan hingga 8 kubik atau setara dengan 1 truk kayu yang akan digunakan untuk bahan produksi selama 1,5 tahun. Bahan yang telah terkumpul tersebut akan disulap oleh ivan dan karyawannya menjadi berbagai macam kerajinan tangan unik seperti tatakan gelas, kontainer dan sanderan handphone. Selain bahan, Izemu juga menerapkan finishing waterbase yang ramah dan aman untuk lingkungan. Bahkan mereka telah bekerjasama dengan ITB untuk mengolah limbah yang dihasilkan oleh proses produksi menjadi produk daur ulang bernilai.

Itu tadi adalah sedikit cerita dari Izemu, salah satu Usaha Kerajinan Kayu di Indonesia yang sukses. Masih banyak usaha kerajinan tangan asal Indonesia lainnya yang sukses bahkan hingga ke Dunia.

Baca Juga : Pengusaha Kerajinan Tangan Indonesia yang Sukses #1

Untuk mengetahui produk-produk kerajinan tangan lainnya klik link : Mariberkarya.
Kami Percaya bahwa Orang Indonesia Memiliki Kreativitas untuk Membuat Karya yang Berkualitas.
Tetap Belajar, Terus Berkarya dan Selalu Bersinergi.
Mariberkarya, Ini Karya Kita.

Dapatkan Artikel Seperti ini GRATIS Sekarang Juga

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas