Uniknya Kerajinan Etnik yang Memukau Seluruh Dunia

Uniknya Kerajinan Etnik yang Memukau Seluruh Dunia

Uniknya Kerajinan Etnik. Indonesia memiliki banyak pengusaha kerajinan tangan yang keren dan sudah sukses. Bahkan beberapa diantara mereka sudah go Internasional dan produknya sudah digunakan oleh banyak orang di berabagai negara di dunia. Salah satu usaha kerajinan tangan yang sukses adalah Datie Handicraft. Ir. Kirono Arundhatie adalah orang dibalik suksesnya Datie Handicraft yang sudah ia jalankan selama puluhan tahun.

Datie memulai usahanya sejak tahun 1987 berawal dari hobinya yaitu membuat handycraft. Kesukaannya dengan etnik, menjahit baju dan membuat tas membuatnya semangat untuk mengerjakan semua karyanya itu sendiri. Hal itu bisa dilakukannya karena bahan yang digunakan cukup mudah untuk dibentuk. Berbeda dengan jika ia menggunakan bahan pakai atau materi kayu sebagai bahan utama kerajinan etnik buatannya.

Kerajinan Etnik yang Unik

Uniknya Kerajinan Etnik yang Memukau Seluruh Dunia Kerajinan Etnik

Datie Handicraft adalah usaha kerajinan yang bergerak di bidang pembuatan produk-produk seni etnik. Produk kerajinan dari Datie Handicraft berbeda dengan produk lainnya. Datie Handicraft memiliki produk dekoratif yang bersifat atwork dan dibuat dengan menggunakan beberapa teknik yang khas. Teknik yang digunakan diantaranya teknik aplikasi, machine traponto, quilting dan patchwork.

Datie memastikan bahwa semua produk hasil karyanya memiliki ciri khas yang berbeda-beda dan selalu mengikuti tren. Karena uniknya teknik, kemudian ciri khasnya itu dia hanya bisa memproduksi sedikit kerajinan dalam satu kali produksi. Hal itu dikarenakan untuk satu produk biasanya membutuhkan waktu yang lebih lama dari biasanya. Tapi dengan ketekunannya itu, dia bisa menghasilkan kerajinan etnik yang unik yang tidak dimiliki orang lain.

Karya Datie

Uniknya Kerajinan Etnik yang Memukau Seluruh Dunia Karya

Datie sering mengikuti beberapa pameran baik yang di dalam negeri maupun di luar negeri. Oleh karena itu pengalaman dia dalam memasarkan produk sudah tidak diragukan lagi. Karena seringnya ikut seminar itu pula dia juga banyak membuat berbagai jenis produk kerajinan etnik dengan jenis berbeda-beda. Dia pernah membuat atau memproduksi kerajinan handicraft seperti tas atau clutch, selain itu dia juga pernah membuat beberapa pajangan. Pasar di luar negeri memang membutuhkan kreatifitas produk-produk unik dibandingkan dengan tas, clutch, baju dan semacamnya.

Tidak hanya di pameran dia juga pernah membuat pajangan wayang kayu bertema DKI Jakarta. Btw, Datie juga merupakan pegawai di Pemda DKI Jakarta. Dia juga pernah membuat pajangan kain batik menggunakan serat-serat dari ilalang sebagai pengaitnya. Dia juga pernah membuat wall hanging miniatur pakaian peranakan. Sama seperti pengrajin lainnya, Datie berharap industri kriya / kerajinan tangan di Indonesia bisa berkembang lebih cepat lagi. Banyak sekali orang orang yang memiliki kreativitas yang tinggi dari setiap daerah yang perlu digali.


Itulah sedikit cerita tentang Datie Handicraft yang harus kamu Ketahui. Sebenarnya masih banyak lagi Kerajinan Tangan dari berbagai daerah di Indonesia.
Baca Juga : Pengusaha Kerajinan Tangan Indonesia yang Sukses #1

Untuk mengetahui produk-produk kerajinan tangan lainnya klik link : Mariberkarya.
Kami Percaya bahwa Orang Indonesia Memiliki Kreativitas untuk Membuat Karya yang Berkualitas.
Tetap Belajar, Terus Berkarya dan Selalu Bersinergi.
Mariberkarya, Ini Karya Kita.

Dapatkan Artikel Seperti ini GRATIS Sekarang Juga

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas