Tris Flower – Sentra Kerajinan Daur Ulang Kota Surabaya

Tris Flower - Sentra Kerajinan Daur Ulang Kota Surabaya

Tris Flower – Sentra Kerajinan Daur Ulang Kota Surabaya – Sampah memang sering menjadi masalah bagi setiap orang. Setiap hari kita pasti membuang sampah baik itu sampah organik maupun anorganik. Sampah-sampah yang kita buang tersebut jika terkumpul banyak bisa mendatangkan banyak masalah seperti banjir dan sebagainya. Sampah yang terkumpul di kota surabaya mencapai hingga 2000 ton setiap harinya. 400 ton diantaranya merupakan sampah plastik yang sulit diurai. Jika sampah-sampah ini tidak dikelola dengan baik, sampah-sampah ini bisa berubah menjadi bencana. Namun warga surabaya memiliki cara tersendiri untuk  mengelola sampah-sampah tersebut.

Tris Flower mengubah Sampah Menjadi Berkah

Siapa sangka berbagai kerajinan unik dan menarik itu merupakan olahan dari sampah-sampah bekas yang setiap hari kita buang. Hasil kerajinan tersebut adalah karya dari Lusiani Sutrisno dan warga desa Jambangan Kota Surabaya. Wanita yang akrab di panggil bu tris ini memulai usahanya bersama suaminya pak Sutrisno hanya dengan coba-coba. Mereka memberi nama usaha daur ulang ini dengan nama Tris Flower.

Banyak orang yang datang untuk melihat karya-karya unik mereka. Ada juga pengunjung yang ingin mempelajari bagaimana membuat kerajinan daur ulang dari sampah ini. Warga sekitar juga mengikutinya dan bersama menjadikan desa mereka sebagai desa daur ulang yang hijau sejuk dan bebas dari sampah. Hal ini membuat desa ini dikenal sebagai kampung wisata Jambangan. Desa ini juga banyak mendapat kunjungan baik dalam negeri maupun luar negeri sebagai wilayah percontohan, salah satu diantaranya dalam pengolahan sampah.

Banyak penghargaan yang diperoleh oleh Tris Flower dan warga desa jambangan. Dinas perdagangan dan perindustrian kota surabaya juga menetapkan Tris Flower sebagai sentra kerajinan daur ulang kota surabaya. Jika kamu ingin mengetahui Tris Flower lebih lanjut, bisa langsung ke website resminya http://www.trisflower.com/.

 

Video : https://www.youtube.com/watch?v=HI1ly67QdVA&t=15s

Baca Juga : Kerajinan Miniatur Menara Kudus Tembus Pasar Luar

 

Kami Percaya bahwa Orang Indonesia Memiliki Kreativitas untuk Membuat Karya yang Berkualitas.

Tetap Belajar, Terus Berkarya dan Selalu Bersinergi.

Mariberkarya, Ini Karya Kita.

Berbagi itu Indah

Related posts

Leave a Comment