Tembus Pasar Eropa dengan Omset Ratusan Juta Perbulan dari Kerajinan Eceng Gondok

Tembus Pasar Eropa dengan Omset Ratusan Juta Perbulan dari Kerajinan Eceng Gondok

Kerajinan Eceng Gondok merupakan salah satu kerajinan tangan yang memiliki nilai jual yang tinggi bahkan bisa tembus hingga Pasar Eropa. Enceng gondok merupakan tanaman yang sering dianggap tidak bermanfaat. Tanaman ini tumbuh dan berkembang di permukaan air sedangkan akarnya berada di bawah air. Enceng gondok sering menjadi gulma karena sifatnya yang tumbuh dan berkembang dengan cepat di lingkungan perairan.

Tembus Pasar Eropa dengan Omset Ratusan Juta Perbulan dari Kerajinan Eceng Gondok

Meskipun banyak orang yang menyebutnya tanaman yang tidak berguna, berbeda dengan Rasidha atau biasa dipanggil Ridho (45), warga Desa ngeposari, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul. Tanaman enceng gondok tersebut disulapnya menjadi berbagai macam produk kerajinan yang memiliki nilai jual yang tinggi.

Berawal dari banyaknya enceng gondok di lingkungan sekitarnya, Ridho menciptakan produk olahan enceng gondok seperti keranjang, tempat pakaian kotor, dan sebagainya. Usaha ini mulai ia tekuni sejak tahun 2002 meskipun tidak ada satupun peminat kerajinan enceng gondok. Hingga pada tahun 2007 ia mendapatkan rekanan beberapa perusahaan besar di Jakarta yang tertarik dengan kerajinan eceng gondok milik Ridho. Hal ini membuat Ridho harus memproduksi lebih banyak kerajinannya dan membutuhkan tambahan pekerja. Saat ini total karyawan sebanyak 170 orang yang sebagian besar merupakan warga Ngeposari, Semanu.

Seiring berjalannya waktu sejak membuat kerajinan untuk perusahaan besar tersebut, produk kerajinan Ridho mulai dikenal dunia internasional. Ada 3 negara yang menjadi langganan produk kerajinan eceng gondok milik Ridho yaitu Amerika, Perancis, dan Belanda. Kini omzet penghasilan yang didapat dari penjualan produk kerajinan eceng gondok tersebut mencapai Rp120 juta setiap bulannya.

 

Baca Juga : Hasil Kerajinan Warga Binaan Lapas Banyuwangi Tembus Pasar Ekspor

 

Kami Percaya bahwa Orang Indonesia Memiliki Kreativitas untuk Membuat Karya yang Berkualitas.

Tetap Belajar, Terus Berkarya dan Selalu Bersinergi.

Mariberkarya, Ini Karya Kita.

Berbagi itu Indah

Related posts

Leave a Comment