Telkom Craft Indonesia – Pameran Fashion, Kerajinan Tangan dan Kuliner

Telkom Craft Indonesia
Telkom Craft Indonesia

Telkom Craft Indonesia merupakan pameran produk-produk terbaik khas nusantara yang diadakan setiap tahun. Acara ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 2017. Pameran ini merupakan event offline dari program RKB (Rumah Kreatif BUMN) ini yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center.

Telkom Craft Indonesia bertujuan untuk mengeksplorasi karya anak-anak bangsa. Pada tahun 2018 ini Telkom Craft Indonesia mengangkat keunikan Tenun Nusantara yang disuguhkan dengan bermacam-macam produk khas nusantara lainnya. Produk khas itu terbagi dalam kategori Fashion, Craft dan Food yang berkualitas dan memiliki daya saing global. Penyelenggaraan Telkom Craft Indonesia 2018 juga akan dimeriahkan oleh berbagai penampilan menarik setiap harinya. Pengunjung akan disuguhkan penampilan yang mengedukasi dan menghibur seperti musik, kesenian, talkshow dan peragaan busana dengan sentuhan desain-desain etnik ciri khas Indonesia.

Telkom Craft Indonesia 2018

Telkom Craft Indonesia 2
Telkom Craft Indonesia 2

Telkom Craft Indonesia 2018 akan memamerkan 3000 lebih produk-produk kerajinan tangan dari sekitar 400-an UKM. Selain binaan Telkom, ada 150 UKM binaan BUMN lain dan 50 UKM komunitas dan asosiasi yang mengikuti pameran ini. Pameran ini merupakan pameran produk khas nusantara pertama di Indonesia yang menggunakan transaksi digital melalui mobile payment yang terhubung dengan platform e-commerce. Telkom Craft Indonesia ingin menciptakan digital experience bagi para pengunjung, sebagai sarana untuk mendorong digital lifestyle bagi masyarakat umum.

Dian Art

Dian Art adalah salah satu dari 400 UKM yang diundang untuk mengikuti di acara ini. Dian Art sendiri merupakan bagian dari RKB (Rumah Kreatif BUMN). Dian Art selalu mengikuti ajang pameran produk nusantara seperti Inacraft, yang digelar setiap tahun di JCC juga. Harga sewa booth sekitar 10 juta rupiah lebih selama 5 hari. Dian Art bisa mendapatkan penjualan minimal 100 juta rupiah.

Baca Juga Inacraft

Dyan Ekawati adalah pengrajin aksesoris dari Sidoarjo sekaligus pemilik dari Dian Art. Dyan selalu mengikuti pameran-pameran untuk membuka peluang promosi produk yang dibuatnya. Produk aksesoris yang dia buat nyaris eksklusif dan masing-masing dibuat berbeda. Dyan percaya bahwa banyak barang yang terbuang bisa kita jadikan benda berharga dan layak jual jika dikelola secara kreatif.

Batik

Selain aksesoris, pengunjung Telkom Craft Indonesia juga tertarik dengan salah satu kerajinan khas Indonesia yaitu Batik. Mereka sangat tertarik dengan batik terutama batik banten. Batik Banten mengangkat motif tentang sejarah dari artefak yang didokumentasikan di museum maupun warisan leluhur. Motif batik Banten biasanya dibuat berdasarkan sejarah Keraton Banten. Misalnya motif œMadhe Mundhu adalah nama ruang penjagaan Istana. œMemoloan adalah motif yang terinspirasi dari konstruksi bangunan atap menara masjid dan pendopo Kesultanan Banten.

Kegemaran generasi millennial yang suka warna-warna batik yang berani dan mencolok, juga dijadikan peluang pasar. Pengrajin batik terutama Batik Banten memanfaatkan hal itu dengan membuat batik dengan warna-warna yang beragam. Selain warna motif nya juga dibuat keren agar bisa dipakai dan disukai oleh anak muda. Bahan yang digunakan pun merupakan bahan terbaik seperto katun dan sutra. Batik Banten sendiri sudah mendapatkan beragam penghargaan termasuk bintang 4 dari One Village, One Product (OVOP).

Telkom Craft Indonesia merupakan peran Telkom dalam pembangunan masyarakat digital Indonesia yang membawa semangat “Local Heroes to Global Champions”. Dengan memanfaatkan teknologi digital untuk mengangkat karya-karya terbaik entrepreneur kreatif bangsa ke kancah global. Pameran ini juga dilaksanakan untuk mendukung program BUMN Hadir untuk Negeri, khususnya dalam pemberdayaan ekonomi kerakyatan. Tujuannya untuk mendorong terwujudnya tekad pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai kekuatan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara.

Buat kalian yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai Telkom Craft Indonesia bisa langsung kunjungi website resminya di : http://telkomcraftindonesia.com

 

Untuk mengetahui produk-produk kkerajinan tangan lainnya klik link : Mariberkarya.

 

Kami Percaya bahwa Orang Indonesia Memiliki Kreativitas untuk Membuat Karya yang Berkualitas.

Tetap Belajar, Terus Berkarya dan Selalu Bersinergi.

Mariberkarya, Ini Karya Kita

Berbagi Itu Indah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas