Sentra Kerajinan Rajapolah – Tempat Berburu Kerajinan Anyaman di Tasikmalaya

Sentra-Kerajinan-Rajapolah-Tempat-Berburu-Kerajinan-Anyaman-di-Tasikmalaya-Thumbnail

Sentra Kerajinan Rajapolah. Halo guys, selamat data di Mariberkarya. Pada kesembatan kali ini aku akan membahas tentang Sentra Kerajinan Rajapolah. Rajapolah merupakan nama sebuah kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat. Rajapolah memiliki luas 110,685 ha yang terdiri dari 8 desa. Lokasinya ada di sekitar 20 km arah utara dari Kota Tasikmalaya. Berikut peta rajapolah : https://goo.gl/maps/pivyz8isLBotKRYN9.
Rajapolah terkenal sebagai sentra kerajinan dan sentra perdagangan kerajinan anyaman. Hal itu dibuktikan dengan 80% warganya yang berprofesi sebagai pengrajin anyaman.

Sentra Kerajinan Rajapolah tempat oleh oleh

Sentra-Kerajinan-Rajapolah-Tempat-Berburu-Kerajinan-Anyaman-di-Tasikmalaya-tanda-2

Bagi kamu warga tasik atau bagi kamu yang sedang atau mau ke tasik, kamu wajib mampir ke Sentra Kerajinan Rajapolah. Di Tempat ini kamu bisa menemukan berbagai macam kerajinan tangan anyaman mulai dari sandal, topi, tikar, topi, tas, sajadah, dan berbagai kerajinan anyaman lainnya. Semua kerajinan tangan itu merupakan karya dari pengrajin lokal Rajapolah sendiri yang mungkin tidak akan kamu temukan di tempat lain.

Buat kamu sobat misqueen, atau yang lagi g bawa uang lebih waktu ke sana, jangan khawatir. Harga yang ditawarkan untuk berbagai macam kerajinan yang ada di sana sangat terjangkau. Harga per produknya mulai dari Rp. 2000 hingga Rp. 800.000 saja. Kalau kamu ingin tau tentang kerajinan apa saja yang unik dan khas di sana, kamu cukup tanya ke penjualnya saja. Mereka akan dengan senang hati menjelaskannya ke kamu. Banyak juga kok wisatawan yang datang ke sana untuk membeli berbagai macam kerajinan tangan untuk dijadikan oleh oleh.

Bagi kamu yang ingin ke sana aku sarankan untuk datang lebih awal. Karena biasanya Sentra Kerajinan Rajapolah ini akan ramai pengunjung pada jam 12 siang sampai jam 5 sore. Biasanya para pengunjung menghabiskan waktu sekitar 1 jam di sana untuk berburu oleh oleh. Tempat parkir yang disediakan cukup luas, namun kamu lebih baik datang lebih awal agar kamu bisa parkir di tempat yang strategis.

Tentang Sentra Kerajinan di Rajapolah

Sentra-Kerajinan-Rajapolah-Tempat-Berburu-Kerajinan-Anyaman-di-Tasikmalaya-tanda

Sentra Kerajinan Rajapolah sebenarnya sudah ada sejak tahun 1980-an. Jadi bagi warga sekitar, tempat tersebut sudah tidak asing lagi. Sentra Kerajinan Rajapolah selalu ramai didatangi pengunjung baik orang tasikmalaya sendiri maupun turis dari luar kota dan juga mancanegara. Sentra Kerajinan Rajapolah juga makin berkembang karena lokasinya yang strategis. Banyak kios yang menjajakan produk-produk karya mereka di akses jalan utama menuju Kota Tasikmalaya.

Kerajinan tangan yang bisa kamu temui di Sentra Kerajinan Rajapolah adalah kerajinan tangan anyaman yang terbuat dari mendong. Bagi yang tidak tau, mendong merupakan sejenis tumbuhan seperti rumput yang biasanya tumbuh di rawa-rawa. Tumbuhan ini biasanya tumbuh memanjang hingga lebih dari 1 meter. Biasanya itulah yang sering dijadikan bahan untuk membuat kerajinan tangan anyaman di rajapolah. Selain itu mereka juga menggunakan bahan lain seperti bambu, pandan dan eceng gondok.

Keunggulan Produk Kerajinan Rajapolah

Sentra-Kerajinan-Rajapolah-Tempat-Berburu-Kerajinan-Anyaman-di-Tasikmalaya-Atalia-Praratya-Kamil

Seperti yang sudah aku bahas di atas bahwa Sentra Kerajinan Rajapolah sudah dikenal oleh banyak orang baik dari Indonesia maupun mancanegara. Keunikan dari karya-karya yang dihasilkan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Selain itu, produk hasil kerajinan yang dijual di Rajapolah juga dikenal murah dan memiliki kualitas yang sangat bagus. Keunikan dan kelebihan produk produk di Sentra Kerajinan Rajapolah ini juga telah diakui oleh Atalia Prataya Kamil selaku Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Barat.

Beliau sempat berkata bahwa Kita semua mengenal Rajapolah sebagai penghasil kerajinan terbaik untuk Jawa Barat. Kerajinan yang paling banyak dihasilkan yaitu anyaman mendong, pandan, eceng gondok, dan lain sebagainya. Perempuan yang akrab di panggil “Teh Cinta” ini juga mengatakan bahwa teman-teman di wilayah ini bahu-membahu dalam kelompok tertentu untuk menghasilkan karya. Sudah terbukti bahwa produk-produk hasil karya Kabupaten Tasikmalaya ini sangat diminati. Oleh karena itu, hal ini bisa menjadi contoh bagi daerah yang lainnya. Jika pekerjaan kita dilakukan dengan sepenuh hati pasti akan banyak orang yang mengapresiasi.


Iklan Lewat

Contoh pengrajin di Rajapolah

Ade Abubakar adalah salah satu perajin anyaman yang juga Ketua Paguyuban Kampung Kreatif Sukaruas yang sukses dengan usahanya. Ade berhasil mengeskpor kerajinan anyaman yang dibuatnya sampai ke luar negeri. Usaha kerajinan ini dia tekuni selama 20 tahun. Kini ia memiliki sekitar 30 karyawan yang memproduksi hingga 4000 kerajinan per bulannya. Omzet yang dihasilkan dari usahanya ini mencapai Rp. 150 juta per bulan. Meskipun sudah sukses, seluruh pengrajin ade masih menggunakan metode manual. Hal inilah yang membuat kualitas produk yang dihasilkan sangat bagus dan seolah memiliki nyawa tersendiri. Bahan baku yang dia gunakan adalah bahan baku dengan kualitas bagus dikirim dari Kebumen, Jawa Tengah, dalam bentuk setengah jadi untuk diproses menjadi barang siap pakai.

Itulah sedikit informasi tentang Sentra Kerajinan Rajapolah yang merupakan salah satu sentra kerajinan yang terkenal di Indonesa. Sebenarnya masih banyak lagi sentra kerajinan di Indonesia yang terkenal.

Baca Juga : Rahasia Sukses Dea Valencia Owner Batik Kultur

Itulah 6 Kerajinan Tangan Khas Kalimantan yang perlu kalian ketahui. Sebenarnya masih banyak lagi Kerajinan Tangan Khas Kalimantan yang lainnya.

Untuk mengetahui produk-produk kerajinan tangan lainnya klik link : Mariberkarya.
Kami Percaya bahwa Orang Indonesia Memiliki Kreativitas untuk Membuat Karya yang Berkualitas.
Tetap Belajar, Terus Berkarya dan Selalu Bersinergi.
Mariberkarya, Ini Karya Kita.

Iklan Lewat

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas