Sampah Plastik jadi Cantik dengan Plastic Reborn 2.0

Sampah Plastik jadi Cantik dengan Plastic Reborn 2.0

Sampah Plastik Jadi Cantik. Sejak dulu permasalaan sampah menjadi permasalahan apladi di Indonesia. Masih banyak sampah yang belum bisa dikelola dengan baik sehingga menjadikannya menggunung dan menimbulkan bau yang tidak enak. Selain itu sampah juga bisa menyebabkan berbagai macam bencana salah satunya yaitu banjir. Salah satu jenis sampah yan gperlu mendapatkan perhatian adalah sampah botol plastic.

Kalian tau ndak kalua botol plastik menjadi permasalahan yang sangat besar tidak hanya di Indonesia tapi juga di Dunia. Diperlukan adanya upaya untuk mengatasinya, tidak hanya untuk mengurangi jumlahnya, tapi juga untuk memanfaatkan sampah botol plastik yang sudah ada. Oleh karena itu ada program yang disebut Plastic Reborn 2.0. Apa itu Plastic Reborn 2.0 ?

Sampah Plastik vs Plastic Reborn 2.0

Sampah Plastik jadi Cantik dengan Plastic Reborn 2.0 Pembukaan

Plastic Reborn 2.0 adalah program lanjutan dari Plastic Reborn 1.0 yang merupakan program dari Coca-Cola Foundation Indonesia. Triyono Prijosoesilo, Public Affairs and Communications Director Coca-Cola Indonesia menyebutkan bahwa pada Program Plastic Reborn 1.0 tahun lalu, ada lebih dari 4.300 siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) yang telah diberikan edukasi mengenai dasar pengelolaan sampah yang berkelanjutan. Pengelolaan sampah yang berkelanjutan dilakukan dengan cara pengumpulan limbah (waste collection) dengan cara yang tepat salah satunya botol plastik minuman. Selain itu Plastic Reborn 1.0 juga telah memfasilitasi di lebih dari 100 Universitas dan Sekolah yang berlokasi di Kawasan Jakarta dan Bekasi yang kemudian akan dikelola menjadi barang bernilai ekonomi seperti tas.

Program Plastic Reborn 2.0ini dilakukan untuk bisa mendorong terbangunnya ekosistem circular economy seperti terbentuknya marketplace khusus untuk system persampahan dan daur ulang di Indonesia yang lebih efisien. Program ini nantinya akan bersinergi dengan startup yang bergerak di bidang sampah di Indonesia untuk mengurus masalah sampah untuk membangun ekosistem dan marketplace tersebut. Akan ada lebih banyak anak muda terutama penggiat sampah yang akan berkolaborasi untuk menghasilkan solusi pengumpulan limbah terutama limbah botol plastik.

Seleksi Startup

Sampah Plastik jadi Cantik dengan Plastic Reborn 2.0 Startup

Meskipun dikatakan bahwa Coca-Cola Foundation Indonesia akan bersinergi dengan startup yang bergerak di bidang sampah di Indonesia, tapi tidak untuk semua startup. Hanya akan ada 3 startup terpilih yang nantinya akan menjalankan program ini. Mereka harus berkompetisi untuk menjadi salah satu dari 3 startup yang terpilih. Para penggiat startup harus memiliki proposal bisnis terbaik yang nantinya akan diseleksi oleh tim dari Coca-Cola Foundation Indonesia untuk menentukan pemenangnya.

Mereka akan mendapatkan hibah dengan total sebesar USD 250.000. Hibah itu nantinya akan dimanfaatkan untuk meningkatkan kapabilitas perusahaan dan mengembangkan model bisnis dalam system pengumpulan dan pemrosesan limbah yang lebih baik. Tidak hanya dana yang akan mereka terima, tapi mereka juga akan difasilitasi dengan mengikuti program akselerasi bisnis. Kegiatan tersebut berupa lokakarya dan bimbingan dari para mentor professional. Mereka juga bisa mengembangkan jaringan bisnis mereka melalui Coca-Cola Foundation dan Ancora Foundation.


Itulah sedikit informasi tentang Plastic Reborn 2.0.
Baca Juga : Rahasia Sukses Dea Valencia Owner Batik Kultur

Untuk mengetahui produk-produk kerajinan tangan lainnya klik link : Mariberkarya.
Kami Percaya bahwa Orang Indonesia Memiliki Kreativitas untuk Membuat Karya yang Berkualitas.
Tetap Belajar, Terus Berkarya dan Selalu Bersinergi.
Mariberkarya, Ini Karya Kita.

Dapatkan Artikel Seperti ini GRATIS Sekarang Juga

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas