Riska Suharyani Owner Tenun Pagatan RS

Riska Suharyani Owner Tenun Pagatan RS Thumbnail

Tenun Pagatan RS adalah salah satu usaha penjualan kain/sarung tenun pagatan yang dimiliki oleh seorang wanita bernama Riska Suharyani. Sarung Tenun Pagatan adalah Kain Tradisional dari bugis Pagatan, Kalimantan selatan yang muncul pada abad ke -18 bersamaan dengan datangnya perantau Bugis. Nama Pagatan sendiri adalah nama kelurahan sekaligus ibukota Kecamatan Kusan Hilir, Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia. Sarung tenun pagatan ini memiliki nilai ekonomi, budaya dan sosial dan menjadi ciri khas masyarakat pagatan, Kabupaten Tanah Bumbu. Sarung Tenun Pagatan ini telah menjadi warisan turun temurun dari masyarakat suku bugis dengan ciri khas dan motif yang unik. Kain ini dibuat dengan cara yang tradisional menggunakan alat penenun dari kayu dan hanya bisa dioleh menggunakan benang sutra.

Tenun Pagatan RS

Riska Suharyani adalah pemilik usaha Tenun Pagatan RS yang menjual berbagai macam produk tenun pagatan. Riska adalah salah satu wanita yang memiliki kreativitas tinggi dan sadar akan teknologi. Dia memanfaatkan internet seperti social media untuk memasarkan produk produk tenun pagatan buatannya. Dengan cara itu dia berhasil meningkatkan penjualannya. Penjualan via online memang menjadi senjata bagi Riska sejak dulu. Dia mengaku bahwa dari 100-150 potong kain yang terjual, 70% transaksinya adalah melalui penjualan online termasuk via social media.

Sesuai namanya yaitu kain tenun pagatan, maka kain tenun tersebut dibuat di daerah Pagatan, Kecamatan Kusan Hilir, Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan. Jika mengandalkan offline sebagai media utama untuk penjualan, maka penjualannya hanya terbatas di daerah tersebut. Dengan media online, Riska bisa menjualnya ke semua wilayah di Indonesia. Kain tenun pagatan yang dijual Riska melalui online dan paling laku di pasar online saat ini adalah kain tenun dengan kisaran harga 250 ribu – 300 ribu rupiah.

Itulah sedikit cerita dari Riska Suharyani Owner Tenun Pagatan RS. Sebenarnya masih banyak lagi pengrajin tenun yang sukses yang lainnya.
Baca Juga : Rahasia Sukses Dea Valencia Owner Batik Kultur

Untuk mengetahui produk-produk kerajinan tangan lainnya klik link : Mariberkarya.
Kami Percaya bahwa Orang Indonesia Memiliki Kreativitas untuk Membuat Karya yang Berkualitas.
Tetap Belajar, Terus Berkarya dan Selalu Bersinergi.
Mariberkarya, Ini Karya Kita.

Dapatkan Artikel Seperti ini GRATIS Sekarang Juga

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas