Produk Kerajinan Bahan Keras yang Harus Kamu Tau

Produk Kerajinan Bahan Keras - Thumbnail
Produk Kerajinan Bahan Keras – Thumbnail

Produk Kerajinan Bahan Keras itu apa ya. Sesuai namanya, produk kerajinan bahan keras adalah produk hasil kerajinan dengan menggunakan bahan yang bersifat keras. Kerajinan bahan kesar ini memang bukan hal yang mudah dalam membuatnya. Tidak semua pengrajin mampu untuk mendapatkan dan mengolah bahan dengan sifat yang keras. Selain membutuhkan teknik tertentu, hal itu juga membutuhkan beberapa alat.

Produk Kerajinan Bahan Keras Ada 2 Jenis

Secara garis besar, jika dilihat dari bahannya produk kerajinan bahan keras dikelompokkan menjadi 2 jenis. Kerajinan Bahan Keras Alami dan Kerajinan Bahan Keras Buatan. Berikut penjelasannya :

Produk Kerajinan Bahan Keras Alami

Kerajinan Bahan Keras Alami merupakan produk kerajinan yang dibuat dari bahan keras yang alami. Maksudnya adalah bahan keras yang digunakan berasal dari alam. Tidak mengalami pengolahan mapupun perubahan wujud saat menjadi bahan. Keuntungan dari bahan keras alami yaitu murah dan mudah didapatkan. Bahkan ada beberapa yang langsung bisa didapatkan di sekitar kita. Berikut beberapa contoh bahan keras alami:

Kayu

Banyak dari pengrajin yang menggunakan bahan dasar kayu sebagai bahan utama produk kerajinan tangan yang dia buat. Kayu ini didapatkan dari tumbuhan yang ditanam di alam sehingga kayu termasuk ke dalam bahan keras alami. Kayu ini bisa didapatkan dengan mudah karena ada di sekitar kita. Namun memang ada juga yang menjual kayu dengan kualitas yang bagus. Karena memang kualitas kayu sebagai bahan juga menentukan kualitas produk kerajinan yang dihasilkan.


Rotan

Rotan merupakan tanaman asli dari Indonesia yang banyak di temukan di sekitar kita. Indonesia bisa memproduksi banyak rotan di Pulau Kalimantan, Sumatera, Sulawesi dan Papua. Rotan adalah tanaman yang memiliki banyak manfaat yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Salah satu hal yang bisa kita buat dengan menggunakan bahan dasar rotan adalah kerajinan tangan. Banyak pengrajin di berbagai wilayah di Indonesia yang menggunakan rotan untuk bahan utama kerajinan tangan mereka. Hasil kerajinan tangan rotan ini juga tidak hanya laku di Indonesia saja, tapi juga hingga ke mancanegara.

Rotan banyak digunakan sebagai bahan utama untuk membuat kerajinan tangan karena bentuknya yang luwes. Selain itu rotan juga merupakan bahan yang mudah diubah bentuknya menjadi berbagai macam bentuk produk kerajinan tangan yang unik. Selain bentuknya, rotan juga banyak digunakan sebagai bahan kerajinan tangan karena murah dan mudah didapat. Jika dibandingkan dengan kayu, masa panen rotan lebih cepat. Hal ini membuat stok rotan bisa lebih banyak jika dibandingkan dengan kayu pada umumnya. Untuk mengetahui lebih lengkap tentang kerajinan rotan, kamu bisa membaca artikel berikut : Kerajinan Tangan Rotan Asli Indonesia.

Kerang

Kerjinan berbahan dasar kerang merupakan kerajinan tangan yang banyak dikenal di seluruh dunia. Kerajinan ini dikenal karena keindahan dari warna dan corak cangkangnya. Orang juga banyak tertarik dengan bentuk kerang yang unik. Jika bahan kerang ini dioleh dengan baik, maka bisa menjadi produk kerajinan dengan nilai yang sangat tinggi. Indonesia memiliki banyak sekali pengrajin dengan kreativitas yang tinggi. Mereka bisa mengolah sesuatu seperti kerang yang pada awalnya hanya sebuah kerang saja menjadi barang kerajinan. Kerang ini juga banyak disukai oleh para kolektor di Indonesia. Harga setiap produknya bisa mencapai jutaan rupiah. Bahkan ada beberapa yang bisa ekspor ke luar negeri.

Bambu

Bambu adalah tanaman jenis rumput-rumputan yang memiliki rongga dan ruas di bagian batangnya. Sebagian besar dari kita pasti tau dong bambu. Kalau tidak tau, kebangetan deh. Bambu juga merupakan salah satu alat atau senjata yang digunakan oleh para pahlawan kita untuk melawan penjajah. Senjata yang lebih dikenal dengan bambu runcing ini digunakan para pejuang kemerdekaan karena dulu banyak sekali tanaman bambu. Namun sekarang bambu sudah tidak lagi dibuat sebagai senjata, tapi juga dibuat menjadi kerajinan tangan. Di Indonesia sendiri sudah banyak kerajinan tangan dari bambu yang unik dan keren.


Seperti yang kita ketahui kerajinan tangan dari bambu sudah banyak di Indonesia. Banyak sekali kita melihat pemanfaatan bambu sebagai bahan utama dari kerajinan tangan. Dengan tangan kreatifnya, para pengrajin memanfaatkan bambu dengan baik. Secara tidak langsung bambu juga dimanfaatkan untuk alat alat yang membantu kita dalam kehidupan sehari hari. Seperti apa sih kerajinan tangan dari bambu, baca selengkapnya di 10 Kerajinan Tangan dari Bambu.

Batu

Batu, ya sudah pasti. Batu memang merupakan bahan keras. Kira kira produk apakah yang bisa dibuat dengan menggunakan bahan dasar batu ?. Ternyata banyak loh produk kerajinan yang bisa kita buat dengan menggunakan bahan dasar batu. Namun bukan sembarang batu yang bisa digunakan. Pada kerajinan tertentu kamu membutuhkan batu yang punya permukaan yang rata. Ada juga kerajinan tangan yang membutuhkan batu dengan bentuk khusus. Ada juga kerajinan yang membutuhkan batu berwarna sebagai bahan dasarnya.

Kerajinan Bahan Keras Buatan

Jenis kerajinan bahan keras berikutnya adalah kerajinan bahan keras buatan. Sesuai namanya bahan keras yang digunakan merupakan bahan keras yang sudah diolah atau dibentuk menjadi sebuah benda. Bahan yang sudah diolah tadi bisa jadi tidak menyerupai benda atau bahan asli yang digunakan. Daripada kalian bingung, mending langsung lihat saja contoh berikut :

Kaleng

Meskipun ada slogan bukan kaleng kaleng, tapi yang ini adalah kaleng beneran. Kaleng merupakan salah satu bahan keras yang digunakan sebagai bahan untuk membuat kerajinan. Kaleng yang kita tau adalah suatu wadah logam yang dirancang untuk menampung benda tetap seperti minuman, makanan, dll. Salah satu jenis kaleng adalah kaleng minuman. Kaleng tersebut terbuat dari aluminium (75% produksi dunia) atau baja berlapis timah (25% produksi dunia). Produksi seluruh dunia untuk semua kaleng minuman sekitar 370 miliar kaleng per tahun.


Banyaknya kaleng yang diproduksi ini sayang jika fungsinya hanya untuk tempat saja. Setelah itu kaleng tersebut dibuang. Kalau kamu pengrajin yang punya kreativitas tinggi, kamu bisa gunakan peluang ini. Siapa tau kerajinan yang kamu buat dari kaleng ini bisa menjadi salah satu bisnis yang sukses. Kerajinan yang bisa kamu buat dengan menggunakan kaleng adalah miniautur, tempat pensil dan sebagainya.

Besi

Besi yang sudah jadi benda di sekeliling kita adalah hasil olahan dari mineral yang namanya besi atau ahli kimia menyebutnya Ferrum (Fe). Material ini berasal dari bijih besi yang ada dalam mineral hematit (Fe2O3) dan magnetit (Fe3O4) yang didapatkan dalam bebatuan. Jadi besi ini merupakan salah satu benda yang sudah diolah sedemikian rupa. Namun besi bisa kita jadikan bahan untuk membuat produk kerajinan. Salah satu produk Kerajinan yang bisa dibuat dengan menggunakan bahan besi adalah berbagai furnitur seperti meja, kursi, rak dan sebagainya.

Kaca

Kaca merupakan hasil penguraian senyawa–senyawa inorganik yang telah mengalami pendinginan tanpa kristalisasi. Komponen utama dari kaca adalah silika. Dalam kehidupan sehari–hari kaca digunakan sebagai cermin, insulator panas, alat – alat laboratorium, dekorasi, dan pembatas ruang. Banyak produk kerajinan yang bisa kamu buat dengan menggunakan bahan dasar kaca. Salah satu produk yang berasal dari bahan dasar kaca adalah miniatur. Miniatur yang bisa dibuat seperti miniatur rumah, bangunan hewan dan sebagainya. Biasanya produk kerajinan dengan bahan dasar kaca ini digunakan untuk souvenir pernikahan atau untuk hiasan di rumah.

Logam

Logam adalah suatu mineral yang memiliki sifat tak tembus pandang dan bisa menghantarkan energi panas. Ada beberapa jenis logam yang biasanya dibuat kerajinan yaitu emas, perunggu, perak, besi, aluminium, kuningan dan lain sebagainya. Namun tidak semua jenis logam bisa dijadikan benda kerajinan. Kerajinan tembaga lebih banyak dibentuk menjadi suatu ornamen untuk pendukung interior daripada kerajinan perak yang dapat dibuat menjadi perhiasan.


Teknik Membuat Produk Kerajinan Bahan Keras

Produk Kerajinan Bahan Keras - Teknik

Seperti yang aku bilang sebelumnya, membuat kerajinan dari bahan keras membutuhkan teknik. Teknik ini digunakan agar kita bisa mengubah bahan keras yang kita gunakan menjadi kerajinan yang kita inginkan. Kemampuanmu dalam menerapkan teknik ini akan mempengaruhi hasil dari produk kerajinan yang kamu hasilkan. Berikut teknik membuat produk kerajinan bahan keras yang perlu kamu tau :

Teknik Ukir

Teknik ukir merupakan teknik yang digunakan dalam berkarya dengan cara mengurangi bahan yang membuat bentuk baru. Teknik ini sering digunakan oleh pengrajin terutama yang menggunakan bahan keras. Teknik ukir ini biasanya menggunakan alat bantu bernama alat ukir. Bentuk cekungan dan bekas bahan yang dikurangi disebut ukiran. Teknik ini membutuhkan keterampilan dan pengalaman agar terlihat bagus. Seorang pengrajin harus teliti dan hati hati jika ingin menggunakan teknik ukir ini. Bahan yang sudah terukir biasanya tidak bisa dikembalikan lagi ke bentuk semula. Jadi harus hati hati ya.

Teknik Anyam

Menganyam adalah mengatur lembaran atau bilah dari bahan secarah bertumpuk dan menyilang. Bahan yang digunakan bisa beragam seperti bambu, daun pandan, janur, kertas, rotan, dan sebagainya. Para pengrajin biasanya membuat produk kerajinan anyaman yang bisa digunakan pada kehidupan sehari-hari. Seperti hiasan dinding, alat dapur, tikar, dinding anyaman bambu, atau peralatan rumah tangga. Ada juga pengrajin yang membuat kerajinan anyaman berupa produk kerajinan yang lebih kecil. Produk kerajinan tersebut yaitu sandal, topi, tikar, topi, tas, sajadah, dan sebagainya.

Teknik Cor

Teknik Cor adalah teknik pembutan produk kerajinan dengan cara mencairkan terlebih dahulu bahan keras. Selanjutnya bahan yang sudah mencair dicetak menjadi sebuah produk kerajinan. Produk yang menggunakan teknik ini adalah kerajinan logam, seperti hiasan pada pagar besi, patung perunggu, lencana perak, dan sebagainya. Ada juga gelas atau vas bunga dari kaca, gendering, perunggu, kapak, bejana. Beberapa kerajinan lain yang menggunakan teknik ini adalah beberapa produk kerajinan dari bahan perunggu dan beberapa perhiasan.


Teknik Bubut

Teknik Bubut biasanya digunakan untuk menghasilkan karya yang simetris, bulat dan rapi. Namun teknik ini membutuhkan alat berupa alat pahat atau bubut. Fungsi dari alat tersebut adalah mengiris, menggaruk dan membentuk bahan sesuai dengan bentuk yang kita inginkan. Teknik ini memang membutuhkan keahlian dari pengrajin atau penggunanya. Namun kerajinan yang dihasilkan bisa bagus dan banyak yang menyukainya.

Itulah Beberapa Produk kerajinan bahan keras yang harus kamu tau. Kamu bisa memanfaatkan bahan keras untuk memulai usaha kerajinanmu.

Untuk mengetahui produk-produk kerajinan tangan lainnya klik link : Mariberkarya.
Kami Percaya bahwa Orang Indonesia Memiliki Kreativitas untuk Membuat Karya yang Berkualitas.
Tetap Belajar, Terus Berkarya dan Selalu Bersinergi.
Mariberkarya, Ini Karya Kita.

Follow Instagram Kami :
@mariberkaryaid   @karyaguebanget   @msaifulumam

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas