Peluang Bisnis Kerajinan Tangan

Peluang Bisnis Kerajinan Tangan Thumbnail

Kerajinan tangan adalah suatu produk yang dibuat atau dikerjakan dengan menggunakan tangan. Membuat suatu kerajinan tangan itu tidak mudah. Dibutuhkan kreativitas yang tinggi untuk membuat suatu kerajinan tangan yang bagus. Banyak orang yang mencoba membuat kerajinan tangan yang bagus, tetapi hasilnya kurang bagus karena mereka membuatnya dengan asal saja. Meskipun membuat kerajinan tangan itu dibutuhkan kreativitas yang tinggi, namun kita tetap membutuhkan panduan. Apalagi kalau kita ingin membuat bisnis atau usaha di bidang kerajinan tangan.

Peluang bisnis kerajinan tangan memang sangat besar di indonesia. Permintaan dari customer baik lokal maupun mancanegara kian meningkat, namun pengusahanya masih sedikit. Di sinilah peluang bisnis kerajinan tangan sangat terbuka lebar namun kamu tidak bisa langsung mengambilnya begitu saja. Diperlukan sebuah proses yang cukup panjang dan berat untuk memulai bisnis kerajinan tangan. Sebagian pengrajin pemula atau yang baru memulai usaha kerajinan tangan, aku sarankan untuk mengikuti pelatihan. Jika kamu tidak ada waktu atau dana untuk mengikuti pelatihan, kamu bisa mengikuti tutorial yang banyak disediakan di internet. Intinya jangan mencoba membuat kerajinan tangan sendiri jika kamu baru memulai membuatnya.

Contoh Produk Kerajinan Tangan

Kerajinan tangan yang bisa dibuat juga bervariasi. Mulai dari produk kecil seperti gantungan kunci, miniatur, hiasan kecil, dan sebagainya. Hingga kerajinan tangan yang kita bisa gunakan seperti pakaian, tas, topi, tempat tisue, dan sebaganya. Ada juga kerajinan tangan dalam bentuk yg cukup besar seperti kursi, meja, lemari, hiasan dinding, bahkan hingga rumah sekalipun bisa dibuat oleh para  pengrajin.

Mengapa harus kerajinan tangan

Seperti yang aku katakan di awal bahwa peluang bisnis kerajinan tangan cukup besar dan terbuka lebar. Hanya saja sedikit orang yang mengetahuinya. Banyak dari mereka beranggapan bahwa kerajinan tangan itu sudah ketinggalan zaman. Sekarang itu era teknologi jadi kita harus update dan mengikuti teknologi, bukan malah mengurusi hal hal yang tidak up to date alias ketinggalan zaman. Memang benar bahwa kita harus mengikuti perkembangan zaman, tapi kamu tidak akan bisa menghapuskan kerajinan tangan dengan teknologi. Secanggih apapun teknologinya, tetap butuh peran manusia. Karena manusia punya hal yang tidak akan bisa digantikan dengan teknologi yaitu kreativitas. Kreativitas adalah hal utama yang dibutuhkan untuk membuat kerajinan tangan yang unik dan menarik. Teknologi mungkin bisa membuat kerajinan tangan, tapi hanya kerajinan tangan yang pernah di buat manusia sebelumnya. Kreativitas ini merupakan adalah kelebihan yang dimiliki manusia sehingga mereka bisa membuat teknologi yang baru, kerajinan tangan yang baru dan karya karya unik lainnya.

Kerajinan Tangan Indonesia di Mata Dunia

Sebenarnya kerajinan tangan Indonesia tidak kalah dengan produk produk dari negara lain. Hanya saja banyak dari rakyat Indonesia yang tidak menyadarinya. Mereka justru bangga menggunakan produk produk impor, sedangkan orang luar negeri malah mencari cari produk kerajinan tangan karya orang Indonesia. Banyak dari para pengrajin asal Indonesia yang malah menjual karyanya ke luar negeri. Mereka menjualnya ke luar negeri bukan berarti mereka tidak mencintai tanah air. Tapi hanya di luar negeri lah karya mereka dihargai. Banyak sekali pengrajin yang bisa menghasilkan ratusan juta hingga milyaran rupiah dari hasil menjual kerajinan tangannya ke luar negeri.

Bantuan dari Pemerintah

Sejak dulu pemerintah selalu berusaha untuk membantu usaha usaha mikro kecil menengah (UMKM) termasuk kerajinan tangan untuk mengembangkan usaha mereka. Mulai dari akses permodalan, pelatihan, pameran, dan sebagainya. Salah satu lembaga pemerintah yang fokus menangani kerajinan tangan adalah Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas). Para pengrajin yang memiliki karya unik dan bernilai jual tinggi akan dibantu untuk memasarkan juga produknya hingga ke internasional, salah satunya melalui pameran. Pameran kerajinan tangan yang diadakan oleh Dekranas adalah Inacraft di Jakarta. Pameran kerajinan tangan ini berskala internasional. Biasanya Mitra Dekranas yang terpilih akan diajak untuk mengikuti pameran ini dengan harapan bisa mempromosikan karyanya ke skala internasional. Jika kamu ingin menjadi bagian dari dekranas, kamu bisa datang ke dekranasda kota atau provinsi tempat usaha kamu.

Selain dekranas, ada juga lembaga pemerintah yang menangani UMKM terutama di ranah industri kreatif. Namanya adalah Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf). Bekraf adalah lembaga pemerintah yang fokus untuk mendukung, dan membantu mengembangkan usaha usaha kreatif dari berbagai sisi. Mulai dari sisi permodalan, pengetahuan, pelatihan, pemasaran, dll. Saat ini bekraf menangani 16 subsektor yaitu Aplikasi dan Pengembang Permainan, Arsitektur, Desain Interior, Desain Komunikasi Visual, Desain Produk, Fashion, (Film, Animasi, dan Video), Fotografi, Kriya, Kuliner, Musik, Penerbitan, Periklanan, Seni Pertunjukan, Seni Rupa, Televisi dan Radio. Dari ke 16 subsektor itu, ada 3 subsektor yang memiliki potensi bisnis yang paling besar di indonesia dan menjadi penyumbang devisa negara terbesar dalam kategori industri kreatif. 3 subsektor itu adalah
Kuliner , Fashion dan Kriya (Kerajinan Tangan).

Baca Juga : Pengusaha Kerajinan Tangan Indonesia yang Sukses #1

Untuk mengetahui produk-produk kerajinan tangan lainnya klik link : Mariberkarya.
Kami Percaya bahwa Orang Indonesia Memiliki Kreativitas untuk Membuat Karya yang Berkualitas.
Tetap Belajar, Terus Berkarya dan Selalu Bersinergi.
Mariberkarya, Ini Karya Kita.


Dapatkan Artikel Seperti ini GRATIS Sekarang Juga

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas