Nikmatnya Keripik Tempe Sagu Khas Jogja

Keripik Tempe Sagu khas jogja merupakan salah satu bentuk alternatif modifikasi pengolahan tempe. Berbeda dengan keripik tempe biasa yang hanya menggunakan tempe yang digoreng. Seperti namanya, keripik tempe sagu menggunakan bahan sagu. Selain sagu, keripik tempe ini juga terdapat kacang kedelai, tepung terigu, telur ayam, margarine, santan kental, garam, dan bumbu – bumbu lainnya. Tepung tapioca atau biasa disebut tepung sagu menjadi bahan campuran saat proses fermentasi. Keripik ini mudah rusak oleh udara dan kelembaban lingkungan sehingga dibutuhkan pengemas yang cocok agar produk lebih tahan lama.

Nikmatnya Keripik Tempe Sagu Khas Jogja

Keripik tempe sagu menjadi salah satu alternatif modifikasi tempe kedelai. Bagi yang belum pernah makan, cobain deh. Produk ini menggunakan kedelai juga tetapi dengan tekstur yang lebih renyah, bentuk yang lebih menarik dan rasa yang lebih gurih. Kamu bisa menemukan banyak keripik tempe sagu di daerah jogja. Kamu bisa menjadikan keripik tempe sagu ini sebagai oleh oleh khas jogja loh. Jadi tidak hanya kerajinan tangan yang bisa kamu bawa ulang saat berlibur ke jogja.

Biasanya keripik tempe biasa digoreng dengan balutan tepung tebal atau tipis. Keripik tempe sagu tidak menggunakan tepung selain sagu. Jadi kamu tidak akan menemukan balutan tepung goreng pada keripik tempe sagu. Adanya sagu membuat keripik tempe sagu memiliki tekstur yang renyah saat dikunyah. Tak hanya itu saja, bumbu gurih yang terbuat dari kombinasi antara bawang putih dan garam akan menambah nikmat keripik sagu.

Tempat Membelinya

Kalau kamu ke jogja, kamu bisa mendapatkan keripik tempe sagu ini di berbagai tempat wisata. Kamu juga bisa pergi ke pusat oleh oleh khas jogja untuk membelinya. Jika kamu ingin membeli langsung dari pembuatnya, kamu bisa pergi ke tempe Sagu Abil. Alamatnya di Mrisi, Tirtonirmolo, Kec. Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184. Harganya pun cukup terjangkau yaitu sekitar 30rb untuk 500gr.

Baca Juga :
23 Rekomendasi Oleh Oleh Khas Jogja Lengkap dengan Tempat dan Harganya

Manfaat Keripik Tempe Sagu

Sumber Gambar cookpad.com

Taukah kamu kalau keripik tempe sagu ini memiliki banyak manfaat. Bukan seperti gorengan lainnya yang mengandung banyak lemak yang punya banyak masalah. Berikut adalah beberapa manfaat keripik tempe sagu :

Mengandung Antioksidan

Manfaat keripik tempe sagu yang pertama adalah mengandung antioksidan. Tempe memiliki kandungan antioksidan yang bisa mencegah penyakit degeneratif. Penyakit degeneratif adalah penyakit kronis yang biasanya diderita oleh lansia. Contohnya adalah diabetes, stoke, penyakit jantung dan yang lain.

Vitamin B12

Tempe mengandung vitamin B12 yang berasal dari nabati. Umumnya vitamin B12 dihasilkan oleh hewan bukan tumbuhan. Tapi berbeda dengan tempe. Ini merupakan informasi bagus bagi kamu yang vegetarian. Kamu tidak akan kehilangan vitamin B12 meskipun tidak makan hewan, cukup tempe saja.

Kalsium

Tidak hanya susu sapi, tempe juga mengandung kalsium yang bagus untuk tubuh kita. Taukah kamu kalau 3 permen itu sama dengan segelas susu sapi. Itu berlaku juga untuk tempe. Empat potong tempe memiliki kalsium yang setara dengan satu gelas susu sapi. Jadi buat yang gak suka susu sapi, bisa makan tempe yang banyak, hehehe.

Protein

Siapa bilang kalau enggak makan daging tubuh akan kekurangan protein? Protein bisa didapat dari tempe juga lho. Malahan protein yang berasal dari tempe lebih mudah dicerna oleh tubuh.

Mengandung Antiinflamasi

Makanan yang difermentasi ini ternyata juga dapat melawan inflamasi dalam tubuh (antiinflamasi). Seperti yang saya baca di halodokter, inflamasi atau peradangan merupakan mekanisme tubuh dalam melindungi diri dari infeksi mikroorganisme asing seperti virus, bakteri, dan jamur.

Baca Juga :
7 Kerajinan Tangan Khas Yogyakarta (Jogja)
Kampung Batik Giriloyo Tempat Wisata Unik di Yogyakarta
Sawo Kecik – Karya Unik dari Kotak Susu Bekas

Itulah tadi sedikit informasi tentang keripik tempe sagu yang menjadi rekomendasi oleh oleh khas jogja versi mariberkarya. Indonesia memiliki banyak keunikan di setiap daerahnya. Tidak hanya kerajinan tangan, tapi juga bahasa, budaya, adat, termasuk makanan juga. Jangan lupa subcribe channel youtube Mariberkarya di https://youtube.com/mariberkarya

Kami Percaya bahwa Orang Indonesia Memiliki Kreativitas untuk Membuat Karya yang Berkualitas.
Tetap Belajar, Terus Berkarya dan Selalu Bersinergi.
Mariberkarya, Ini Karya Kita.

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas