Melek Internet Warga Baduy Kini Jual Hasil Kerajinan via Online

Melek Internet Warga Baduy Kini Jual Hasil Kerajinan via Online

Jual Hasil Kerajinan via Online kini menjadi tren seiring berkembangnya teknologi. Wadah Musyawarah Masyarakat Baduy (Wammby) terus berupaya mempromosikan kerajinan Baduy untuk dikenal masyarakat luas dengan berbagai cara. Hasil kerajinan mereka dapat menembus pasar domestik hingga mancanegara, termasuk memanfaatkan laman belanja dalam jaringan (daring) di Internet.

Melek Internet Warga Baduy Kini Jual Hasil Kerajinan via Online

“Kami bekerja sama dengan pemerintah daerah mempromisikan kerajinan Baduy ke berbagai daerah,” kata Hubungan Masyarakat Wammby, Tono Soemarsono, di Lebak, Banten, dilansir Antara, Sabtu, 24 September 2016.

Menurut dia, produk kerajinan Baduy memiliki nilai jual sehingga terus didorong dengan promosi agar dikenal masyarakat luas. Kelebihan produk kerajinan masyarakat Baduy, kata dia, sangat natural karena menggunakan bahan baku dari pepohonan maupun akar tanaman.

Masyarakat Baduy sangat mencintai alam sehingga dominasi corak dan warna hitam dan biru. Selain itu, ia menyatakan produk kerajinan Baduy dikerjakan tanpa mesin, seperti kain tenun, tas koja, aneka suvenir, golok, batik, selendang dan lomar.

“Kami mendorong produk kerajinan Baduy itu dapat menembus pasar domestik dan mancanegara,” kata dia.

Menurut dia, saat ini perhatian pemerintah daerah cukup besar untuk membantu pemasaran produk kerajinan Baduy, selain mempromosikan ke luar daerah juga melalui media digital.

Bahkan, ia mengemukakan pihaknya bekerja sama dengan PT Telkom untuk memasarkan produk kerajinan masyarakat Baduy melalui situs www.blanja.com dan www.pasar.com yang mendapat banyak pesanan.

“Kami optimistis pemasaran melalui internet secara online bisa diakses masyarakat untuk membeli produk kerajinan Baduy,” kata Tono.

Pemuka adat Baduy Wakil Jaro Tangtu Tujuh Ayah Mursyid menyatakan saat ini pendapatan pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) Baduy meningkat setelah pemasaran secara digital. Untuk itu, pihaknya optimistis pemasaran melalui onlinedipastikan akan dikenal masyarakat luas sehingga bisa menembus pasar domestik dan mancanegara.

Baca Juga : Tembus Pasar Eropa dengan Omset Ratusan Juta Perbulan dari Kerajinan Eceng Gondok

“Kami berharap pemasaran?online itu dapat meningkatkan pendapatan ekonomi perajin masyarakat Baduy sehingga bisa menyerap lapangan pekerjaan,” kata Mursyid

Source :

http://regional.liputan6.com/

 

Kami Percaya bahwa Orang Indonesia Memiliki Kreativitas untuk Membuat Karya yang Berkualitas.

Tetap Belajar, Terus Berkarya dan Selalu Bersinergi.

Mariberkarya, Ini Karya Kita.

Berbagi itu Indah

Related posts

Leave a Comment