Kerajinan Tangan Keren yg Harus Kamu Tahu (FULL)

Kerajinan Tangan Thumbnail

Kerajinan Tangan atau Handmade berasal dari kata “hand” yang berarti tangan dan “made” yang berarti membuat. Kerajinan tangan bisa diartikan dengan membuat dengan tangan atau buatan tangan. Kerajinan tangan adalah kerajinan yang dibuat dengan menggunakan kreativitas dari tangan pengrajin yang membuatnya. Berikut ini adalah contoh-contohnya :

Kerajinan Tangan Rajut

Kerajinan Rajut
Kerajinan Tangan Rajut

Kerajinan Tangan Rajut (Knitting) adalah metode membuat kain, pakaian atau perlengkapan busana dari benang rajut. Berbeda dari menenun yang menyilangkan dua jajaran benang yang saling tegak lurus, merajut hanya menggunakan sehelai benang. Dalam perkembangan zaman, merajut tidak hanya digunakan untuk metode membuat pakaian saja. Berbagai macam kerajinan tangan seperti tas, dompet, dan sebagainya bisa dibuat dengan cara merajut.

Membuat kerajinan tangan rajut tidak semudah seperti membuat kerajinan tangan yang lain. Kerajinan rajut membutuhkan teknik dan kemampuan tersendiri. Teknik ini digunakan jika kita ingin membentuk suatu bentuk tertentu dari rajut. Selain teknik dan kemampuan, membuat kerajinan rajut juga dibutuhkan ketekunan. Tanpa ketekunan orang sehebat apapun tidak akan bisa membuat kerajinan rajut. Untuk membuat kerajinan rajut, kamu perlu menyiapkan beberapa hal berikut :

Hook / Jarum Rajut

Jarum rajut digunakan sebagai alat untuk membentuk rajutan dengan cara mengkaitkan sebuah benang sesuai pola. Ada banyak ukuran jarum rajut yang beredar di pasaran. Setiap ukuran yang tertera di jarumnya menandakan lebar dari pengaitnya. Ukuran pengait yang kita gunakan akan mempengaruhi kerapatan dari hasil rajutan kita. Jika kita ingin membuat rajutan yang agak renggang, kita bisa menggunakan hook/jarum yang memiliki ukuran pengait yang lebih lebar. Sebaliknya jika kita ingin membuat rajutan yang rapat, maka kita bisa menggunakan hook/jarum dengan pengait yang kecil.


Benang Rajut

Benang merupakan salah satu komponen paling penting dalam membuat kerajinan rajut. Benang adalah bahan dasar yang akan digunakan untuk membentuk suatu produk. Ukuran benang yang digunakan menyesuaikan dengan hook (jarum rajut). Ada beberapa jenis benang rajut yang harus kamu ketahui seperti katun, minlon, kinlon, nilon, polyster, wol, linen, bulky, smock, dan sebagainya.

Pola Rajutan

Teknik Dasar Merajut Pic

Merajut bukan hanya sekedar menghubungkan benang benang menggunakan jarum. Kamu harus punya pola yang ingin kamu buat. Misalnya jika kamu ingin membuat bentuk bunga, kamu harus sudahh menyiapkan pola / bentuk rajut bunga. Kalau kamu ingin membuat tas bulat, kamu juga harus sudah tau pola / bentuk tas bulat seperti apa yang ingin kamu buat.
Baca Juga : Teknik Dasar Merajut

Kerajinan Tangan Kulit

Sentra Kerajinan Kulit Tanggulangin
Sentra Kerajinan Tangan Kulit Tanggulangin

Kulit merupakan salah satu bahan yang paling banyak dipakai pengrajin untuk menghasilkan karya yang memiliki nilai manfaat lebih. Kerajinan tangan kulit adalah kerajinan yang menggunakan bahan baku dari kulit baik itu kulit yang sudah dimasak, kulit mentah atau kulit sintetis. Contoh produk yang bisa dihasillkan dari bahan kulit yaitu tas, sepatu, wayang dan lain-lain.

Di Indonesia banyak sekali tempat tempat yang menjual berbagai macam produk kerajinan kulit seperti tas untuk wanita ataupun pria, baik itu tas olahraga, tas kerja ataupun tas untuk hangout. Tidak hanya tas, koper dengan beragam ukuran juga ada. Ada juga ikat pinggang, jaket dan sepatu yang semuanya terbuat dari kulit sintetis dan kulit asli.


Salah satu sentra kerajinan kulit yang terkenal di indonesia adalah Sentra Kerajinan Kulit Tanggulangin. Tidak hanya di Indonesia, karya karya kerajinan tangan dari Tanggulangin ini bahkan sudah terkenal hingga ke mancanegara. Kerajinan Kulit karya pengrajin Tanggulangin itu bisa berkompetisi dengan produk level dunia karena kualitas bahan serta rapihnya pengerjaan saat proses produksi.
Baca Juga : Sentra Kerajinan Kulit Tanggulangin

Kerajinan Tangan Batik

Siapa yang tidak tau batik ? Kerajinan Tangan Batik adalah salah satu dari produk asli indonesia yang sudah dikenal di hampir setiap negara yang ada di dunia. Batik di Indonesia ada banyak jenisnya. Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki batik khas daerahnya masing-masing.

Batik Indonesia, sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) oleh UNESCO sejak tanggal 2 Oktober 2009. Salah satu perbedaan batik Indonesia dengan batik-batik dari negara lain adalah teknik pembuatannya yang menggunakan canting. Selain itu motif pada kain batik Indonesia juga sangat berbeda dengan negara lain karena hanya batik Indonesia yang memiliki filosofi tersendiri di setiap motifnya.

Ada berbagai macam teknik yang digunakan untuk membuat batik. Ini adalah 4 tekniik yang sering digunakan oleh pengrajin batik untuk membuat kerajinan tangan batik karyanya sendiri :


Teknik Tulis

Teknik ini merupakan cara pembuatan batik dengan cara melukis langsung pada kain putih. Sebelum pengrajin tersebut melukis, mereka biasanya menggambar pola/motif pada kain terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan untuk meminimalisir kesalahan pada saat melukis. Motif yang digunakan bisa apapun seperti pemandangan, abstrak, wayang dan lain-lain.

Setelah selesai membuat sketsa, maka tahap selanjutnya yaitu melukis. Untuk pengrajin yang sudah mahir biasanya mereka langsung melukis tanpa perlu membuat sketsa terlebih dahulu. Melukis ini bisa dilakukan dengan cara pencantingan. Pengrajin menggunakan media canting untuk melukis. Ada juga pengrajin yang menggunakan kuas untuk melukis. Untuk menciptakan pewarnaan dengan efek-efek khusus, gradasi atau efek-efek yang unik, pengrajin juga menggunakan kapas atau potongan kain.

Teknik Printing

Teknik printing ini merupakan cara pembuatan batik dengan diprint menggunakan alat printing. Proses pewarnaan pada batik printing ini hanya diwarnai pada satu sisi kain saja. Proses produksinya lebih efisien dan lebih cepat. Teknik tulis membutuhkan waktu lama dan ketelatenan dalam menulis. Teknik Printing dalam sekali cetak hanya butuh waktu 5 menit saja untuk satu warna. Dengan menggunakan alat printing saat ini yang sangat canggih, motif batiknya akan terlihat lebih detail.

Teknik Lukis

Teknik lukis ini dilakukan dengan cara mengoleskan pewarna kain menggunakan kuas lalu melukiskan motif diatas kain mori. Teknik ini tidak mudah, karena membutuhkan jiwa seni yang tinggi untuk mengerjakannya. Pengrajin harus jeli dalam membuat motif agar warna yang satu dengan yang lain bisa menyatu. Semakin bagus motifnya, akan semakin tinggi pula harganya.


Teknik Cap

Teknik ini merupakan cara pembuatan batik dengan cara mengecap menggunakan alat tertentu. Alat yang dimaksud berbentuk seperti stempel yang terbuat dari tembaga. Pada alat tersebut sudah di desain motif yang sedemikian rupa. Pengrajin tinggal mengecap atau menempelkannya ke kain putih seperti menempelkan stempel pada kertas.

Proses ini merupakan proses pembuatan batik yang lebih cepat dibandingkan dengan batik lukis. Namun pembuatan batik cap memiliki motif yang terbatas hanya pada motif yang ada pada cap/stempel yang tersedia sedangkan batik lukis bisa membuat motif yang lebih beragam.

Kerajinan Tangan Tenun

Tenun merupakan kain yang dibuat dengan prinsip yang sederhana, yaitu dengan menggabungkan benang secara memanjang dan melintang. Sedangkan menenun adalah proses pembuatan barang-barang tenun (kain) dari persilangan dua set benang dengan cara memasuk-masukkan benang pakan secara melintang pada benang-benang lungsin (benang lusi). Kain tenun biasanya terbuat dari serat kayu, kapas, sutra, dan lainnya.

Mungkin selama ini kita lebih mengenal batik sebagai icon Indonesia dalam bidang pembuatan kain. Padahal masih ada satu lagi kain hasil karya pengrajin Indonesia yang tidak kalah cantik dan menawan, yaitu tenun. Banyaknya daerah yang menjadi produsen tenun, membuat tenun Indonesia memiliki keberagaman motif. Adanya perbedaan latar belakang budaya dan lingkungan, akan menciptakan keunikan hasil tenun pada setiap daerah. Teknik pembuatan yang menggunakan ATBM [Alat Tenun Bukan Mesin] membuat kualitas dari kain tenun Indonesia sangat baik. Berikut adalah beberapa jenis tenun yang dibuat oleh pengrajin di Indonesia :


Tenun Ikat

Tenun ikat atau kain ikat adalah tenun Indonesia berupa kain yang ditenun dari helaian benang pakan atau benang lungsin. Sebelum ditenun, helai-helai benang dibungkus (diikat) dengan tali plastik sesuai dengan corak atau pola hias yang diingini. Ketika dicelup, bagian benang yang diikat dengan tali plastik tidak akan terwarnai. Tenun ikat ganda dibuat dari menenun benang pakan dan benang lungsin yang keduanya sudah diberi motif melalui teknik pengikatan sebelum dicelup ke dalam pewarna.

Teknik tenun ikat terdapat di berbagai daerah di Indonesia. Daerah-daerah di Indonesia yang terkenal dengan kain ikat di antaranya: Toraja, Sintang, Jepara, Bali, Lombok, Sumbawa, Sumba, Flores, dan Timor. Kain gringsing dari Tenganan, Karangasem, Bali adalah satu-satunya kain di Indonesia yang dibuat dari teknik tenun ikat ganda (dobel ikat). Alat tenun yang dipakai adalah alat tenun bukan mesin. Kain ikat dapat dijahit untuk dijadikan pakaian dan perlengkapan busana, kain pelapis mebel, atau penghias interior rumah.

Tenun Songket

Songket adalah jenis kain tenunan tradisional Melayu di Indonesia, Malaysia, dan Brunei. Songket ditenun dengan tangan menggunakan benang emas dan perak. Pada umumnya tenun songket dipakai pada acara-acara resmi. Benang logam metalik dengan berlatar kain menimbulkan efek kemilau cemerlang. Kata songket sebenarnya berasal dari istilah sungkit dalam bahasa Melayu dan bahasa Indonesia, yang berarti “mengait” atau “mencungkil”. Hal ini sangat berhubungan dengan metode pembuatan tenun songket yaitu mengaitkan dan mengambil sejumput kain tenun, dan kemudian menyelipkan benang emas.

Kerajinan Tangan Wayang

Wayang adalah seni pertunjukkan asli Indonesia yang berkembang pesat di wilayah Pulau Jawa dan Bali. Wayang juga populer di beberapa daerah seperti Sumatera dan Semenanjung Malaya. Kata Wayang berasal dari kata ‘Ma Hyang’ yang mempunyai arti roh spiritual, dewa, atau Tuhan Yang Maha Esa. Selain itu ada juga yang mengartikan wayang sebagai istilah bahasa Jawa yang bermakna ‘bayangan’. Istilah ini disebabkan karena pada umumnya pertunjukan Wayang kulit dimainkan oleh dalang sebagai narator dialog tokoh-tokoh wayang dan sinden yang menyannyikan tembang-tembang jawa yang diiringi oleh musik gamelan.


UNESCO telah menetapkan Wayang sebagai Karya Agung Budaya Lisan dan Takbenda Warisan Manusia (Masterpieces of the Oral and Intangible Cultural Heritage of Humanity) pada tanggal 7 November 2003.

Kerajinan Tangan Ukir

Seni ukir merupakan cabang dari seni rupa terapan yang memiliki keindahan khas seperti lengkungan-lengkungannya yang diadaptasi dari bentuk alam sekitar (tumbuhan, hewan, ataupun manusia) dan dikemas ke dalam design-design imajinatif yang saling berkesinambungan. Seni ukir bisa diterapkan ke dalam bentuk dua dimensi, semi tiga dimensi ataupun tiga dimensi.

Salah satu kabupaten yang paling banyak memproduksi ukiran adalah Jepara. Pada tahun 2010 Jepara mengekspor produk-produknya ke 106 negara dengan nilai Rp 1,190 triliun. Lebih dari 95% dari keseluruhan produk adalah mebel dan ukiran. Pemerintah Kabupaten Jepara telah mematenkan 99 motif ukir khas Jepara sekaligus mengajukan indikasi geografis produk-produk khas Jepara kepada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia pada tahun 2010 yang lalu. Tujuan pematenan tersebut adalah untuk melindungi motif ukir dan produk khas Jepara dari klaim negara lain.

Kerajinan Tangan dari Flanel

Tutorial Membuat Aneka Aksesoris dari Kain Flanel

Kain flanel atau felt adalah jenis kain yang dibuat dari serat wol tanpa ditenun, dibuat dengan proses pemanasan dan penguapan sehingga menghasilkan kain dengan beragam tekstur dan jenis. Sampai saat ini, kerajinan tangan dari flanel merupakan salah satu dari sekian banyak jenis kerajinan tangan yang paling populer dikalangan anak muda. Selain bahan dasar teksturnya yang lembut, kain flanel juga memiliki keunikan lain yaitu warnanya yang bermacam-macam. Kain flanel juga mudah untuk dibentuk sedemikian rupa hingga menjadi berbagai macam kerajinan tangan yang unik dan menarik.


Baca Juga : Kerajinan Tangan dari Flanel

Kerajinan Tangan dari Sedotan

Kerajinan Tangan dari Sedotan

Kita semua tau tentang sedotan, bahkan mungkin setiap hari kita menggunakan sedotan. Baik untuk minum ataupun untuk hal lain. Namun setelah kita menggunakan sedotan, kita akan membuangnya. Seakan sedotan sudah tidak memiliki arti lagi (Puitis banget hehe). Satu hal yang perlu diketahui setiap benda memiliki fungsi dan kegunaan sendiri-sendiri. Namun bukan berarti benda yang telah kita gunakan itu tidak bisa kita gunakan untuk hal lain. Seperti halnya sedotan, sedotan juga bisa digunakan untuk hal lain bahkan setelah kita menggunakannya untuk minum. Fungsi utama sedotan memang untuk minum, tapi kita juga bisa menggunakan sedotan untuk membuat sebuah kerajinan tangan yang unik.

Kerajinan Tangan Paper quilling

Membuat Paper Quilling

Paper quilling adalah seni / kerajinan tangan menggulung kertas. Beberapa gulungan yang dihasilkan akan dirangkai sedemikian rupa sehingga membentuk produk yang unik. Jika diartikan per kata ‘Paper’ berarti ‘kertas’ dan ‘Quilling’ berarti ‘menggulung’. Kerajinan ini hampir sama dengan origami yang juga menggunakan kertas untuk membentuk produk yang unik. Namun Paper Quilling membuat produk dengan cara menggulung sedangkan origami menggunakan cara melipat kertas. Di Indonesia sendiri Paper Quilling sudah cukup populer, meskipun belum sepenuhnya menyebar secara luas ke berbagai daerah.

Paper quilling dapat dijadikan sebagai ornament di dinding atau pajangan dalam bingkai yang mewah. Tidak hanya itu, Hasil gulungannya juga bisa digunakan untuk menambah kesan unik di kartu undangan pernikahan dan membuat mahar dari uang kertas. Bentuk yang dihasilkan pun juga bervariasi, mulai dari bentuk alfabet dan nomor, bentuk bunga, bentuk hewan, karakter 3D, dan lain-lain.


Kerajinan Tangan Daur Ulang

Sampah merupakan hal yang tidak berguna bagi sebagian besar orang. Namun bagi warga desa Jambangan Kota Surabaya, Sampah bisa di ubah menjadi kerajinan yang unik dan menarik. Bertempat di Jalan Jambangan III No.23, Jambangan, Kota Surabaya, terdapat Sentra Kerajinan Daur Ulang kota Surabaya.

Tris Flower adalah nama dari usaha daur ulang yang mengubah sampah-sampah yang tidak berguna menjadi sebuah karya yang bisa digunakan oleh banyak orang. Bu Tris yang merupakan pemilik dari Tris Flower juga mengajak warga sekitar untuk bersama-sama mendaur ulang sampah di daerahnya. Kini Desa Jambangan merupakan salah satu desa yang bersih dan Indah. Banyak sekali penghargaan yang telah diterima oleh Tris Flower dan Desa Jambangan baik dari lokal maupun internasional.

Untuk Mengetahui lebih lanjut tentang sentra daur ulang di Desa Jambangan Kota Surabaya, kamu bisa baca artikel berikut :
Tris Flower – Sentra Kerajinan Daur Ulang Kota Surabaya

Kerajinan Tangan dari Eceng Gondok

Eceng gondok (Latin:Eichhornia crassipes) adalah salah satu jenis tumbuhan air mengapung. Orang-orang juga sering menyebutnya sebagai enceng gondok. Tumbuhan ini dianggap sebagai gulma yang bisa merusak lingkungan perairan di sekitarnya. Eceng gondok dengan mudah menyebar melalui saluran air ke badan air lainnya. Eceng gondok memiliki kecepatan tumbuh yang tinggi sehingga masyarakat sekitar dibikin jengkel dengannya. Namun ada beberapa pengrajin di Indonesia yang berhasil mengubah eceng gondok menjadi produk yang layak jual.


Itu tadi adalah beberapa kerajinan tangan yang harus kamu tau. Indonesia adalah negara yang memilliki tangan tangan kreatif dari para pengrajin untuk menghasilkan karya yang berkualitas. Mungkin kamu adalah salah satunya. Salah satu orang yang akan membawa indonesia menjadi negara penghasil kerajinan tangan unik yang digunakan di seluruh dunia.

Referensi :
https://blog.mariberkarya.com
https://www.google.co.id
http://swytoputra.blogspot.com


Untuk mengetahui produk-produk kerajinan tangan lainnya klik link : Mariberkarya.
Kami Percaya bahwa Orang Indonesia Memiliki Kreativitas untuk Membuat Karya yang Berkualitas.
Tetap Belajar, Terus Berkarya dan Selalu Bersinergi.
Mariberkarya, Ini Karya Kita

Dapatkan Artikel Seperti ini GRATIS Sekarang Juga

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas