Kerajinan Tangan yang Bisa Dijual Di Rumah Aja

Kerajinan Tangan yang Bisa Dijual Di Rumah Aja - Thumbnail

Kerajinan Tangan yang Bisa dijual di rumah aja. Apa ya kira kira ?. Kerajinan Tangan merupakan salah satu karya yang membutuhkan kreativitas dan ketekunan untuk hasil yang maksimal. Setiap karya yang dibuat dengan kreativitas dan ketekunan, bisa terlihat detail dan seolah memiliki nyawa dalam karyanya. Kalau kamu coba perhatikan karya dari para pengrajin akan terlihat berbeda antara mereka yang membuatnya karena tekanan dan membuatnya dengan sepenuh jiwa. Kreativitas dan ketekunan ini menjadi salah satu kuncinya agar karya kita memiliki jiwa. Tapi kekurangannya itu semua membutuhkan banyak waktu.

Kerajinan Tangan yang Bisa Dijual Di Rumah Aja

Berhubung kita semua sedang mengalami krisis yang mengharuskan kita untuk di rumah aja, maka ini kesempatan kita. Kita memang memiliki kekurangan, karena kita tidak bisa banyak keluar dan bertemu dengan banyak orang. Seolah itu merupakan akhir dari kita. Tetapi kalau dilihat lagi, kita memiliki hal yang tidak kita punya sebelumnya yaitu WAKTU. Kita memiliki banyak waktu #dirumahaja yang bisa kita gunakan. Kenapa kita tidak menggunakannya untuk membuat sebuah kerajinan tangan yang bisa kita jual. Berikut beberapa kerajinan tangan yang bisa kamu buat dan dijual meski kamu #dirumahaja :

1. Miniatur dari Sabun

Kerajinan Tangan yang Bisa Dijual Di Rumah Aja - Miniatur dari Sabun

Siapa yang tidak tau sabun. Setiap orang menggunakan sabun untuk mandi. Nah sabun pada umumnya hanya berbentuk kotak dan dihias dengan tulisan merk sabun tersebut. Namun masih belum ada sabun yang memiliki bentuk bentuk yang lain. Seperti bentuk hewan, bangunan, simbol, rumah dan sebagainya. Sabun dengna bentuk yang unik bisa membuat anak kecil tertarik loh. Dari yang sebelumnya bandel dan tidak mau mandi, jika melihat sabun yang bentuknya mirip dengan karakter yang dia suka, pasti dia mau mandi. Hal ini merupakan peluang bagi kamu yang ingin memiliki usaha untuk tambahan penghasilan.

2. Mainan Pita

Kerajinan Tangan yang Bisa Dijual Di Rumah Aja - Mainan Pita

Masih karya yang dibuat untuk anak-anak. Kali ini ada mainan pita. Seperti yang kita tau kalau anak anak suka bermain. Apalagi jika kita ada di rumah aja. Pasti mereka akan mengajak kita untuk bermain, sehingga kita kesulitan untuk melakukan aktivitas lainnya. Nah kamu bisa membuat sebuah mainan untuk anak kamu. Salah satu mainan yang mudah untuk dibuat adalah mainan pita. Mainan pita ini bisa kamu buat hanya dengan menggabungkan pita dengan benda lain seperti buku, kaleng, botol dan sebagainya.


3. Syal Rajut

Kerajinan Tangan yang Bisa Dijual Di Rumah Aja - Syal Rajut

Kerajinan rajut memang salah satu kerajinan tangan yang cocok dikerjakan di rumah aja. Salah satu kerajinan rajut yang bisa kamu buat dan dijual adalah syal rajut. Syal tidak hanya bisa digunakan pada musim dingin, namun sekarang merupakan sebuah tren busana yang digunakan oleh semua orang. Kamu bisa membuat syal rajut dengan memahami teknik untuk merajut. Kamu bisa membaca artikel berikut untuk mempelajari dasar dasar kerajinan rajut lebih dalam : Teknik Dasar Merajut.

4. Lilin Aromaterapi

Kerajinan Tangan yang Bisa Dijual Di Rumah Aja - Lilin Aromaterapi

Lilin Aromaterapi merupakan salah satu kerajinan tangan unik yang bisa kamu buat di rumah. Jika banyak orang kerja di rumah mereka pasti membutuhkan suasan kerja yang bersih, nyaman dan tidak bau. Salah satu solusinya adalah lilin aroma terapi. Lilin Aromaterapi ini bisa membuat ruangan menjadi lebih nyaman. Bisa digunakan untuk kerja, bermain maupun saat tidur. Nah ini merupakan peluang bagi kamu jika kamu adalah pengrajin. Coba deh kamu membuat karya lilin aromaterapi ini.

Lilin aromaterapi juga bisa kamu buat dengan berbagai macam bentuk dan variasi rasa / aroma. Bentuk yang bisa kamu buat seperti bunga, makanan, bentuk hewan, logo / simbol dan sebagainya. Kamu juga bisa membuat variasi rasa / aroma seperti Peppermint, Lavender, Cengkeh, Cendana, Apel, Pear dan sebagainya. Sebagai produk contoh, kamu bisa membuat beberapa variasi. Kemudian kamu bisa upload lilin tersebut di social media atau marketplace seperti mariberkarya.com.

5. Miniatur Lilin

Kerajinan Tangan yang Bisa Dijual Di Rumah Aja - Miniatur Lilin

Masih seputar lilin, kali ini adalah karya berupa miniatur lilin. Miniatur lilin ini merupakan karya unik dan menarik. Karena bentuknya yang mirip aslinya. Biasanya miniatur lilin ini digunakan oleh toko atau restoran sebagai display produk mereka. Biasanya di depan toko atau restoran ada produk seperti makanan dan sebagainya. Mereka menggunakan lilin karena awet dan bisa menunjukkan bentuk aslinya. Kalau kamu ingin melihat beberapa contoh minatur lilin yang pernah dibuat oleh pengrajin mariberkarya, kamu bisa klik link berikut : Jual Lilin Unik Karya Pengrajin Indonesia | Mariberkarya


6. Paper Craft

Kerajinan Tangan yang Bisa Dijual Di Rumah Aja - Paper Craft

Paper craft merupakan kerajinan tangan yang memanfaarkan kertas. Kertas yang digunakan juga bisa kertas apapun. Kamu bisa menggunakan kertas yang ada di rumah kamu sebagai bahan untuk membuat paper craft ini. Paper craft yang sering disebut sebagai seni menghidupkan kertas ini adalah pengembangan dari origami (seni melipat kertas dari Jepang). Bedanya origami adalah seni melipat kertas dengan menggunakan 1 lembar kertas saja. Sedangkan Paper craft adalah seni merakit kertas dari beberapa lembar kertas dengan menggunakan beberapa teknik seperti menggunting, melipat, mengelem, dan membentuk.

Paper craft ini sangat mudah untuk membuatnya. Jika kamu tidak mengetahui bagaimana cara membuat paper craft yang bagus, kamu bisa googling saja. karena di google sudah banyak sekali tutorial untuk membuat paper craft. Mulai dari paper craft yang berbentuk kotak, hingga paper craft dengan bentuk yang berbagai macam.

7. Paper Quilling

Masih menggunakan kertas, Kerajinan Tangan yang Bisa dijual di Rumah selanjutnya adalah Paper Quilling. Paper quilling adalah seni / kerajinan tangan menggulung kertas. Beberapa gulungan yang dihasilkan akan dirangkai sedemikian rupa sehingga membentuk produk yang unik. Jika diartikan per kata Paper berarti kertas dan Quilling berarti menggulung. Kerajinan ini hampir sama dengan origami yang juga menggunakan kertas untuk membentuk produk yang unik. Namun Paper Quilling membuat produk dengan cara menggulung sedangkan origami menggunakan cara melipat kertas. Untuk lebih jelas tentang Paper Quilling kamu bisa klik link berikut : Paper Quilling.

8. Lonceng Angin

Kerajinan Tangan yang Bisa Dijual Di Rumah Aja - Lonceng Angin

Lonceng angin mungkin agak jarang kamu temui. Tapi kerajinan tangan ini berpotensi untuk menjadi usaha atau bisnis yang sangat besar. Tidak hanya di Indonesia tapi juga bisa sampai Internasional. Linceng angin merupakan sebuah lonceng yang akan berbunyi jika ada angin yang melewatinya. Lonceng angin ini biasanya digantung di luar dan dekat jendela. Biasanya digunakan sebagai pertanda akan hujan. Jadi penghuni rumah bisa memiliki waktu untuk mengangkat jemuran terlebih dahulu sebelum hujan.


Sebagian besar bahan yang kamu butuhkan untuk membuat lonceng angin adalah kayu. Sebenarnya bentuk umum dari lonceng kayu adalah seperti yang ada di gambar. Namun kamu bisa membuatnya dalam bentuk lain. Biasanya kan pengrajin punya ide atau kreativitas yang banyak. Kamu bisa membuat bentuk seperti bentuk hewan, tempat dan sebagainya. Kamu juga bisa mewarnai lonceng angin kamu untuk membuatnya menarik. Jika kamu memiliki bakat seni melukis, kamu bisa menggunakan bakatmu untuk memberikan lukisan pada lonceng kayu buatanmu. Hasil karya yang unik menjadi nilai tambah tersendiri jika kamu berniar untuk menjualnya.

9. Perhiasan / Aksesoris

Kerajinan Tangan dari Stik Es Krim - Tempat Aksesoris

Aksesoris masuk ke dalam list kerajinan tangan yang bisa dijual di rumah karena pembuatannya yang mudah. Aku rasa hampir semua pengrajin bisa membuat aksesoris ini. Baik dengan menggunakan kain flanel, kain perca maupun dengan menggunakan kerajinan rajut. Aksesoris ini biasanya digunakan sebagai hiasan baju, hiasan jilbab dan sebagainya. Banyak sekali pengrajin yang menjadikan kerajinan aksesoris ini sebagai usahanya. Jadi kalau kamu ingin menjual kerajinan aksesoris ini, kamu perlu membuat kerajinan yang unik dan berbeda dari yang lainnya. Karena memang persaingannya sangat ketat. Namun jangan khawatir, kamu tetap memiliki peluang. Karena banyak juga konsumen yang menginginkan produk / karya tersebut.

10. Mug Hias

Kerajinan Tangan yang Bisa Dijual Di Rumah Aja - Mug Hias

Mug merupakan salah satu teman yang menjaga mood kita saat kerja. Entah itu isinya kopi, teh maupun air biasa. Sudah banyak sekali percetakan mug yang bisa mencetak gambar pada mug polos. Namun itu hanya sekedar gambar, bukan hiasan. Gambar hanya terbatas pada permukaan mug dan bentuk yang 2D. Nah Mug hias yan gaku maksud lebih dari hanya sekedar gambara biasa. Kamu bisa menggunakan kreativitas kamu untuk menghias mug dengan berbagai hiasan yang unik dan menarik. Kamu bisa membuat hiasan bunga, membentuk mug seperti ikan dan sebagainya. Mungkin kalau kamu pernah ikut sepeda hias, mobil hias dan sebagainya saat acara 17an pasti sudah terbiasa untuk ini.

11. Gantungan Kunci Kain

Kerajinan Tangan yang Bisa Dijual Di Rumah Aja - Gantungan Kunci Kain

Gantungan kunci merupakan hal yang umum dibuat oleh para pengrajin. Namun biasanya mereka menggunakan bahan kayu, plastik dan sebagainya. Dalam kondidi kita yang #dirumahaja, mungkin akan sangat kesulitan jika bahannya dari kayu dan sebagainya. Makanya kita bisa menggunakan bahan yang lebih mudah ditemukan yaitu kain. Kain ini bisa kain flanel, kain perca dan sebagainya. Kamu bisa membuat berabagai bentuk gantungan kunci. Kembali lagi tergantung kreativitas kamu untuk bentuknya. Tetapi biasanya kalau usaha ini sudah besar dan menerima pesanan tentu akan berbeda. Kamu mungkin akan membuat bentuk gantungan kunci sesuai dengan pesanan pelanggan kamu.


12. Dompet

Kerajinan Tangan dari Flanel - Dompet

Dompet merupakan hal yang mudah dibuat dan dijual. Apalagi kamu tidak perlu menggunakan bahan yang susah dan mahal untuk membuatnya. Dompet bisa dibuat dengan menggunakan bahan dasar kain, benang rajut, anyaman dan sebagainya. Dompet merupakan salah satu kebutuhan yang tidak bisa dihindari apalagi bagi seorang cewek. Dompet dengan desain, bentuk dan warna yang menarik bisa membuat orang lain tertarik dan ingin membelinya. Kalau kamu bisa membuat dompet yang unik dan bagus, kamu bisa menjualnya secara online baik di social media maupun di marketplace.

13. Selimut Bayi

Kerajinan Tangan yang Bisa Dijual Di Rumah Aja - Selimut Bayi

Selimut bayi merupakan kerjianan tangan yang bisa dilakukan di rumah. Sepertinya banyak yang berpikiran bahwa selimut bayi hanya bisa dibuat di pabrik menggunakan mesin. Tapi jangan salah dulu. Kamu bisa juga loh membuat selimut bayi di rumah dengan bahan yang ada. Kamu bis amenggunakan kain perca, kain fleece dan benang untuk membuatnya. Jika kamu punya mesin jahit di rumah akan sangat membantu sekali. Namun bagi kamu yang tidak punya mesin jahit, kamu tidak perlu khawatir. Kamu tetap bisa membuatnya dengan cara di jahit manual. Namun memang membutuhkan ketekunan dan kesabaran yang tinggi dalam membuatnya. Tapi kan kamu sekarang di rumah, jadi sudah tidak ada alasan lagi untuk itu. Jika kamu bisa membuat selimut bayi yang menarik, kamu bisa memfotonya dan mempromosikannya di internet.

Itulah Beberapa Kerajinan Tangan yang bisa dijual di rumah aja. Sebenarnya masih banyak kerajinan tangan lainnya yang bisa kamu jual meskipun kamu di rumah aja.

Untuk mengetahui produk-produk kerajinan tangan lainnya klik link : Mariberkarya.
Kami Percaya bahwa Orang Indonesia Memiliki Kreativitas untuk Membuat Karya yang Berkualitas.
Tetap Belajar, Terus Berkarya dan Selalu Bersinergi.
Mariberkarya, Ini Karya Kita.

Follow Instagram Kami :
@mariberkaryaid   @karyaguebanget   @msaifulumam

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas