Kerajinan Tangan Khas Jawa Barat

Kerajinan Tangan Khas Jawa Barat ini sangat penting bagi kamu yang sedang atau ingin berwisata di daerah Jawa Barat. Kamu bisa menjadikan kerajinan khas jawa barat ini sebagai salah satu pilihan oleh-oleh untuk dibawa pulang nanti. Buat warga jawa barat sendiri juga penting unruk mengetahui kerajinan tangan yang mereka miliki.

Kerajinan Tangan Khas Jawa Barat

Jawa Barat merupakan Provinsi yang terkenal dengan Kebudayaan Sunda. Kebudayaan Sunda ini merupakan salah satu kebudayaan unik yang menjadi sumber kekayaan bagi bangsa Indonesia. Selain kebudayaan Jawa Barat juga mempunyai kerajinan tangan yang unik. Ini adalah beberapa kerajinan tangan khas Jawa Barat yang wajib kamu tau :

1. Souvenir atau Cinderamata

Souvenir atau cindramata ini biasanya dijual di beberapa tempat wisata. Ini dijual pada para wisatawan yang berwisata sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. Hampir seluruh wilayah di jawa barat memiliki souvenir khas dari daerahnya masing – masing. Salah satu souvenir khas jawa barat yang paling banyak disukai adalah Payung Geulis. Geulis dalam bahasa sunda artinya Cantik. Payung Geulis ini banyak digunakan untuk berbagai acara kesenian tradisional di Jawa Barat. Tidak hanya digunakan sebagai alat atau properti untuk pertunjukan, Payung Geulis juga biasa digunakan untuk dekorasi ruangan. Kamu bisa membuat ruangan kamu terlihat lebih bagus dan cantik dengan menaruh Payung Geulis dan menghiasnya.

2. Sepatu dan Sandal

Kalau kamu berlibur ke daerah Jawa Barat terutama di daerah Cibaduyut pasti tau dong. Cibaduyut merupakan daerah yang dijadikan sebagai penghasil sepatu paling populer yang terletak di Bandung. Pada musim liburan biasanya tempat wisata ini akan ramai dikunjungi wisatawan. Tidak hanya dari dalam kota tapi juga luar kota. Bahkan ada beberapa wisatawan yang dari luar negeri. Bahkan beberapa sepatu hasil karya pengrajin di Cibaduyut bisa menembus pasar Internasional. Produk hasil kerajinan tangan dari sana sudah diekspor hingga ke-27 Negara yang ada di dunia. Ekspor produk kerajinan dari Cibaduyut memiliki pasar utama yaitu Amerika Serikat dengan persentase sebesar 46%.

Baca Juga : Cibaduyut Bandung [Pusat Produksi Sepatu]

3. Batik

Batik merupakan salah satu warisan budaya alsi Indonesia. Setiap daerah di Indonesia memiliki batik dengan motif khas dari daerah tersebut. Jawa barat merupakan salah satu Provinsi yang mempunyai batik dengan motif yang sangat terkenal bahkan hingga ke seleuruh dunia. Salah satunya adalah Batik dengan motif megamendung dari Cirebon. Banyak sekali wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang tertarik dengan motif batik megamendung khas Cirebon dan ingin membelinya.

Batik Mega mendung memang motif batik khas cirebon yang sudah dikenal dunia. Tapi apa bedanya batik motif mega mendung dengan batik motif lainnya. Perlu kamu tahu, bahwa Batik Mega Mendung memiliki filosofi yang tinggi terhadap penggunanya. Pengguna batik motif ini diharapkan bisa mengontrol amarah, sikap, tindakan dan perilaku saat dalam kondisi sedih, terpuruk atau berbagai tekanan mental lainnya. Diibaratkan seperti awan yang pada saat kondisi mendung yang bisa menyejukkan suasana di sekitarnya dan menghilangkan mendung tersebut. Itulah makanya motif Batik Mega Mendung dibuat menyerupai awan.

Baca Juga : Batik Mega Mendung khas Cirebon dan Sejarahnya

4. Busana atau Pakaian

Busana atau pakaian dari jawa barat menjadi salah satu produk yang patut diperhitungkan. Salah satu tempat yang memproduksi busana muslim di Jawa Barat adalah Tasikmalaya. Hal ini terbukti dari banyaknya busana muslim dari Tasikmalaya yang dipasarkan di Tanah Abang dan menjadi incaran berbagai pecinta busana muslim baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Namun sekarang produksi busana muslim dan bordir Tasikmalaya mulai merasakan dampak Covid-19. Tidak hanya itu, harga bahan baku berupa kain dan benang pun harganya naik cukup tajam. Eden Wahyudin salah satu produsen baju muslim seperti baju koko dan mukena warga Karsamenak Kelurahan Kawalu Kota Tasikmalaya menuturkan, pandemi Covid-19 berdampak pada penurunan produksi.

5. Anyaman

Bagi kamu warga Indonesia pasti sudah tau dengan kerajinan tangan Anyaman. Jawa Barat merupakan salah satu tempat penghasil produk-produk anyaman dengan kualitas tinggi. Salah satu tempat di Jawa Barat yang terkenal dengan kerajinan anyaman adalah Rajapolah. Rajapolah terkenal sebagai sentra kerajinan dan sentra perdagangan kerajinan anyaman. Hal itu dibuktikan dengan 80% warganya yang berprofesi sebagai pengrajin anyaman. Di Tempat ini kamu bisa menemukan berbagai macam kerajinan tangan anyaman mulai dari sandal, topi, tikar, topi, tas, sajadah, dan berbagai kerajinan anyaman lainnya. Semua kerajinan tangan itu merupakan karya dari pengrajin lokal Rajapolah sendiri yang mungkin tidak akan kamu temukan di tempat lain.

Baca Juga : Sentra Kerajinan Rajapolah – Tempat Berburu Kerajinan Anyaman di Tasikmalaya

6. Alat Kesenian

Salah satu kerajinan tangan khas Jawa Barat yang juga menarik adalah alat kesenian. Biasanya para pengrajin jawa barat menggunakan bahan kayu dan bambu untuk membuat sebuah alat kesenian. Nah salah satu alat kesenian yang sudah kita semua kenal adalah Angklung. Alat kesenian ini sudah dikenal oleh seluruh dunia sebagai alat kesenian musik khas Indonesia. Bahkan banyak orang Indonesia yang memenangkan berbagai kejuaraan di berbagai belahan dunia menggunakan Angklung. Ini patut kita syukuri dan banggakan.

Selain Angklung, Jawa barat juga memiliki kerajinan tangan khas lainnya yaitu wayang Golek. Wayang golek ini biasa kita temui di berbagai pertunjukan kesenian daerah. Namu sekarang kamu sudah bisa mendapatkan wayang golek ini di toko-toko souvenir yang ada di Jawa Barat. Kamu bisa membeli sekaligus belajar untuk menjadi seorang dalang yang hebat dengan wayang golek tersebut.

7. Perabot dan peralatan tradisional

Kerajinan Tangan Khas Jawa Barat selanjutnya adalah perabot dan peralatan tradisional. Perabot ini biasanya kita gunakan dalam kehidupan kita sehari hari seperti tudung saji, tempat makanan, keranjang dan sebagainya. Mungkin kalau sekarang banyak dari produk kerajinan tangan ini yang jarang dipakai. Kebanyakan dari kita hanya menggunakan produk buatan luar negeri yang lebih modern. Oleh karena itu pengrajin yang membuatnya pun juga berkurang.

Baca Juga :
7 Kerajinan Tangan Khas Jawa Tengah
5 Kerajinan Tangan Khas Jawa Timur

Itulah tadi 7 Kerajinan Tangan Khas Jawa Barat yang wajib kamu ketahui. Sebenarnya masih banyak lagi tempat di Indonesia yang memiliki berbagai macam kerajinan tangan yang bernilai tinggi. Pesan aku buat kalian yang membaca artikel ini, Jangan terlalu banyak mengkonsumsi produk dari luar negeri. Masih banyak produk-produk Indonesia, karya anak bangsa yang juga punya kualitas yang bagus. Bahkan beberapa orang dari luar negeri rela ke Indonesia hanya untuk membeli produk kita. Kita sebagai penduduk Indonesia harus bangga dengan produk kita terutama kerajinan tangan.

Kami Percaya bahwa Orang Indonesia Memiliki Kreativitas untuk Membuat Karya yang Berkualitas.
Tetap Belajar, Terus Berkarya dan Selalu Bersinergi.
Mariberkarya, Ini Karya Kita.

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas