Kerajinan Tangan Indonesia yang Sangat Disukai Warga Jepang

Kerajinan Tangan Indonesia yang Sangat Disukai Warga Jepang

Kerajinan Tangan Indonesia adalah salah satu produk khas Indonesia yang di minati oleh banyak orang di berbagai Negara di Dunia. Salah satunya adalah Jepang. Siapa sangka Negara yang terkenal dengan bunga sakura dan kecanggihan teknologinya itu menyukai kerajinan tangan terutama kerajinan tangan khas Indonesia. Indonesia adalah negara ke 5 yang paling banyak mengirimkan produk kerajinan tangannya.

Importir Kerajinan Tangan Indonesia di Jepang

Indonesia bisa menjadi pemasok kerajinan tangan ke jepang karena ada permintaan dari negara tersebut. Mereka adalah importir dari jepang yang telah mengimpor produk produk kerajinan tangan dari berbagai negara. Salah satu Importir itu adalah Seiji Igarashi. Seiji Igarashi adalah pemilik dan pendiri dari perusahaan Bali Paradise. Dia sudah 11 tahun menjadi Importir produk produk kerajinan dari Indonesia. Saking cintanya dengan Indonesia, dia memiliki kantor yang bernuansa Bali di Machida, Yokohama, Jepang.

Igarashi mengatakan bahwa kerajinan dari Indonesia sangat diminati dan laris manis di jepang. Kerajinan tangan Indonesia memiliki keunikan tersendiri yang membuat orang Jepang tertarik. Hingga saat ini produk kerajinan khas Indonesia tetap diminati oleh konsumen di Jepang. Tidak hanya untuk pribadi atau perorangan, tapi juga pelaku usaha seperti restoran, hotel dan spa.

Kelebihan Produk Kerajinan Tangan Indonesia

Sejak tahun 2008 lalu, Bali Paradise secara konsisten mengimpor produk produk dari Indonesia sebanyak 1 kontainer tiap bulannya. Igarashi mengatakan bahwa produk produk Indonesia terutama memiliki harga yang bersaing. Tidak hanya itu, tapi sifat kekeluargaan dan kehangatan masyarakat Indonesia yang membuatnya selalu suka berbisnis dengan Indonesia.


Saat ini produk produk Kerajinan Tangan Indonesia yang diminati orang Jepang adalah produk kerajinan yang ukurannya kecil-kecilan yang unik. Permintaan Kerajinan khas Indonesia di Jepang semakin meningkat dalam tiga tahun terakhir. Arif Wibisono, Atase perdagangan RI di Tokyo berkata bahwa pihaknya siap untuk membantu Importir seperti Bali Paradise untuk menemukan pemasok-pemasok baru. Tujuannya untuk menambah dan memperbanyak jenis produk Indonesia yang dapat diekspor ke Jepang.

Kondisi Perdagangan Indonesia-Jepang

Pada 2018, nilai perdagangan Indonesia-Jepang tercatat sebesar USD 37,44 miliar, dengan neraca perdagangan surplus bagi Indonesia sebesar USD 1,49 miliar. Ekspor produk kerajinan dari Indonesia ke Jepang tahun 2018 tercatat senilai USD 28,17 miliar.

Ekspor Indonesia ke Jepang pada 2018 tercatat senilai USD 19,47 miliar terdiri dari ekspor migas senilai USD 3,16 miliar dan ekspor nonmigas senilai USD 16,31 miliar.

Pada periode Januariā€“Juni 2019, nilai perdagangan kedua negara mencapai USD 15,66 miliar dengan neraca surplus senilai USD 336 juta. Sementara, nilai impor Indonesia dari Jepang tercatat senilai USD 17,98 miliar


Itulah sedikit tentang Kerajinan Tangan Indonesia yang sangat disukai warga Jepang. Sebenarnya masih banyak lagi kerajinan dari Indonesia yang disukai oleh orang luar negeri.
Baca Juga : Rahasia Sukses Dea Valencia Owner Batik Kultur

Untuk mengetahui produk-produk kerajinan tangan lainnya klik link : Mariberkarya.
Kami Percaya bahwa Orang Indonesia Memiliki Kreativitas untuk Membuat Karya yang Berkualitas.
Tetap Belajar, Terus Berkarya dan Selalu Bersinergi.
Mariberkarya, Ini Karya Kita.

Dapatkan Artikel Seperti ini GRATIS Sekarang Juga

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas