Kerajinan Tangan dari Sedotan

Kerajinan Tangan dari Sedotan

Kerajinan Tangan dari Sedotan – Menurut Wikipedia, “Sedotan adalah sebuah tabung yang dimaksudkan untuk mentransfer minuman dari wadah ke mulut peminum, dengan penerapan kekuatan mengisap”. Agak aneh ya kalau diartikan secara resmi seperti itu. Tapi paling tidak kita semua tau tentang sedotan, bahkan mungkin setiap hari kita menggunakan sedotan. Baik untuk minum ataupun untuk hal lain. Namun setelah kita menggunakan sedotan, kita akan membuangnya. Seakan sedotan sudah tidak memiliki arti lagi (Puitis banget hehe).
Satu hal yang perlu diketahui setiap benda memiliki fungsi dan kegunaan sendiri-sendiri. Namun bukan berarti benda yang telah kita gunakan itu tidak bisa kita gunakan untuk hal lain. Seperti halnya sedotan, sedotan juga bisa digunakan untuk hal lain bahkan setelah kita menggunakannya untuk minum. Fungsi utama sedotan memang untuk minum, tapi kita juga bisa menggunakan sedotan untuk membuat sebuah kerajinan tangan yang unik. Berikut beberapa contoh karya kerajinan tangan yang bisa dibuat dengan menggunakan bahan dasar sedotan :

Kerajinan Tangan dari Sedotan

1. Tas

Tas - Kerajingan Tangan dari Sedotan
Tas – Kerajingan Tangan dari Sedotan

Tas seperti gambar di atas bisa kita buat dengan menggunakan bahan dasar sedotan. Tas merupakan salah satu contoh kerajinan tangan dari sedotan yang memiliki banyak manfaat. Selain bisa mengurangi jumlah sampah, sedotan bisa diubah menjadi produk yang bernilai ekonomi. Membuat tas dari sedotan tidak mudah. Butuh beberapa tahapan yang perlu dilakukan seperti menyusun sedotan, membuat dasarnya, kemudian menjahit hingga menjadi sebuah tas.

2. Bunga

Bunga - Kerajingan Tangan dari Sedotan
Bunga – Kerajingan Tangan dari Sedotan

Bunga juga salah satu contoh benda yang bisa dibuat dengan menggunakan bahan dasar sedotan. Selain dari botol atau plastik bekas, sebuah bunga yang cantik juga bisa dibuat menggunakan sedotan yang agak besar. Membuat bunga dari sedotan tidak sesulit membuat tas, namun kita harus teliti dalam membuatnya. Perpaduan warna dan bentuk dari bagian-bagian sedotan juga mempengaruhi keindahan bunga yang dihasilkan.

3. Taplak Meja

Taplak - Kerajingan Tangan dari Sedotan
Taplak – Kerajingan Tangan dari Sedotan

Taplak meja ternyata juga bisa dibuat dengan menggunakan sedotan. Taplak dibuat dengan menggabungkan berbagai macam sedotan dengan warna yang berbeda-beda. Kita memberikan corak/gambar pada taplak yang kita buat dengan cara mengatur posisi sedotan dengan warna yang tepat.

4. Gantungan Kunci

Gantungan Kunci - Kerajingan Tangan dari Sedotan
Gantungan Kunci – Kerajingan Tangan dari Sedotan

Sedotan juga bisa difungsikan sebagai gantungan kunci yang unik. Berbagai bentuk gantungan kunci bisa kita buat dengan kreatifitas kita. Jika ingin gantungan kunci yang kuat, kita bisa membuatnya dengan beberapa sedotan yang disatukan dengan lem. Kita juga bisa membuat gantungan kunci dengan bentuk 3D dengan sedotan.

5. Kalung

Kalung - Kerajingan Tangan dari Sedotan
Kalung – Kerajingan Tangan dari Sedotan

Salah satu karya yang menarik yang bisa kita buat dengan sedotan adalah kalung. Kalung ini hanya membutuhkan sedikit bagian dari sedotan. Kita bisa menghiasnya dengan pernak pernik yang lain. Meskipun kalung ini terbuat dari sedotan, namun tidak kalah indah dengan kalung-kalung yang terbuat dari emas. Jika kita memang tidak memiliki uang untuk membeli kalung emas yang harganya agak mahal, kita bisa membuat kalung karya kita sendiri.

 

Itu adalah beberapa kerajinan tangan dari sedotan yang bisa kita buat. Ada banyak karya kerajinan tangan yang lain yang bisa dibuat dengan sedotan tergantung kreatifitas kita. Kita bisa membuat suatu karya yang bagus jika kita bisa memanfaatkan barang-barang disekitar kita meskipun itu barang yang kita anggap tidak berguna sekalipun.

 

Baca Juga : Tris Flower – Sentra Kerajinan Daur Ulang Kota Surabaya

Kami Percaya bahwa Orang Indonesia Memiliki Kreativitas untuk Membuat Karya yang Berkualitas.

Tetap Belajar, Terus Berkarya dan Selalu Bersinergi.

Mariberkarya, Ini Karya Kita.

Berbagi itu Indah

Related posts

Leave a Comment