Kerajinan Tangan dari Barang Bekas

Kerajinan Tangan dari Barang Bekas - Miniatur dari Kardus
Kerajinan Tangan dari Barang Bekas – Miniatur dari Kardus

Kerajinan Tangan dari Barang Bekas – Sampah / barang bekas sering diartikan sebagai material sisa yang tidak diinginkan dan tidak berguna. Hal inilah yang membuat orang atau masyarakat pada umumnya enggan untuk memanfaatkannya. Salah satu contohnya barang-barang bekas makanan, minuman atau bungkus / kemasan sebagian besar akan kita buang. Memang benar jika barang bekas tidak bisa kita gunakan lagi. Meskipun begitu, bukan berarti semua barang bekas harus langsung dibuang. Membuang sampah tanpa pengelolaan yang baik itu justru akan merusak lingkungan lo. Untuk mengurangi beban lingkungan, sampah bisa diolah menjadi berbagai benda yang bermanfaat seperti kerajinan tangan. Tidak hanya dapat mengurangi pencemaran lingkungan, kerajinan tangan dari barang bekas juga bisa menghasilkan dan berdampak bagi perekonomian pengrajin yang membuatnya.

Contoh Kerajinan Tangan dari Barang Bekas

Jika kamu ingin membuat kerajinan tangan dari barang bekas, kamu bisa melihat beberapa contoh berikut :

1. Dekorasi dari Spons Bekas

Kerajinan Tangan dari Barang Bekas - Dekorasi dari Spons

Kamu punya spons bekas yang sudah tidak digunakan ? Eitt.. Jangan di buang dulu. Siapa tau kamu bisa menggunakannya untuk mendekorasi / menghias meja dapur kamu seperti gambar di atas. Cukup dengan menggunting spons sesuai dengan bentuk yang kamu mau. Kamu sudah bisa menghias ruangan menjadi lebih indah. Tidak hanya huruf, kamu juga bisa membuat berbagai macam bentuk dengan spons bekas yang kamu punya. Misalkan bentuk kupu-kupu, beruang, pesawat, dll.

2. CD Bekas

Kerajinan Tangan dari Barang Bekas - CD Bekas

Bagus ndak ? Ya kupu-kupu itu terbuat dari CD bekas yang dihias sedemikian rupa. Mungkin anak jaman now masih banyak yang belum tau tentang CD. Jadi temen2 CD itu adalah singkatan dari Compact Disk bukan celana dalam lho ya. Biasanya CD ini digunakan untuk memutar video, lagu, atau untuk menyimpan file2 komputer seperti windows, office dll. Nah bagi kamu yang punya CD bekas, jangan buru2 dibuang atau dikilokan dan ditukar dengan uang 1rb rupiah. Kamu bisa membuat kerajinan tangan dari barang bekas menggunakan CD ini. Salah satunya dengan membuat bentuk-bentuk yang unik seperti kupu-kupu di atas. Tidak hanya itu, kamu juga bisa membuat bentuk lain seperti burung atau gitar misalkan. Ini contohnya :

Kerajinan Tangan dari Barang Bekas - CD Bekas Gitar

Kerajinan Tangan dari Barang Bekas - CD Bekas Burung

Gimana ? tertarik untuk membuatnya ?
Makanya belajar.. hehehe..

3. Miniatur dari Kardus

Kerajinan Tangan dari Barang Bekas - Miniatur dari Kardus

Hayo rumah siapa yang ky gitu?. Siapa nih yang tidak ingin membuat rumah yang seperti itu. Ternyata miniatur rumah yang ada di gambar di atas itu dibuat dengan menggunakan bahan dasar kardus bekas. Jadi kalau kamu punya kardus bekas sisa box TV atau kardus Aqu* (Sengaja disensor ^_^) jangan di buang dulu. Kamu bisa mengubah kardus bekas yang tidak terpakai itu menjadi miniatur unik seperti rumah itu. Siapa tau suatu saat nanti kamu bisa punya rumahnya yang beneran. Prosesnya juga tidak rumit, tinggal menggunting dan menempel bagian-bagian yang dibutuhkan. Tidak hanya miniatur rumah yang bisa dibuat dengan menggunakan kardus bekas. Kamu juga bisa membuat miniatur lain seperti kendaraan, rumah, bangunan, dll. Seperti contoh berikut :

Kerajinan Tangan dari Barang Bekas - Miniatur dari Kardus Kendaraan

Ada banyak sekali tutorial baik di google atau di youtube. Mariberkarya juga pernah membuat tutorial untuk memanfaatkan kardus. Berikut link Videonya :
Tutorial Membuat Mobil Tangki Uang dari Bahan Bekas Daur Ulang

4. Miniatur dari Kaleng Bekas

Kerajinan Tangan dari Barang Bekas - Miniatur dari Kaleng Bekas

Brum brum…. Siapa yang mau naik Scooter tapi yang mini ?. Mini scooter di atas adalah salah satu contoh pemanfaatan kaleng bekas sebagai bahan untuk membuat kerajinan tangan. Makanya habis minum minuman kaleng, jangan buru-buru buang kalengnya. Kamu bisa memanfaatkan kaleng-kaleng bekas minuman untuk kerajinan tangan yang keren. Berbagai macam kaleng bekas bisa kamu gunakan. Tidak terbatas hanya kaleng bekas minuman. Namun hati-hati saat membuat kerajinan tangan dari kaleng bekas. Kalau tidak hati-hati bisa melukai jari atau tangan kamu. Jika kamu ingin melihat karya-karya miniscooter seperti itu, kamu bisa lihat karya dari artunzcraft disini :
https://www.mariberkarya.com/artunzcraft

Miniatur dari kaleng bekas yang bisa kamu buat tidak hanya sebatas mini scooter saja. Kamu juga bisa membuat bentuk lainnya seperti gambar di bawah ini :

Kerajinan Tangan dari Barang Bekas - Miniatur dari Kaleng Bekas Motor

Kerajinan Tangan dari Barang Bekas - Miniatur dari Kaleng Bekas Mobil

 

5. Daur Ulang Bungkus Bekas

Kerajinan Tangan dari Barang Bekas - Daur Ulang Bungku Bekas

Kamu sadar ndak kalau sebenarnya pakain yang mereka gunakan itu terbuat dari bungkus bekas. Bungkus-bungkus bekas seperti bungkus kopi, atau bungkus makanan ringan bisa didaur ulang menjadi pakaian. Pakaian yang digunakan juga tidak kalah dengan pakaian dengan bahan kain pada umunya. Nah, buat kamu yang ingin membuat karya atau kerajinan tangan dari bungkus bekas, kamu bisa memulainya dengan mengumpulkan bungkus bekas. Simpan di tempat yang hangat dalam suhu hangat agar tidak mudah rusak (Bercanda lho ya). Kamu juga bisa membuat benda lain dari barang bekas seperti gambar berikut :

Kerajinan Tangan dari Barang Bekas - Daur Ulang Bungku Bekas Kotak Tisue

Untuk mengetahui contoh dari karya-karya kerajinan tangan dari bungkus bekas, kamu bisa belajar dari Tris Flower. Apa itu Tris Flower ? lihat artikel berikut :
Tris Flower “ Sentra Kerajinan Daur Ulang Kota Surabaya

Nah itu tadi beberapa contoh Kerajinan Tangan dari Barang Bekas yang bisa kamu jadikan inspirasi. Semoga kamu bisa menghasilkan karya-karya unik yang keren dari barang-barang bekas.
Untuk mengetahui produk-produk kerajinan tangan lainnya klik link : Mariberkarya.

Karya yang bagus tidak lahir dari banyaknya uang, apalagi keberuntungan. Karya yang berkualitas hanya bisa dibuat oleh mereka yang rajin, ulet, tekun dan punya kreatifitas yang tinggi.

Kami Percaya bahwa Orang Indonesia Memiliki Kreativitas untuk Membuat Karya yang Berkualitas.
Tetap Belajar, Terus Berkarya dan Selalu Bersinergi.
Mariberkarya, Ini Karya Kita

Berbagi Itu Indah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas