Kerajinan dari Barang Bekas

Kerajinan Tangan dari Barang Bekas - Miniatur dari Kardus
Kerajinan dari Barang Bekas – Miniatur dari Kardus

Kerajinan dari Barang Bekas kali ini akan membahas tentang apa saja karya atau kerajinan tangan yang bisa kita buat dari barang bekas. Seperti yang kita tau bahwa barang bekas adalah barang sisa atau barang yang sudah tidak bisa digunakan lagi. Beberapa orang menyebut itu sebagai sampah. Eittss.. tapi di tangan para pengrajin yang kreatif, barang bekas bisa disulap menjadi suatu produk kerajinan tangan yang bernilai tinggi lho.

Jika kamu ngaku pengrajin, pasti tau dong caranya memanfaatkan barang bekas menjadi kerajinan tangan yang kece abis. Ya, daripada kita buang buangin barang bekas kita, mendingan dibuat karya. Betul apa betul banget ?. Lagian kalau kamu membuangnya ke tempat sampah, barang itu paling kalau tidak dibakar ya dimusnahkan entah pakai apa. Nah daripada terbuang percuma, mending di daur ulang menjadi barang baru seperti ini nih :

Tas Kece

Kerajinan dari Barang Bekas yang pertama adalah Tas Kece. Tas adalah salah satu barang yang sering banget kita gunakan. Baik kita yang masih sekolah, kuliah ataupun sudah bekerja, pasti tidak luput dengan yang namanya tas. Coba deh aku tanya sekarang. Kamu punya berapa tas di lemari kamu ?. Satu, dua, tiga, lima atau sepuluh. Tas selempang, tas ransel, tote bag, handbag, Clutch dan masih banyak lagi, apalagi yang wanita nih. Bener atau bener banget ?.

Harganya juga bervariasi puluhan, ratusan ribu, jutaan bahkan ada yang miliyaran hanya untuk satu tas. Buat kamu yang ingin punya tas, tidak perlu beli mahal mahal sampai milyaran rupiah. Mending uangnya buat beli cilok, hahhaha. Sebagai orang kreatif di Indonesia, kamu bisa membuat tas kece versi kamu sendiri dengan memanfaatkan barang bekas. Berikut ada inspirasi tas kece yang bisa kamu buat dengan barang bekas :

Tas dari Kardus Bekas

Kerajinan dari Barang Bekas - Tas Kece dari Kardus Bekas
Kerajinan dari Barang Bekas – Tas Kece dari Kardus Bekas

Kalau kamu punya kardus bekas, jangan di buang dulu. Kardus bekas TV, laptop, kulkas, sepatu, dll. Biasanya, setelah kita ambil barang dari kardusnya, kardus itu akan dianggap sebagai barang bekas atau sampah sehingga dibuang begitu saja. Padahal, kardus itu bisa di daur ulang sehingga menjadi kerajinan tangan dari kardus yang lebih bermanfaat. Nah salah satu hal yang bisa kamu buat dari kardus adalah tas cantik yang cocok untuk dipakai anak-anak. Caranya cukup mudah. Kamu tinggal gunting kardus dan menempelnya dengan solasi/lem sehingga membentuk sebuah tas. Nah bisar menarik kamu tambahkan kertas kado dan pernak pernik di sekeliliing tasnya.

Tas dari Kaos Bekas

Kerajinan dari Barang Bekas - Tas Kece dari Kaos Bekas
Kerajinan dari Barang Bekas – Tas Kece dari Kaos Bekas

Banyak cara untuk mengurangi penggunaan kantong plastik, salah satunya dengan selalu membawa Tas/Kantong belanja sendiri dari rumah. Kalau kamu ingin lebih hemat, kamu tidak perlu membeli Tas/Kantong belanja. kamu bisa memanfaatkan kaos bekas yang sudah tidak terpakai. Kamu pasti punya dong. Daripada digunakan untuk lap meja atau untuk kain pel, mendingan digunakan untuk membuat tas. Lebih bermanfaat dan mengurangi sampah di lemari kamu. Tapi jangan lupa dicuci dulu ya kaosnya sebelum dibentuk ^_^.

Tas dari Koran Bekas

Kerajinan dari Barang Bekas - Tas Kece dari Koran Bekas
Kerajinan dari Barang Bekas – Tas Kece dari Koran Bekas

Koran koran, hahaha. Apakah kamu berlangganan koran ?. atau kamu punya banyak koran bekas di sudut kamarmu?. Eittsss.. jangan buru2 dibuang dulu, apalagi dikiloin. Kamu bisa lho membuat kerajinan tangan dari koran bekas itu. Salah satunya yang bisa kamu buat adalah tas. Seperti gambar di atas, tas itu dibuat dengan menggunakan koran. Soal kekuatan, kamu tidak perlu ragu. Ibarat sapu lidi, dia akan susah dipatahkan jika bersama. Tas dari koran bekas ini juga seperti itu. Meskipun dia terbuat dari koran, tas ini tetap bisa menopang benda benda berat seperti buku dan sebagainya.

Tas dari Sedotan Bekas

Kerajinan dari Barang Bekas - Tas Kece dari Sedotan Bekas
Kerajinan dari Barang Bekas – Tas Kece dari Sedotan Bekas

Yang ini adalah tas dari sedotan. Kamu tau sedotan kan ?. Kalau misalkan kamu suka beli esteh atau es jeruk, biasanya ada sedotannya kan. Nah setelah es / minumannya habis , jangan buru2 dibuang dulu sedotannya. kamu bisa kumpulkan sedotan sedotan bekas itu untuk dibuat menjadi kerajinan tangan yang pastinya kece abis. Salah satunya tas seperti gambar di atas. Tas itu dibuat dari kumpulan sedotan sedotan yang digabungkan dan dibentuk sedemikian rupa hingga menjadi sebuah tas yang bisa digunakan. Tertarik untuk mencoba membuatnya ?.


Iklan Lewat

Tas dari Bungkus Bekas

Kerajinan dari Barang Bekas - Tas Kece dari Bungkus Bekas
Kerajinan dari Barang Bekas – Tas Kece dari Bungkus Bekas

Tas dari bungkus bekas. Ini merupakan salah satu kerajinan dari barang bekas yang keren. bungkus bekas minuman atau makanan bisa disulap menjadi tas yang bisa dugunakan kembali. Padahal bungkus ini sering sekali kita anggap sampah, tapi jika diolah menjadi kerajinan seperti tas, bisa dijual kembali dan menjadi uang lho. Pengrajinnya pun sudah banyak dan banyak juga yang sudah go internasional.

Tas dari Kotak Susu Bekas

kantong ajaib

Tutit tutit.. Kantong ajaib. twet twet tweeeww.. (doraemon). Tas yang terakhir ini cukup unik. Siapa sangka kalau tas ini dibuat dari kotak susu bekas lho. Gak percaya ? Percaya aja deh.. hehe. Sawo Kecik adalah usaha yang dibuat untuk mendaur ulang limbah kotak susu bekas menjadi kerajinan yang bernilai tinggi, salah satunya tas kantong ajaib ini. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Sawo Kecik, kamu bisa cek di artikel berikut : Sawo Kecik – Karya Unik dari Kotak Susu Bekas

Hiasan

Kerajinan Tangan dari Barang Bekas - Dekorasi dari Spons

Kamu punya spons bekas yang sudah tidak digunakan ? Eitt.. Jangan di buang dulu. Siapa tau kamu bisa menggunakannya untuk mendekorasi / menghias meja dapur kamu seperti gambar di atas. Cukup dengan menggunting spons sesuai dengan bentuk yang kamu mau. Kamu sudah bisa menghias ruangan menjadi lebih indah. Tidak hanya huruf, kamu juga bisa membuat berbagai macam bentuk dengan spons bekas yang kamu punya. Misalkan bentuk kupu-kupu, beruang, pesawat, dll.

Miniatur

Miniatur adalah produk mini yang dibuat dengan tujuan meniru atau menyerupai benda aslinya. Namanya juga mini, pastinya ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan benda aslinya.

Miniatur dari Kardus

Kerajinan Tangan dari Barang Bekas - Miniatur dari Kardus

Hayo rumah siapa yang ky gitu?. Siapa nih yang tidak ingin membuat rumah yang seperti itu. Ternyata miniatur rumah yang ada di gambar di atas itu dibuat dengan menggunakan bahan dasar kardus bekas. Jadi kalau kamu punya kardus bekas sisa box TV atau kardus Aqu* (Sengaja disensor ^_^) jangan di buang dulu. Kamu bisa mengubah kardus bekas yang tidak terpakai itu menjadi miniatur unik seperti rumah itu. Siapa tau suatu saat nanti kamu bisa punya rumahnya yang beneran. Prosesnya juga tidak rumit, tinggal menggunting dan menempel bagian-bagian yang dibutuhkan.

Miniatur dari Kaleng Bekas

Kerajinan Tangan dari Barang Bekas - Miniatur dari Kaleng Bekas Mobil

Brum brum…. Siapa yang mau naik Mobil tapi yang mini ?. Mobil di atas adalah salah satu contoh pemanfaatan kaleng bekas sebagai bahan untuk membuat kerajinan tangan. Makanya habis minum minuman kaleng, jangan buru-buru buang kalengnya. Kamu bisa memanfaatkan kaleng-kaleng bekas minuman untuk kerajinan tangan yang keren. Berbagai macam kaleng bekas bisa kamu gunakan. Tidak terbatas hanya kaleng bekas minuman. Namun hati-hati saat membuat kerajinan tangan dari kaleng bekas. Kalau tidak hati-hati bisa melukai jari atau tangan kamu.

Kamu juga bisa membuat miniatur dari kaleng bekas seperti itu juga. Kamu bisa memulainya dengan mengumpulkan beberapa kaleng bekas yang ada di sekitarmu. Miniatur dari kaleng bekas yang bisa kamu buat tidak hanya sebatas mobil saja. Kamu juga bisa membuat bentuk lainnya motor, scooter, pesawat, kapal, dan sebagainya.


Iklan Lewat

Miniatur dari CD Bekas

Kerajinan Tangan dari Barang Bekas - CD Bekas Burung

Bagus ndak ? Ya burung itu terbuat dari CD bekas yang dihias sedemikian rupa. Mungkin anak jaman now masih banyak yang belum tau tentang CD. Jadi temen2 CD itu adalah singkatan dari Compact Disk bukan celana dalam lho ya. Biasanya CD ini digunakan untuk memutar video, lagu, atau untuk menyimpan file2 komputer seperti windows, office dll. bagi kamu yang punya CD bekas, jangan buru2 dibuang atau dikilokan dan ditukar dengan uang 1rb rupiah. Kamu bisa membuat kerajinan tangan dari barang bekas menggunakan CD ini. Salah satunya dengan membuat bentuk-bentuk yang unik seperti miniatur burung di atas.

Pakaian

Kerajinan Tangan dari Barang Bekas - Daur Ulang Bungku Bekas

Kamu sadar ndak kalau sebenarnya pakain yang mereka gunakan itu terbuat dari bungkus bekas. Bungkus-bungkus bekas seperti bungkus kopi, atau bungkus makanan ringan bisa didaur ulang menjadi pakaian. Pakaian yang digunakan juga tidak kalah dengan pakaian dengan bahan kain pada umunya. Nah, buat kamu yang ingin membuat karya atau kerajinan tangan dari bungkus bekas, kamu bisa memulainya dengan mengumpulkan bungkus bekas. Simpan di tempat yang hangat dalam suhu hangat agar tidak mudah rusak (Bercanda lho ya).

Tidak hanya pakaian, kamu juga bisa membuat berbagai macam produk dengan bungkus bekas makanan. Untuk mengetahui contoh dari karya-karya kerajinan tangan dari bungkus bekas, kamu bisa belajar dari Tris Flower. Apa itu Tris Flower ? lihat artikel berikut :
Tris Flower – Sentra Kerajinan Daur Ulang Kota Surabaya

Nah itu tadi beberapa contoh Kerajinan dari Barang Bekas yang bisa kamu jadikan inspirasi. Semoga kamu bisa menghasilkan karya-karya unik yang keren dari barang-barang bekas.

Referensi :
https://blog.mariberkarya.com

http://www.greeneration.org
https://satujam.com







Untuk mengetahui produk-produk kerajinan tangan lainnya klik link : Mariberkarya.
Karya yang bagus tidak lahir dari banyaknya uang, apalagi keberuntungan. Karya yang berkualitas hanya bisa dibuat oleh mereka yang rajin, ulet, tekun dan punya kreatifitas yang tinggi.

Kami Percaya bahwa Orang Indonesia Memiliki Kreativitas untuk Membuat Karya yang Berkualitas.
Tetap Belajar, Terus Berkarya dan Selalu Bersinergi.
Mariberkarya, Ini Karya Kita

Iklan Lewat

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas