Kerajinan dari Barang Bekas Koran yang Unik !!!

Kerajinan dari Barang Bekas Koran yang Unik - Thumbnail

Koran merupakan hal yang sering kita jumpai setiap hari. Mungkin bagi anak millenial jarang. Tapi bagi anak kos, ibu-ibu rumah tangga, penjaga warung, penjual nasi dan sebagainya sangat butuh koran. Selain untuk dibaca, koran bekas biasanya digunakan untuk alas baju di lemari kos. Ada juga yang menggunakannya untuk bungkus makanan atau nasi. Apakah barang bekas koran hanya bisa digunakan untuk itu saja ?.

Kerajinan dari Barang Bekas Koran yang Bisa Kamu Coba

Jumlah kertas apalagi kertas koran yang tidak terpakai sangat banyak. Jika itu tidak dimanfaatkan dengan baik, malah akan menjadi sampah. Sampah yang menumpuk banyak bisa menyebabkan berbagai bencana seperti banjir dan sebagainya. Daripada hal itu terjadi, lebih baik kita memanfaatkan barang bekas koran menjadi sebuah produk kerajinan tangan yang berguna. Siapa tau juga itu bisa kamu jual dan menambah pemasukan kamu. Berikut adalah beberapa kerajinan dari barang bekas koran yang bisa kamu coba :

Bunga Replika

Kerajinan dari Barang Bekas Koran yang Unik - Replika Bunga

Bunga merupakan salah satu benda yang disukai oleh orang terutama wanita. Ternyata koran bekas yang tidak bisa kita gunakan lagi bisa menjadi bahan dasar untuk membuat sebuah replika bunga. Tentu saja hasil dari replika bunga ini tergantung dari kreativitas dan kemampuan si pembuatnya. Mungkin bagi kamu yang pemula, hasilnya belum tentu bisa sebagus yang ada di gambar. Namun tidak apa-apa, semakin sering kamu berlatih dan membuat beberapa bunga, kamu akan semakin jago. Siapa tau nanti hasil karya kamu bisa kamu jual. Atau bisa jadi itu adalah salah satu modal kamu buat nembak si doi.

Tempat Pensil

Kerajinan dari Barang Bekas Koran yang Unik - Tempat Pensil

Tempat pensil merupakan hal yang umum. Tempat pensil ini menjadi salah satu ide untuk membuat kerajinan dari barang bekas koran yang mudah dibuat. Tempat pensil yang bisa dibuat juga tidak terbatas pada contoh di gambar. Kamu juga bisa membuat berbagai bentuk tempat pensil yang menarik. Seperti Tempat pensil kotak, kaleng dan sebagainya. Kertas koran yang dibutuhkan juga tidak terlalu banyak. Kamu bisa membuat tempat pensil hanya dari 2-3 lembar koran bekas saja.


Tempat Permen

Kerajinan dari Barang Bekas Koran yang Unik - Tempat Permen

Tempat Permen ini juga bisa menjadi salah satu produk / karya yang bisa kamu buat dengan koran. Tempat permen ini cukup sederhana, kamu bisa menggunting koran menjadi beberapa bagian kecil. Kemudian kamu bisa menggulungnya. Berikan lem agar gulungannya tidak lepas. Setelah membentuk beberapa gulungan panjang, kamu bisa menyatukan semua gulungan tersebut dengan menggunakan lem. Kamu bisa membuat berbagai bentuk tempat permen sesuai dengan yang kamu inginkan. Oh ya, jangan lupa buat tutupnya juga ya. Biar permen kamu gak cepet habis. Hehhe.

Hiasan Dinding

Kerajinan dari Barang Bekas Koran yang Unik - Hiasan Dinding

Bagi kamu yang sering menggunakan wallpaper dinding, kamu pernah ndak mencoba untuk menjadikan koran sebagai wallpaper dinding kamu. Tidak hanya menjadi wallpaper dinding full. Kamu juga bisa membuat berbagai bentuk unik untuk dinding kamu hanya dari koran bekas. Kamu bisa menggunakan berbagai jenis koran untuk membuat hiasan yang lebih indah. Kamu juga bisa menggunting koran koran tersebut menjadi beberapa bagian dan membentuknya dengan bentuk yang unik. Kemudian kamu bisa meletakkan kertas koran tersebut secara teratur hingga membentuk suatu bentuk baru yang unik. Kalau hasilnya bagus kan lumayan biar kamar kamu lebih berbeda dari sebelumnya. Biar gak bosen di rumah aja.

Mainan Kupu-Kupu

Kerajinan dari Barang Bekas Koran yang Unik - Mainan Kupu-Kupu

Kamu bisa juga membentuk koran yang kamu punya menjadi sebuah bentuk hewan seperti kupu-kupu. Mainan Kupu-kupu ini bisa menjadi hiasan di meja belajar kamu, di pintu kamarmu dan sebagainya. Kamu bisa membuat banyak mainan kupu-kupu kemudian menyatukannya dengan tali. Biar lebih bagus lagi, kamu bisa mewarnai mainan kupu-kupu kamu dengan pensil warna.

Tas Koran

Kerajinan dari Barang Bekas Koran yang Unik - Tas Koran

Kerajinan dari Barang Bekas Koran berikutnya adalah tas koran. Tas koran ini merupakan tas biasa yang terbuat dari bahan koran. Ada yang menggunakan hanya murni koran saja. Ada yang menggunakan koran sebagai bahan tambahan atau pelengkap. Jika kamu ingin menggunakan bahan dasar koran artinya kamu harus membuat agar koran tersebut menjadi kuat. Caranya adalah menggabunggkan beberapa koran menjadi satu. Atau menggunakan teknik paper quilling. Caranya adalah memotong koran menjadi beberapa bagian kecil. Kemudian kamu bisa menggulung koran tersebut membentuk sebuah gulungan yang kuat. Setelah kamu sudah mempunyai beberapa gulungan koran tersebut. Kamu harus menggabungkan semuanya menjadi sati dengan cara memberikan lem. Terakhir, bentuk koran yang kamu susun menyerupai sebuah tas.


Miniatur Rumah

Kerajinan dari Barang Bekas Koran yang Unik - Miniaut Rumah

Miniatur rumah ini merupakan salah satu contoh kerajinan dari koran bekas yang bagus. Banyak sekali orang yang membuat rumah dari beberapa koran bekas. Caranya adalah dengan menggunting koran menjadi potongan kecil dan panjang. Kemudian potongan itu digulung hingga membentuk seperti stik atau kayu panjang. Nah bentuk itulah yang menjadi dasar pembuatan rumah dari koran bekas. Koran tersebut digulung agar kuat untuk menjadi pondasi, tiang, atap dan sebagainya. Jika koran tidak digulung dan hanya sekedar ditempel, maka miniatur rumah akan mudah hancur.

Kotak Tisu

Kerajinan dari Barang Bekas Koran yang Unik - Tempat Tisu

Kotak tisu adalah salah satu produk yang juga bisa kamu buat dengan menggunakan bahan dasar koran. Kotak tisu ini bisa menjadi salah satu pilihan kamu jika kamu mempunyai koran bekas banyak dan ingin menggunakannya. Kotak tisue ini memang memiliki ukuran yang kecil, namun membutuhkan banyak koran juga loh. Sama seperti miniatur rumah, membuat kotak tisue ini juga dimulai dari memotong kertas menjadi potongan kecil dan panjang. Kemudian menggulungnya dan menggabungkannya. Kamu bisa mencontoh bentuk kotak tisue seperti pada gambar. Namun bukan berarti hanya itu saja kotak tisue yang bisa kamu buat. Kamu juga bisa membuat bentuk lainnya tergantung dari kreativitas kamu juga.

Amplop Koran

Kerajinan dari Barang Bekas Koran yang Unik - Amplop

Kalau saat kamu baca ini adalah musim nikah atau kamu sedang banyak keperluan menggunakan amplop. Tunggu, jangan dulu beli. Kamu bisa loh menggunakan koran bekas yang sudah tidak terpakai di rumah kamu menjadi amplop. Caranya cukup mudah. Tinggal mengguntingnya dan memberikan lem untuk menyatukannya. Aku sarankan untuk membuatnya menggunakan 2-3 koran dalam satu amplop. Tujuannya agar amplop kuat dan tidak mudah robek.

Jam Dinding

Kerajinan dari Barang Bekas Koran yang Unik - Jam Dinding

Siapa yang di kamarnya tidak punya jam dinding dan hanya mengandalkan jam dari hp saja ?. Kalau kamu salah satu orangnya, tenang kamu tidak perlu membeli jam dinding dulu. Kamu bisa membuatnya sendiri loh. Hanya dengan menggunakan bahan dasar koran bekas yang ada di rumah kamu. Kamu bisa berkarya dan berkreasi sesuai dengan kreativitas kamu. Kamu bisa membuat bentuk bentuk yang unik.


Alas Cangkir

Kerajinan dari Barang Bekas Koran yang Unik - Alas Cangkir

Suka Minum kopi atau teh ? Atau minuman hangat lainnya. Pastikamu butuh alas untuk cangkir atau gelas kamu. Nah, Alas cangkir ini merupakan kerajinan dari barang bekas koran yang bisa jadi solusi kamu. Alas cangkir ini bisa membantu orang untuk meletakkan cangkirnya. Loh bukannya koran itu rapuh ya dan mudah rusak jika dijadikan alas cangkir. Tunggu dulu teman teman. Kalau kamu menggulungnya dan menyatukan beberapa koran bekas, maka kamu bisa membuatnya menjadi kuat.

Itulah Beberapa Kerajinan dari barang bekas koran yang bisa kamu coba saat dirumahaja. Sebenarnya masih banyak kerajinan dari barang bekas koran yang bisa kamu jual meskipun kamu di rumah aja.

Baca Juga : 9 Ide Bisnis Kerajinan Tangan Di Rumah Aja

Untuk mengetahui produk-produk kerajinan tangan lainnya klik link : Mariberkarya.
Kami Percaya bahwa Orang Indonesia Memiliki Kreativitas untuk Membuat Karya yang Berkualitas.
Tetap Belajar, Terus Berkarya dan Selalu Bersinergi.
Mariberkarya, Ini Karya Kita.

Follow Instagram Kami :
@mariberkaryaid   @karyaguebanget   @msaifulumam

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas