Kampung Batik Trusmi Cirebon Surganya Pecinta Batik

Kampung Batik Trusmi merupakan salah satu kampung batik di Cirebon yang terkenal baik di Indonesia maupun mancanegara. Kampung batik ini merupakan tempat yang sangat luas berisi banyak pakaian batik dengan berbagai macam motif. Tempat ini merupakan salah satu tujuan utama saat berlibur ke cirebon dan sekitarnya. Banyak wisatawan baik dari lokal maupun mancanegara yang membeli oleh-oleh di sini untuk dibawa pulang.

Kampung Batik Trusmi

Kota Cirebon ternyata memiliki sebuah tempat atau sentra batik yang sangat luas. Namanya adalah Kampung Batik Trusmi atau hanya disebut orang Batik trusmi. Ada juga yang menyebutnya sebagai Batik Cirebon. Kampung Batik Trusmi adalah pusat industri batik di Cirebon sekaligus sebagai tempat wisata kuliner. Kampung ini terletak di Plered, Cirebon, sekitar empat kilometer di sebelah barat Kota Cirebon.

Ada sekitar 3000 pengrajin yang berkarya membuat berbagai macam batik di sana. Salah satunya adalah BT Batik Trusmi yang dimiliki oleh Sally Giovanny. Oh ya, sedikit info bahwa Kampung Batik Trusmi ini tidak merujuk pada satu merek tertentu. Tapi memang merujuk kepada kampungnya. Jadi Kampung Batik Trusmi dan Batik Trusmi ini adalah 2 hal yang berbeda. Yang satu adalah kampung, dan yang satu adalah merek. Jadi kalau nanti ke Cirebon jangan salah ya ^_^.

Baca Juga : Kisah Sukses Sally Giovanny Owner Batik Trusmi

Sejarah Kampung Batik Trusmi

Salah satu orang yang berperan dalam pembentukan kampung batik ini pertama kali adalah Ki Gede Trusmi. Beliau adalah orang yang menyebarkan Islam dan merupakan salah satu pengikut setia dari Sunan Agung Jati. Bagi yang tidak tau Sunan Agung Jati adalah salah satu Wali Songo atau 9 Wali Islam yang pertama kali menyebarkan Islam di Pulau Jawa. Makanya biasanya kalau kamu rombongan tour ke wali songo, salah satunya pasti ke cirebon dan beli oleh olehnya biasanya di kampung batik ini.

Ki Gede Trusmi lah yang mengajarkan masyarakat sekitar tentang seni batik sekaligus menyebarkan Islam. Oleh karena itu walaupun beliau sudah meninggal, makamnya tetap dirawat dengan baik. Setiap 4 tahun sekali akan diadakan Upacara Ganti Welit (Atap Rumput) dan Ganti Sirap. Hal itu dilakukan warga sekitar sebagai bukti penghormatan terhadap Ki Gede Trusmi.

Motif batik Cirebon

Ada banyak sekali motif batik khas Cirebon. Secara umum Motif Batik Cirebon dikelompokkan menjadi 5 yaitu : Wadasan, Geometrik, Pangkaan (Buketan), Byur, dan Semarangan. Wadasan merupakan motif klasik yang menonjolkan gaya batik bangsawan. Beberapa motif batik Wadasan yang terkenal adalah Mega Mendung (Awan), Singa Payung, Nama Saba dan Taman Arum.

Baca Juga : Batik Mega Mendung khas Cirebon dan Sejarahnya

Kelompok Batik yang kedua adalah Geometrik. Sesuai namanya, motif batik ini motif batik ini cenderung menggunakan garis dan bentuk geometris dalam setiap motifnya. Motif batik yang termasuk dalam kelompok batik geometrik adalah Tambal Sewu, Kawung, Liris dan lengko-lengko. Kelompok Batik yang ketiga adalah Pangkaan (Buketan). Kelompok batik Pangkaan ini lebih banyak menggunakan motif berbentuk pohon atau bunga. Motif batik yang termasuk dalam kelompok batik Pangkaan adalah Pring Sedapur, Kelapa Setundun, Kembang Terompet, dan sebagainya.

Hampir sama Seperti Pangkaan, kelompok motif batik Byur menggunakan motif berbentuk bunga. Bedanya Byur ini lebih ke pada motif bunga dan daun yang berukuran kecil. Motif batik yang termasuk dalam kelompok batik Byur adalah Karang Jahe, mawar Sepasang, Dara Tarung, dan sebagainya. Kelompok motif batik yang terakhir adalah Semarangan.

Tips berwisata di Kampung Batik Trusmi

Kalau kamu sudah masuk ke kampung batik ini, kamu akan menjumpai banyak sekali toko-toko batik. Mereka menawarkan berbagai jenis batik dengan berbagai motif. Kalian bisa menjumpai kain batik, kemeja, blus wanita, dress, daster dan sebagainya dengan nuansa batik. Ada juga beberapa tas dan aksesoris batik lainnya. Harga yang ditawarkan pun beragam, mulai dari kain batik dg harga 75rb-an hingga baju batik dengan harga jutaan rupiah. Biasanya wisatawan akan membeli batik dengan motif awan yang biasa kita sebut sebagai batik megamendung.

Baca Juga : Kampung Batik Giriloyo Tempat Wisata Unik di Yogyakarta

Itulah tadi sedikit informasi tentang Kampung Batik Trusmi Cirebon. Di Indonesia masih banyak kampung batik yang unik dan sangat menginspirasi. Kamu bisa melihat berbagai produk kerajinan tangan di markeplace kerajinan tangan : Mariberkarya.

Kami Percaya bahwa Orang Indonesia Memiliki Kreativitas untuk Membuat Karya yang Berkualitas.
Tetap Belajar, Terus Berkarya dan Selalu Bersinergi.
Mariberkarya, Ini Karya Kita.

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas