Kampung Batik Giriloyo Tempat Wisata Unik di Yogyakarta

Siapa yang pernah ke Yogyakarta aka Jogja ? atau jangan-jangan kamu warga Jogja. Ada banyak hal yang menarik jika berwisata ke jogja seperti Pantai Parangtritis, Candi Prambanan, Jalan Malioboro, dll. Pasti pada pernah ke sana semua kan. Tapi ternyata di Yogyakarta juga ada wisata yang tidak kalah menarik yaitu Kampung Batik Giriloyo. Seperti apa kampung batik tersebut, mari kita pelajari lebih lanjut.

Kampung Batik Giriloyo

Yogyakarta terkenal dengan kreativitas dan kesenian daerahnya salah satunya adalah batik. Oleh karena itu ada Kampung Batik yang berfungsi untuk lebih memperkenalkan batik khas Yogyakarta ke masyarakat luas. Perbedaan Batik Giriloyo dengan batik lainnya adalah pada proses pewarnaan. Batik ini mlebih banyak menggunakan pewarna alami seperti kulit kayu, secang, kunyit, dan sebagainya. Penggunaan pewarna alami ini dimaksudkan agar warnanya lebih tahan lama. Meskipun memang warnanya tidka secerah pewarna sintesis, tapi batik Giriloyo masih menggunakan pewarna alami.

Kampung Batik ini merupakan salah satu kampung batik tertua yang ada di Bantul. Kampung Batik ini sudah ada sejak jaman dimana Sultan Agung memerintah kerajaan Mataram. Kampung Batik ini kemudian berkembang karena kemampuan membatik yang diturunkan dari generasi ke generasi terutama kaum wanita. Oleh karena itu jangan heran kalau ibu-ibu di sana jago banget dalam membuat batik. Mulai dari proses menggambar pola, menggunakan canting hingga proses pewarnaan.

Lokasi Kampung Batik Giriloyo

Kampung Batik Giriloyo terletak di Gazebo Wisata Giriloyo Jalan Imogiri Timur No.Km. 14, Karang Kulon, Wukirsari, Kec. Imogiri, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55782. Dari pusat kota Yogyakarta kamu bisa ambil jalan ke selatan menuju Jalan Imogiri. Jalan Imogiri timur ke selatan mengarah ke Makam Raja Cirebon. Setelah bertemu penunjuk arah Makam Raja Cirebon pergi ke timur hingga menemukan penunjuk arah Kampung Batik Giriloyo. Lebih jelasnya kaamu bisa pakai google maps di sini : https://g.page/batikgiriloyojogja

Apa saja yang ada di sana ?

Di sana kamu bisa menemukan berbagai jenis dan motif batik. Batik yang dijual bisa ada di toko maupun tempat produksi batik. Kamu bisa langsung memesannya. Untuk harganya beragam, dari 300 ribuan hingga jutaan rupiah. Harga itu tergantung dari kerumitan motif, bahan, bentuk dan ukurannya. Harga bisa berubah sewaktu-waktu loh ya. Mending siapkan beberapa uang untuk membeli batik yang langsung dibuat oleh pengrajin di sini. Kain yang digunakan disini adalah kain katun jenis primisima yang dikenal salah satu kain katun terbaik. Proses membatik bisa memakan waktu sekitar 1 bulan, tergantung dari jenis kain dan motif yang digunakan. Apalagi membatik di kain sutra butuh proses yang cukup lama.

Selain membeli batik, kamu juga bisa mengikuti workshop membatik. Untuk biaya workshop di sini antara 25rb hingga 50rb per sekali workshop. Kamu bisa melakukan workshop sendiri maupun secara rombongan. Kamu akan diajarkan bagaimana cara membatik oleh pengrajinnya langsung.

Baca Juga :
5 Wisata Kampung Batik Indonesia yang Wajib Dikunjungi
Kampung Batik Laweyan Solo yang Ramah Lingkungan

Itulah tadi sedikit informasi tentang Kampung Batik Giriloyo. Di Indonesia masih banyak kampung batik yang unik dan sangat menginspirasi. Kamu bisa melihat berbagai produk kerajinan tangan di markeplace kerajinan tangan : Mariberkarya.

Kami Percaya bahwa Orang Indonesia Memiliki Kreativitas untuk Membuat Karya yang Berkualitas.
Tetap Belajar, Terus Berkarya dan Selalu Bersinergi.
Mariberkarya, Ini Karya Kita.

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas