Jenis Jenis Kertas

Jenis Jenis Kertas
Jenis Jenis Kertas

Jenis Jenis Kertas – Siapa yang tidak tau kertas. Sejak kita sekolah hingga dewasa, kita tidak pernah lepas dengan yang namanya kertas. Mulai dari kertas untuk buku tulis, buku pelajaran, ataupun kertas dari catatan yang selalu kita bawa. Meskipun zaman sudah semakin maju, tapi kertas masih sangat dibutuhkan oleh banyak orang terutama untuk kerajinan tangan. Tapi, ternyata kertas itu tidak hanya seperti apa yang kita gunakan setiap harinya. Kertas memiliki banyak jenis yang berbeda, baik ukurannya, bentuknya dan fungsinya. Berikut adalah jenis jenis kertas :

Jenis Jenis Kertas

Sebenarnya ada banyak sekali jenis jenis kertas. Ini adalah beberapa jenis kertas menurut Mariberkarya yang perlu kamu ketahui sebagai pengrajin :

1. Art Paper

Jenis Jenis Kertas - Art Paper

Yang pertama adalah Art Paper atau orang awam menyebutnya dengan kertas licin dan mengkilap. Art Paper adalah kertas yang sering digunakan di percetakan offset dan digital untuk cover buku, kalender, cover majalah. Karakteristik Art Paper adalah berkilau dan bisa ditambahkan finishing menggunakan doff, glossy, maupun dengan UV. Permukaannya yang dilapisi (coated) membuat kertas jenis ini tidak cocok jika digunakan untuk keperluan tulis menulis. Coated membuat daya serapnya lebih lambat sehingga tinta pulpen akan sulit mengering.


2. Art Carton

Jenis Jenis Kertas - Art Carton

Art Carton merupakan Jenis kertas yang memiliki permukaan yang licin di kedua sisinya, berwarna putih. Art Carton biasanya digunakan sebagai bahan untuk Majalah, Undangan, Brosur, Katalog, Kartu Nama, Dus Kemasan produk, bahan keterampilan, dll. Kertas ini memiliki gramasi diatas 200Gsm. Jika gramasinya dibawah 200 Gsm itu disebut Art Paper. Gramatur yang umum beredar di pasaran adalah :
Art Paper: 100 gram, 150 gram, 190 gram.
Art Carton : 210 gram, 230 gram, 260 gram, 310 gram, 350 gram, 400 gram.

3. HVS

Jenis Jenis Kertas - Art Paper

Mungkin kalau kertas yang satu ini banyak dari kita yang sidah tau. Kita sering mempergunakan dan mengenal kertas HVS, tapi apa kamu tau arti dari kata HVS yang sebenarnya. HVS adalah singkatan dari bahasa Belanda yaitu “Houtvrij schrijfpapier” yang artinya kertas tulis bebas serat kayu.┬áKertas ini memiliki tekstur cukup kasar dan sering digunakan untuk mencetak dokumen. Kertas ini berwarna putih polos di kedua sisinya. Kertas HVS memiliki varian gramatur dari 60 gram hingga 100 gram


4. Ivory

Jenis Jenis Kertas - Ivory

Jika sering membuat dan mencetak poster, pasti kamu sudah akrab dengan kertas ivory. Sebenarnya, kertas ivory ini hampir mirip dengan art paper dan art carton. Bedanya, warna kertas ivory tidak seputih art paper/art carton. Terlebih, kertas ivory ini hanya mempunyai satu permukaan yang licin. Selain poster, kertas ivory juga banyak digunakan untuk mencetak buku agenda dan kertas kemasan produk.

5. Corrugated Paper

Jenis Jenis Kertas - Corrugated Paper

Corrugated dalam bahasa inggris artinya bergelombang. Corrugated Paper merupakan kertas karton yang bagian dalamnya bergelombang. Kertas ini biasanya digunakan untuk membuat box yang mengharuskan untuk memilih bahan kertas yang memiliki ketebalan. Jika dicetak, pada umumnya box ini ditempel lagi dengan menggunakan duplex atau hvs. Jadi, jika ingin dicetak fullcolor, pencetakan dilakukan pada bahan lain kemudian ditempel. Ketebalan bahannya biasanya dibagi menjadi 2 yaitu menjadi B flute atau gelombang besar dan E flute atau gelombang kecil.


Jika kamu sudah mengetahui jenis-jenis kertas, kamu bisa mempelajari caranya mengolah kertas. Beberapa jenis kertas di atas bisa kamu gunakan sebagai bahan utama untuk membuat kerajinan tangan yang unik dan menarik. Klik link berikut untuk mengetahui kerajinan tangan apa saja yang bisa kamu buat dengan menggunakan bahan dasar kertas : 9 Kerajinan Tangan dari Kertas

Untuk mengetahui contoh kerajinan tangan lainnya klik link : Mariberkarya.

Kami Percaya bahwa Orang Indonesia Memiliki Kreativitas untuk Membuat Karya yang Berkualitas.

Tetap Belajar, Terus Berkarya dan Selalu Bersinergi.


Mariberkarya, Ini Karya Kita

Dapatkan Artikel Seperti ini GRATIS Sekarang Juga

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas