Jelaskan Apa yang Kamu Ketahui Tentang Motif Batik Indonesia

Jelaskan Apa yang Kamu Ketahui Tentang Motif Batik Indonesia ?. Mungkin banyak dari kalian yang sering mendengar pertanyaan itu. Motif Batik Indonesia adalah motif atau corak yang berbentuk batik khas dari Indonesia yang dituangkan dalam berbagai media seperti kain, baju, sepatu, dll. Motif batik di setiap daerah di Indonesia sangat beragam. Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki motif khas dari daerahnya sendiri.

Baca Juga :
9 Motif Batik Indonesia yang Terkenal

Jelaskan Apa yang Kamu Ketahui Tentang Motif Batik Indonesia ?

Pertanyaan ini seharusnya mengacu pada makna dari “Motif Batik Indonesia”. Kalau makna dari motifnya sebenarnya beragam. Itu tergantung dari bentuk, corak, warna dan daerahnya. Setiap motif memiliki makna tersendiri. Bahkan di Banten ada sekitar 250 motif batik dengan makna yang berbeda.

Baca Juga :
Sentra Batik Banten Mukarnas Bisa Belajar Membatik dengan 250 Motif

Menurut wikipedia Motif batik adalah kerangka gambar yang mewujudkan batik secara keseluruhan. Jadi biasanya batik memiliki sebuah pola yang berulang. Kerangka gambar pada motif batik ini meruakan perpaduan antara garis dan bentuk menjadi satu kesatuan. Nah kerangka dari gambar yang berulang tersebut yang disebut dengan motif. Motif tersebut dituangkan ke dalam sebuah objek seperti kain yang kemudian menjadi batik. Biasanya motif batik disebut juga corak atau pola batik.

Jenis Motif Batik

Seperti yang aku bilang, Indonesia memiliki berbagaimacam motif yang beragam. Tidak mungkin juga aku sebutkan semuanya. Beberapa di antaranya ada yang menggunakan motif berbentuk bunga. Berbagai bentuk dan ukuran bunga juga ada. Ada juga yang menggabungkan bentuk bangun bangun dasar seperti persegi, segitiga, lingkaran, dan sebagainya. Beberapa motif batik juga menggunakan hewan, manusia, geometris dan bentuk lainnya. Biasanya bentuknya memiliki makna tersendiri.

Motif batik ini juga sering digunakan untuk menunjukkan status pemakainya. Jadi makna yang terkandung di dalam motifnya seolah menunjukkan identitas atau status pemakainya. Tidak jarang juga motif tertentu yang dibuat untuk menjadi ciri khas keluarga. Jadi sejak jaman dulu mereka membatik dengan motif atau pola yang sama. Hal itu menuncerminkan bahwa pemakainya adalah keluarga tersebut.

Itulah jawaban untuk pertanyaan “Jelaskan Apa yang Kamu Ketahui Tentang Motif Batik Indonesia”. Semoga kamu bisa memahami dengan baik tentang motif batik yang ada di Indonesia. Untuk mengetahui info lebih lanjut tentang batik dan kerajinan tangan lainnya, kamu bisa subscribe channel youtube mariberkarya di https://youtube.com/mariberkarya. Baca Juga beberapa artikel menarik berikut :

Batik Corona Karya Difabel Blitar
11 Ide Bisnis Barang Bekas yang Menguntungkan

Kami Percaya bahwa Orang Indonesia Memiliki Kreativitas untuk Membuat Karya yang Berkualitas.
Tetap Belajar, Terus Berkarya dan Selalu Bersinergi.
Mariberkarya, Ini Karya Kita.

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas