Industri Kerajinan Indonesia Menyerap 1,32 Juta Tenaga Kerja

Industri Kerajinan Indonesia
Industri Kerajinan Indonesia

Industri Kerajinan Indonesia berpotensi memberikan sumbangan besar kepada devisa negara melalui capaian ekspor produk-produknya. Sektor kerajinan tangan atau kriya yang merupakan salah satu sektor industri kkreatif yan sudah memiliki pasar dengan jaringan yang luas di berbagai negaraq di dunia seperti Amerika Serikat dan Eropa.

Menurut Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, kekuatan industri kerajinan Indonesia didukung dari sumber bahan baku alami yang melimpah, keragaman budaya Nusantara, dan keahlian para pengrajin. Menteri Perindustrian sendiri sudah memiliki program peningkatan kompetensi SDM dan mendorong penggunaan teknologi untuk industri kecil dan menengah (IKM) . Tujuannya adalah untuk mendongkrak daya saing IKM dengan menciptakan kreativitas dan inovasi.

Industri Kerajinan Indonesia 1

Kementerian Perindustrian mencatat, nilai ekspor dari produk kriya / kerajinan tangan indonesia pada tahun 2017 mencapai US$ 776 juta, naik dibandingkan tahun 2016 sebesar US$ 747 juta. Sedangkan, jumlah industri kerajinan di Indonesia lebih dari 700 ribu unit usaha dengan menyerap tenaga kerja 1,32 juta orang.

e-Smart IKM untuk Industri Kerajinan Indonesia

Industri kerajinan indonesia juga dipacu untuk memanfaatkan platform digital seperti e-Smart IKM yang dibuat oleh Kementerian Perindustrian. Pelaksanaan program ini menggandeng sejumlah marketplace di Indonesia.

Hingga saat ini, peserta yang telah mengikuti kegiatan workshop e-Smart IKM sebanyak 4.000 pelaku usaha. Total nilai penjualan yang tercatat sebesar Rp1,3 miliar.

Program e-Smart IKM merupakan sistem basis data IKM nasional yang tersaji dalam bentuk profil industri, sentra, dan produk yang diintegrasikan dengan marketplace yang ada dengan tujuan untuk meningkatkan akses pasar IKM melalui internet marketing.

Industri Kerajinan Indonesia 2

Industri kerajinan indonesia merupakan sektor yang perlu diprioritaskan pengembangannya karena menghasilkan produk bernilai tambah tinggi dan menyerap tenaga kerja cukup banyak. Hampir seluruh di pelosok daerah Indonesia, industri kerajinan terus tumbuh dengan memproduksi berbagai kriya unggulan. Kerajinan tangan yang diproduksi biasanya kerajinan tangan berbahan kayu, logam, kulit, kaca, keramik, dan tekstil.

Baca Juga : 5 Kerajinan Tangan Khas Jawa Timur


Iklan Lewat

Untuk mengetahui produk-produk kerajinan tangan lainnya klik link : Mariberkarya.

Industri kerajinan indonesia akan terus berkembang seiring dengan berjalannya waktu. Berkembangnya industri kerajinan indonesia tergantung dari peran kita semua.

Kami Percaya bahwa Orang Indonesia Memiliki Kreativitas untuk Membuat Karya yang Berkualitas.
Tetap Belajar, Terus Berkarya dan Selalu Bersinergi.
Mariberkarya, Ini Karya Kita

Berbagi Itu Indah
Iklan Lewat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas