Hasilkan 12M dengan Limbah Kayu – Andra Prasetyo

Hasilkan 12M dengan Limbah Kayu - Andra Prasetyo

Andra Prasetyo Owner dari Pangjati Rustic Furniture & Crafts. Indonesia dikenal sebagai salah satu pusat kerajinan tangan dan kayu terbesar di dunia. Berbagai produk kerajinan tangan dan furnitur asal Indonesia sudah menembus pasar internasional seperti Asia, Eropa, Amerika dan Afrika. Tidak heran bila barang kerajinan tangan dan furnitur menjadi salah satu penyumbang terbesar devisa Indonesia. Pemerintah Indonesia sendiri terus menggalakan serta menggenjot pertumbuhan bisnis di sektor ini dari tahun ke tahunnya. Bahkan salah satu sektor yang menjadi fokus utama Bekraf (Badan Ekonomi Kreatif) Indonesia adalah Kriya. Kriya atau Kerajinan Tangan ini menjadi salah salah satu dari 3 subsektor utama yang menopang ekonomi kreatif di Indonesia.

Andra Prasetyo Owner dari Pangjati Rustic Furniture & Crafts

Pangjati Rustic Furniture & Crafts1

Andra Prasetyo adalah pria kelahiran Tuban 15 September 1974 yang menjadi salah satu pengusaha kerajinan tangan dan furnitur yang sukses. Pertama kali usahanya dibangun di tahun 2000 dengan nama Pangjati Rustic Furniture & Crafts. Andra Prasetyo sama sekali tidak mengeluarkan modal untuk membangun usahanya itu. Awalnya dia hanya memanfaatkan limbah bekas seperti kayu dan ranting sebagai bahan baku utama pembuatan berbagai macam produk kerajinan tangan dan furnitur. Bahan Bekas yang sering digunakan adalah kayu jenis mahoni atau jati. Alasannya adalah karena kedua kayu tersebut memiliki struktur yang kuat dan cocok digunakan sebagai bahan baku pembuatan kerajinan tangan dan furnitur.

Proses Pembuatan

Andra mencari kayu dan ranting bekas yang kemudian dipilihnya yang bagus dan masih bisa digunakan. Selanjutnya kayu dan ranting yang sudah dipilih kemudian dikelupas kulitnya. Kayu tersebut kemudian digergaji, dibelah dan diserut. Selanjutnya yang merupakan salah satu tahap terpenting adalah mendesain dan merakit kayu siap pakai sesuai dengan kebutuhan.
Setelah di desain dan dirakit menjadi barang siap pakai, proses terakhir adalah pelapisan. Proses pelapisan disini merupakan proses pelapisan akhir permukaan kayu yang bertujuan untuk memperindah permukaan kayu. Pelapisan ini juga memberikan perlindungan furnitur dari serangan serangga ataupun kelembaban udara. Namun tidak semua pelapisan ini dilakukan setelah kayu dirakit. Untuk beberapa jenis dan tipe furnitur, proses pelapisan harus dilakukan sebelum komponen dirakit. Hal ini dilakukan karena pelapisan lebih mudah dilakukan sebelum komponen dirakit.

Perkembangan Pangjati Rustic Furniture & Crafts

Pangjati Rustic Furniture & Crafts2

Selama lebih dari 18 tahun Andra menggeluti usaha ini. Andra telah menghasilkan berbagai macam jenis produk kerajinan dan furnitur. Ada meja, rak meja, sofa hingga kursi. Karya-karyanya itu telah dipasarkan hingga ke mancanegara seperti Belanda, Jerman dan Yunani. Berkat usahanya ini Andra bisa menghasilkan omzet hingga milyaran rupiah setiap tahunnya.
Sedikitnya sudah ada 300 jenis model craft dan furniture yang telah dia buat. Sering kali desain tersebut dicontoh sama orang-orang. Setiap bulan, Andra rutin membuat model baru agar tidak ketinggalan zaman dan bisa memberikan pilihan bagi para customernya. Andra juga berkata bahwa setiap kali desainnya dicontoh orang, dia tidak marah dan justru akan membuat desain yang baru. Dia meyakini bahwa orang akan capek untuk mencontoh desainnya karena selalu ada desain yang baru. Desain yang menjadi unggulan Andra yaitu resin, tools recycle, ada meja multifungsi alias bisa dijadikan meja, kursi dan ada lacinya, kemudian ada juga copy table.

Tembus Pasar Eropa

Perbedaan dari produk furnitur buatan Andra adalah bentuknya yang unik serta desain dan pola yang berbeda dengan buatan pengrajin lain. Dengan keunikan tersebut, karya-karya Andra tak hanya diminati oleh pembeli lokal. Di Indonesia karya Andra paling banyak dipasarkan di Jakarta dan Bali. Tidak hanya di Indonesia, Andra juga telah memasarkan karyanya hingga ke Benua Eropa. Sebagian besar negara yang menjadi pasarnya adalah Belanda dan Jerman, namun ada juga yang ke Yunani. Di luar negeri, furnitur buatan Andra dipasarkan ke berbagai toko ritel. Ada juga beberapa coffee shop dan restoran yang sengaja memesan langsung kursi dan meja kepada Andra. Andra Prasetyo mengaku telah memiliki pelanggan tetap yang setia membeli berbagai produk kerajinan dan furnitur buatannya. Kebanyakan pelanggan tetapnya berasal dari luar negeri seperti Belanda, Jerman dan Yunani.
Andra memasarkan karyanya baik di dalam negeri maupun di luar negeri dengan mengikuti pameran. Dengan cara ini, Andra bisa bertemu langsung dengan calon pembeli yang potensial. Calon pembeli awalnya hanya bertanya-tanya terlebih dahulu tentang karya dan usaha Pangjati Rustic Furniture & Crafts. Namun ada juga beberapa diantaranya yang langsung melakukan transaksi pembelian. Dengan semua pencapaiannya itu, Andra bisa menghasilkan omzet hingga Rp 12 miliar setiap tahunnya.

Tempat Produksi Pangjati Rustic Furniture & Crafts

Pangjati Rustic Furniture & Crafts memiliki tempat produksi di Klaten Jawa Tengah. Andra mengerjakan berbagai pesanan dari para pelanggannya dengan dibantu oleh 75 orang pengrajin. Harga yang ditawarkan untuk setiap hasil karyanya berkisar antara ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah. Di Indonesia, Andra menjual produknya ke ritel, sedangkan di luar negeri dia menjual hingga ribuan pcs per itemnya.

Pernah Diremehkan Karena Jualan Furnitur Dari Limbah Kayu

Pangjati Rustic Furniture & Crafts6

Perjuangan Andra Prasetyo dalam membangun bisnis Pangjati Rustic Furniture & Crafts tidaklah mudah. Awalnya banyak yang mengejek dan meremehkan bisnisnya. Andra harus mengalami jatuh bangun sampai diremehkan oleh rekan dan kerabat.
Saat pertama kali saat memamerkan produknya, mereka selalu tidak mempercayainya. Mereka mengatakan seperti ini “Produk apaan kok dari barang bekas, mana laku ?”. Namun Andra pantang menyerah dan memilih bekerja keras agar bisa menampilkan berbagai model kerajinan dan furnitur yang menarik. Ia kemudian mulai rajin mengikuti pameran dan sampai akhirnya mendapatkan pembeli. Kini produk yang dulu diremehkan oleh orang lain, mulai banyak dijadikan contoh oleh banyak orang.
Andra selalu berkata “Kalau saya semakin diremehkan maka semakin maju dan itu acuan buat saya. Selain itu ada semangat hidup karena kalau tidak semangat hidup, saya justru takut tidak bisa bangkit. Saya sendiri masih belajar, belum bisa disebut pebisnis ulung. Tapi yang pasti jangan patah semangat, bahan apapun bisa dibuat untuk ide dan lain sebagainya. Yang penting ada kreatifitas dan kemauan”.

Pangjati Rustic Furniture & Crafts juga pernah bangkrut

Pangjati Rustic Furniture & Crafts hampir bangkrut saat terjadi krisis global. Pada waktu itu, Andra mengaku sama sekali tidak ada pesanan dari para pelanggannya. Akibatnya pendapatannya anjlok dan hampir seluruh karyawannya memilih untuk mengundurkan diri karena dia tidak bisa memberikan gaji. Dari 100 karyawan yang bekerja, hanya sisa 3 orang yang masih bertahan. Meskipun sudah diujung tanduk, nyali Andra untuk tetap mempertahankan bisnisnya tidak akan pernah padam. Dibantu 3 orang karyawannya, Andra melanjutkan bisnisnya hingga akhirnya berkembang dan meraup omzet miliaran seperti saat ini.


Iklan Lewat

Inovasi Selanjutnya

Pangjati Rustic Furniture & Crafts4

Inovasi dan perkembangan desain akan terus dilakukan oleh Andra Prasetyo. Dia juga akan melakukan inovasi terhadap bahan kulit. Pada umumnya produk berbahan kulit halus dengan menghilangkan bulunya. Andra akan mencoba untuk membuat beberapa produk furnitur dengan kulit yang bulunya masih menempel. Ide ini dia dapatkan dari tradisi di Texas Amerika yang menggunakan kulit rusa yang masih ada bulunya sebagai bahan baku untuk furnitur.

Itu tadi sedikit cerita dari Andra Prasetyo Owner dari Pangjati Rustic Furniture & Crafts. Dia adalah salah satu pengrajin hebat yang ada di Indonesia. Meskipun awalnya mereka diremehkan, tapi mereka tidak pernah menyerah sampai akhirnya bisa membuktikan bahwa mereka juga bisa sukses.

So, Bagi teman-teman pengrajin yang sedang berusaha. Mengalami kesedihan, ditipu, dihina, dikhianati, tidak dihargai. Jangan pernah menyerah, anggap itu semua adalah guru yang menguatkanmu. Jika kamu berhenti, maka habislah sudah. Ingatlah bahwa Tuhan hanya akan memberikan karunianya kepada orang yang memang pantas menerimanya. Lewati itu semua dan pantaskan dirimu untuk menerima hasilnya.

Baca Juga : Pengusaha Kerajinan Tangan yang Sukses #1

Untuk mengetahui produk-produk kerajinan tangan lainnya klik link : Mariberkarya.

Kami Percaya bahwa Orang Indonesia Memiliki Kreativitas untuk Membuat Karya yang Berkualitas.
Tetap Belajar, Terus Berkarya dan Selalu Bersinergi.
Mariberkarya, Ini Karya Kita

Dapatkan Artikel Seperti ini GRATIS Sekarang Juga

Iklan Lewat

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas