Gudeg Kaleng Khas Jogja Paling Enak untuk Dibawa Pulang

Gudeg Kaleng Khas Jogja merupakan salah satu oleh oleh khas jogja yang wajib kamu bawa pulang. Kamu pasti sudah tau bahwa gudeg merupakan salah satu makanan khas jogja yang paling sering dicari orang. sebenarnya tidak hanya di jogja, jawa tengah juga terkenal dengan gudegnya. Namun orang awam lebih mengenal gudeg dari jogja. Setiap orang yang berwisata ke jogja atau orang jogja sendiri sering menyantap makanan ini.

Gudeg Kaleng Khas Jogja sebagai Oleh Oleh

Buat yang belum tau, Gudeg terbuat dari nangka muda mentah. Nangka muda itu direbus selama beberapa jam dengan gula aren, dan santan rempah-rempah tambahan. Rempah rempah yang dimaksud adalah bawang putih, bawang merah, kemiri, biji ketumbar, lengkuas, daun salam, dan daun jati. Nah daun jati ini yang memberikan warna coklat kemerahan ke masakannya. Manfaat campuran bumbu rempah rempah tersebut membuat gudeg terasa manis dilidah dan memiliki rasa yang khas dan enak. Hal itu pula yang membuatnya sesuai dengan selera masyarakat Jawa pada umumnya. Karena bahannya gudeg sering digambarkan sebagai “nangka hijau rebus yang manis”.

Baca Juga : 23 Rekomendasi Oleh Oleh Khas Jogja Lengkap dengan Tempat dan Harganya

Gudeg yang mungkin selama ini sering kita beli dan makan langsung, ternyata bisa kita bawa pulang. Ada yang namanya gudeg kaleng. Gudeg kaleng ini merupakan salah satu oleh oleh khas jogja yang bisa dibawa pulang saat kamu berkunjung ke jogja. Gudeg kaleng ini sengaja dibuat untuk kamu wisatawan yang berkunjung ke jogja yang ingin menikmati gudeg bersama keluarga di rumah. Atau bagi kamu yang ingin nitip oleh oleh ke temen kamu yang sekarang lagi berwisata di jogja.

Tempat membeli Gudeg Kaleng Khas Jogja

Jogja merupakan surganya gudeg. Kamu bisa menemukan gudeg dimanapun kamu berada. Namun bagaimana dengan gudeg kaleng ?. Nah salah satu tempat yang bisa kamu kunjungi untuk mendapatkan gudeg kaleng adalah di Gudeg Yu Djum. Alamatnya di Jl. Wijilan No.167, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55131. Gudeg Yu Djum ini buka setiap hari mulai dari jam 6 pagi hingga jam 10 malam. Untuk ke sana kamu bisa Naik Trans Jogja Jalur 1A, 1B, 2A, 2B, berhenti di dekat Taman pintar. Berjalan ke arah Alun2 Utara sekitar 50m. Lalu belok kiri ke jalan Wijilan. Kurang lebih 100m nanti ketemu deh Gudeg Yu Djum dan gudeg2 lainnya.

Gudeg Yu Djum ini bisa bertahan hingga 24 jam. Jadi kamu tidak perlu takut dan khawatir akan basi jika dibawa pulang ke tempat asal kamu. Untuk rasa enak, tapi manis banget. Buat kamu yang gak suka manis, kamu bisa pake cabe rawit untuk menambah rasa pedasnya. Ayamnya juga enak, empuk bgt. Sayur nangka, telur bebek dan arehnya juara. Selain masakannya, tempatnya juga nyaman. Ada mushola juga dan toilet yg bersih. Ada wifi juga yah karena signal luar kota kan pastinya kurang bagus.

Selain Gudeg Yu Djum, kamu juga bisa mengunjungi Gudeg Bu Tjitro. Alamatnya ada di Jl. Janti No.330, Modalan, Banguntapan, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281. Nah, Gudeg Bu Tjitro ini buka dari jam 9 pagi hingga jam 6 sore.

Kelebihan Gudeg Kaleng

Beberapa diantara kamu mungkin ada yang langsung tertarik untuk membeli gudeg kaleng dan menjadikannya sebagai oleh oleh. Tapi kalau ada yang masih ragu untuk membeli gudeg kaleng, berikut aku share beberapa kelebihan gudeg kaleng.

  1. Praktis dan siap dinikmati kapan saja
  2. Bisa langsung dimakan atau dipanaskan dulu selama 5 menit
  3. Rasa sama dengan gudeg biasanya
  4. Tanpa MSG dan zat pengawet
  5. Tahan lama, bisa sampai 1 tahun
  6. Sangat cocok untuk santapan saat bepergian, oleh-oleh dan lauk sehari-hari

Nah itu tadi beberapa hal tentang Gudeg kaleng khas jogja yang wajib kamu tau. Gimana, tertarik untuk membelinya dan menjadikannya sebagai oleh oleh. Atau kamu masih ragu tentang rasa atau keawetannya ?. Kalau masih ragu ya coba pesan melalui online dulu siapa tau suka. Gudeg kaleng ini adalah salah satu inovasi karya anak bangsa yang keren. Kalau kamu ingin mengetahui informasi tentang inovasi karya anak bangsa lainnya, kamu bisa terus kunjungi https://blog.mariberkarya.com. Atau kamu juga bisa Subscribe Youtube Channel Mariberkarya.

Baca Juga :
5 Wisata Kampung Batik Indonesia yang Wajib Dikunjungi
7 Kerajinan Tangan Khas Jawa Tengah
Dusun Bambu Tempat Wisata Unik bertema Bambu

Kami Percaya bahwa Orang Indonesia Memiliki Kreativitas untuk Membuat Karya yang Berkualitas.
Tetap Belajar, Terus Berkarya dan Selalu Bersinergi.
Mariberkarya, Ini Karya Kita.

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas