Foto Produk yang Bagus untuk Online Shop

Foto Produk yg Bagus Untuk Online Shop

Foto Produk yang Bagus untuk Online Shop – Banyak yang berkata bahwa berjualan produk secara online itu mudah. Tidak membutuhkan biaya dan waktu yang lama karena mereka tidak perlu membuat toko, tidak perlu merekrut karyawan untuk menjaga toko dan sebagainya. Hal itu memang salah satu dari keuntungan dari menjual produk secara online. Berjualan online juga perlu memperhatikan beberapa hal, salah satunya adalah foto produk yang bagus. Customer tidak bisa melihat produk kita secara langsung secara online. Foto produk merupakan salah satu cara untuk menyampaikan ke customer tentang barang yang akan kita jual. Hal yang pertama kali dilihat oleh customer saat mencari produk secara online adalah foto. Sebagai penjual online, kita harus memperhatikan foto produk kita.

Foto Produk yang Bagus dan Tidak Bagus

Foto produk merupakan salah satu faktor penentu customer untuk membeli produk kita atau tidak. Dalam membuat foto produk yang bagus, tidak hanya tergantung dari seberapa bagus produknya. Meskipun produk kita bagus, belum tentu customer mengetahui produk tersebut jika hasil foto kita tidak bagus. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat foto produk yang bagus :

  1. Backgorund

Hal yang pertama yang perlu diperhatikan untuk membuat foto produk yang bagus adalah background. Sebagian dari penjual online menggunakan berbagai macam background untuk foto produk mereka seperti hutan, pemandangan atau mungkin hanya lokasi di sekitarnya. Background foto juga mempengaruhi kualitas foto tersebut. Background yang bermacam-macam seperti pemandangan atau gambaran lokasi tertentu memang bagus jika digunakan untuk sebuah foto. Namun untuk foto produk yang kita jual secara online, akan lebih baik jika background yang kita pakai adalah background flat dengan satu warna.

Foto Produk yang Bagus Untuk Online Shop Background bermacam-macam

Foto Produk dengan background macam-macam

Foto Produk yang Bagus Untuk Online Shop Background Putih

Foto Produk dengan background putih

Salah satu tujuan digunakannya background flat dengan satu warna yaitu agar orang fokus ke produk kita, bukan kepada backgroundnya. Pemilihan warna yang digunakan untuk background juga menentukan bagus tidaknya foto produknya. Warna yang bagus yang bisa dijadikan background merupakan warna yang kontras dengan warna utama produk kita. Untuk terlihat lebih mewah dan lebih elegan, warna yang disarankan adalah warna putih.

  1. Blur

Salah satu hal yang bisa membuat foto produk terlihat bagus adalah produk yang terlihat jelas atau tidak blur. Foto yang blur membuat detail dari produk kita tidak terlihat. Jika produk kita memiliki fungsi atau fitur tertentu, hal itu tidak akan terlihat jika foto kita blur. Berikut contoh foto yang blur dan tidak blur :

Foto Produk yang Bagus Untuk Online Shop BlurFoto Produk yang Bagus Untuk Online Shop Tidak Blur

Saat kita melakukan pemotretan produk kita, jangan sampai foto yang kita ambil terlihat blur atau tidak fokus. Biasanya foto yang blur disebabkan oleh kualitas kamera yang kita pakai kurang bagus namun itu tidak sepenuhnya benar. Cara kita mengambil gambar juga menentukan hasil foto produk kita. Kita bisa membuat foto yang bagus dan tidak blur dengan kamera apapun baik itu kamera DSLR, kamera poket atau HP sekalipun dengan mempelajari teknik pemotretan foto produk.

  1. Tampak Sebagian

Foto produk yang bagus adalah foto yang memperlihatkan seluruh bagian dari produk. Setiap bagian dari produk yang kita jual harus ada dalam satu frame foto. Jangan sampai ada bagian dari produk kita yang terpotong atau tidak nampak di foto. Jika kita menjual produk yang sepasang atau satu paket, maka foto yang kita tampilkan juga semua produk dalam satu paket tersebut. Contohnya jika kita menjual batik sepasang yang terdiri dari atasan dan bawahan, maka foto yang kita tampilkan jangan hanya foto batik atasnya saja tapi juga foto batik atasan dan bawahannya. Berikut contoh fotonya :

Foto Produk yang Bagus Untuk Online Shop Tampak Sebagian Foto Produk yang Bagus Untuk Online Shop Tampak Semua

  1. Tampak Samping

Angel foto merupakan salah satu faktor penting yang menentukan bagaimana kita memperlihatkan produk dalam sebuah foto. Angel foto produk yang bagus menentukan persepsi orang tentang produk kita. Kesalahan dalam pengambilan angel foto bisa berakibat pemahaman orang tentang produk yang kita jual juga salah. Jika kita mengambil angel dari samping, orang tidak bisa melihat dengan jelas bentuk dari produk kita karena foto produk kita memperlihatkan hanya bagian samping saja (tampak samping). Untuk menghasilkan foto produk yang bagus, kita bisa ambil angel dari depan (tampak depan) dan usahakan keseluruhan detail dari produk kita kelihatan. Foto yang tampak depan bisa memperlihatkan dengan jelas produk kita, meskipun tidak semua produk seperti itu. Berikut contoh foto produk yang tampak samping dan depan :

Foto Produk yang Bagus Untuk Online Shop Tampak SampingFoto Produk yang Bagus Untuk Online Shop Tampak Depan

  1. Pencahayaan

Hal terakhir yang sangat penting dan perlu diperhatikan bagi penjual online adalah pencahayaan. Pencahayaan bukan berarti menyinari produk kita dengan banyak cahaya. Pencahayaan yang dimaksud adalah seberapa besar cahaya yang harus kita berikan ke produk kita saat kita melakukan foto produk.

Pencahayaan menjadi penting untuk membuat foto produk yang bagus karena cukup banyak customer yang komplain ke penjual online akibat masalah pencahayaan. Customer kecewa dan memberikan komplain ke penjual online karena produk yang mereka terima tidak sesuai dengan foto yang ada di online. Mulai dari warna, bentuk dan sebagainya. Intensitas cahaya yang terlalu terang membuat ada beberapa bagian dari produk kita yang tidak kelihatan karena tertutup cahaya. Warna yang dihasilkan juga akan sedikit lebih terang jika dibandingkan dengan warna aslinya. Begitu pula jika intensitas cahaya di foto kita terlalu gelap akan ada bagian dari produk kita yang tidak terlihat. Warna juga akan menjadi lebih gelap dibanding warna aslinya. Tidak hanya intensitas cahaya, angel cahaya pun perlu diperhatikan. Berapa sumber cahaya yang kita gunakan dan diletakkan di mana saja sumber cahaya tersebut.

Disarankan untuk membandingkan dengan produk aslinya setelah melakukan pemotretan foto produk untuk menghindari kesalahan penacahayaan.

 

Nah itu tadi beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membuat foto produk yang bagus. Semoga dengan foto produk yang bagus bisa menambah keyakinan orang untuk membeli produk kita dan meningkatkan jumlah penjualan kita di online shop. Selamat Mencoba.

 

Lihat Videonya di https://www.youtube.com/watch?v=APoPB6Y1uxo.

Baca Juga : Batik Indonesia

Kami Percaya bahwa Orang Indonesia Memiliki Kreativitas untuk Membuat Karya yang Berkualitas.

Tetap Belajar, Terus Berkarya dan Selalu Bersinergi.

Mariberkarya, Ini Karya Kita.

Berbagi itu Indah

Related posts

Leave a Comment