Cibaduyut Bandung [Pusat Produksi Sepatu]

Cibaduyut Bandung [Pusat Produksi Sepatu] - Thumbnail

Cibaduyut Bandung merupakan salah satu tempat yang terkenal di bandung. Apakah kamu pernah mengunjugnginya ?. Yup, cibaduyut merupakan salah satu tempat yang sangat terkenal sebagai tempat produksi sepatu yang ada di Bandung. Mereka menjual sepatu sepatu yang diproduksi oleh para pengrajin lokal. Kalau kamu pergi atau berlibur ke bandung, jangan lupa untuk ke cibaduyut. Sayang banget kalau kamu ketinggalan aneka sepatu keren yang diproduksi oleh pengrajin-pengrajin lokal di sana.

Pusat produksi kerajinan sepatu Cibaduyut menjadi daya tarik utama bagi wisatawan yang berkunjung ke Bandung Selatan hingga saat ini. Banyak wisata seperti wisata Factory Outlet yang semakin menjadi pusat dari tempat wisata di sana. Pada musim liburan biasanya tempat wisata ini akan ramai dikunjungi wisatawan. Tidak hanya dari dalam kota tapi juga luar kota. Bahkan ada beberapa wisatawan yang dari luar negeri. Cibaduyut Bandung sudah di kenal oleh seluruh dunia. Produk hasil kerajinan tangan dari sana sudah diekspor hingga ke-27 negara yang ada di dunia. Ekspor produk kerajinan dari cibaduyut memiliki pasar utama yaitu Amerika Serikat dengan persentase sebesar 46%.

Cibaduyut Bandung dan Sejarahnya

Daerah Cibaduyut terutama di pasarnya biasanya ramai dikunjungi wisatawan. Di sana banyak menjual berbagai macam kerajinan tangan yang cocok untuk dijadikan souvenir. Baik untuk dikoleksi sendiri ataupun dijadikan oleh oleh buat keluarga di rumah. Tempat ini memiliki sejarah yang menarik untuk kita pelajari. Apa kamu tau sejarah tentang Pasar Cibaduyut ?.

Sebelum menjadi terkenal seperti saat ini, Pasar Cibaduyut memiliki sejarah yang unik. Pada tahun 1920-an, masyarakat sekitar sebagian besar adalah pekerja yang bekerja di sebuah pabrik sepatu. Namun pada suatu saat, banyak pekerja yang berhenti bekera di pabrik sepatu tersebut. Karena tidak adanya pekerjaan dan kondisi ekonomi yang mendesak mereka akhirnya memutuskan untuk berwirausaha. Sebagian besar dari mereka mulai merintis usaha sepatu. Itu tidak terlalu sulit karena mereka memiliki kemampuan untuk memproduksi sepatu yang dipelajarinya dari pabrik itu.


Keahlian dan keterampilan mereka dalam membuat sepatu menjadikan produk karya mereka bagus. Banyak orang yang memesan sepatu dari mereka. Dari sinilah banyak orang yang akhirnya juga ikut menjadi pekerja dalam usaha sepatu. Saking banyaknya pengrajin sepatu hingga kemampuan pengusaha dan pengrajin sepatu di cibaduyut meningkat. Melihat itu semua, pemerintah menjadikan Cibaduyut sebagai salah satu objek wisata pada tahun 1989. Berkat hal itu perlahan tapi pasti pasar cibaduyut ini dikenal sebagai produsen kerajinan sepatu yang mendunia. Lalu produk apa saja yang dijual di pasar cibaduyut sekarang ?.

Produk yang Dijual di Cibaduyut

Produk utama yang dijual di pasar cibaduyut ini tentu saja sepatunya. Kamu tidka perlu takut untuk membeli sepatu di sini. Meskipun sepatu ini dibuat oleh orang lokal, namun kualitas sepatunya sudah berstandar internasional. Para pengrajin yang memproduksi sepatu memiliki kemampuan dan pengalaman yang banyak. Selain sepatu kamu juga bisa membeli berbagai macam produk kerajinan tangan lainnya. Produk lain yang biasanya dibeli oleh wisatawan adalah tas, dompet dan beberapa produk aksesoris lainnya. Sebagian besar produk di pasar ini dibuat dari bahan kulit domba dan sapi. Namun ada juga produk yang dibuat dari kulit ular dan buaya.

Banyak toko di sini juga menawrkan produk custom. Jadi kalau kamu ingin membeli produk dan tidak menemukan ukuran yang pas, kamu tidak perlu khawatir. Beberapa toko bisa membuatnya dan memenuhi pesanan kamu. Uniknya, kamu juga bisa request model sesuai keinginan kamu. Harga yang ditawarkan bervariasi tergantung dari jenis, bahan, kualitas dan modelnya. Banyak pilihan harga yang ditawarkan di pasar ini. Jadi kalau masalah harga kamu tidka perlu khawatir terutama bagi anak kos nih. Kalau produk sepatu, ada beberapa sepatu yang memiliki kualitas baik dengan harga mulai Rp. 100 ribu saja. Jadi sudah tidak ada alasan lagi kamu buat mengunjunginya. Kalau begitu kamu harus tau lokasi pasar cibaduyut dan bagaimana cara ke sana.

Lokasi Pasar Cibaduyut

Kalau lokasi kamu berada di pusat kota bandung / alun alun, kamu tinggal lurus saja ke arah selatan. Kalau kamu berasal dari luar kota, kamu bisa keluar dari Tol Kopo. Kemudian kamu bisa berbelok ke kiri menuju jalan bypass. Setelah itu kamu ambil arah kanan kemudian lurus. Ketika tiba di perempatan lampu merah yang terlihat tugu sepatu, kamu belok kanan dan sudah masuk wilayah Cibaduyut Bandung. Alamat lengkap pusat sepatu cibaduyut ada di Jl. Cibaduyut Raya No.7, Kb. Lega, Kec. Bojongloa Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40235. Kamu bisa melihat alamat lengkapnya di google maps melalui link berikut : https://goo.gl/maps/qea79sTmbqiogHL96


Itulah tadi beberapa informasi tentang Cibaduyut Bandung yang menjadi pusat utama produksi sepatu. Kalau kamu cinta dengan Indonesia pastinya kamu akan membeli produk produk lokal. Salah satunya adalah beberapa produk kerajinan tangan karya pengrajin lokal yang dibuat di Cibaduyut Bandung ini.

Baca Juga : Sentra Kerajinan Kulit Tanggulangin

Nah itu tadi beberapa informasi tentang pusat produksi sepatu cibaduyut bandung. Semoga kedepannya akan semakin banyak lagi pusat kerajinan Indonesia yang bisa mendunia.

Untuk mengetahui produk-produk kerajinan tangan lainnya klik link : Mariberkarya.
Kami Percaya bahwa Orang Indonesia Memiliki Kreativitas untuk Membuat Karya yang Berkualitas.
Tetap Belajar, Terus Berkarya dan Selalu Bersinergi.
Mariberkarya, Ini Karya Kita.


Follow Instagram Kami :
@mariberkaryaid   @karyaguebanget   @msaifulumam

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas