Bisnis Kerajinan Modal 1 Jutaan Bisa ke Amerika

Bisnis Kerajinan Modal 1 Jutaan memang terdengar terlalu mahal. Karena banyak orang yang masih berpikir kalau kerajinan itu hanya membutuhkan modal sedikit. Namun berbeda kalau bisnis. Pada umumnya bisnis membutuhkan modal besar untuk memulainya. Sangat sedikit sekali bisnis yang dimulai dengan modal di bawah satu juta rupiah selain bisnis online, hehe. Tapi bukan tidak mungkin kamu bisa membua bisnis kerajinan dengan modal hanya 1 jutaan. Apalagi bisa menembus pasar Internasional.

Bisnis Kerajinan Modal 1 Jutaan Bisa ke Amerika

Peluang bisnis memang datang dari manapun tanpa kita duga sebelumnya. Sayangnya hanya sedikit yang memanfaatkannya menjadi bisnis yang menjanjikan. Bahkan barang barang bekas yang ada di sekitar kita bisa menjadi bisnis yang sukses kedepannya. Hanya saja kita mau memanfaatkannya dan rajin dalam membangunnya atau tidak. Hal inilah yang menjadi pola pikir Abun Benyamin seorang pengrajin asal Tasikmalaya. Tasikmalaya memang salah satu daerah di Jawa Barat yang memiliki warga yagn kreatif. Banyak usaha atau industri yang memproduksi produk-produk hasil kerajinan tangan di sana. Ada banyak usaha yang memproduksi kulit seperti tas, sepatu, jaket, dll. beberapa industri kecil juga memproduksi aneka kerajinan anyaman dan mendong.

Abun adalah salah satu dari pengrajin dari Tasikmalaya yang menekuni usaha kerajinan mendong. Ia merupakan lulusan Fakultas Ekonomi, Univeristas Siliwangi dengan bidang studi Pembangunan. Usaha yang dia jalani sebenarnya adalah usaha keluarga yang dijalankan secara turun temurun. Abun telah diperkenalkan ke dunia bisnis oleh orang tuanya sejak usianya menginjak 20 tahun. Kemudian apda tahun 1996, Abun pun memutuskan untuk melanjutkan usaha kerajinan mendong orang tuanya. Dia memberikan nama Andong Jaya Perkasa sebagai nama bisnisnya. Dengan nama itu Abun mulai memberikan banyak perubahan dan trobosan baru untuk bisnisnya.

Baca Juga : 11 Ide Bisnis Barang Bekas yang Menguntungkan

Awal Mula Andong Jaya Perkasa

Pada awalnya usaha orang tuanya itu hanya berfokus pada produksi tikar. Namun Abun melihat bahwa usahanya tidak bisa berfokus hanya pada produksi tikar saja. Akhirnya dia pun memutuskan untuk mulai memproduksi produk lain seperti alas piring, taplak meja, keset, sarung bantal dan sebagainya. Selain itu dia juga memproduksi alas untuk atap rumah. Produk-produk kerajinan yang diproduksi oleh Andong Jaya Perkasa dibandrol dengan harga mulai dari Rp10 ribu hingga Rp500 ribu. Berikut adalah sedikit gambaran dari harga produk-produk kerajinan yang dijual :

Tas, dompet-dompet kecil atau souvenir, misalnya dijual dengan harga mulai dari Rp10 ribu.
Sandal anyaman dari mendong dilego per pasang mulai dari Rp15 ribu hingga puluhan ribu.
Produk dengan ukuran yang lebih besar, seperti tikar, tempat cucian atau cermin dipasarkan dengan kisaran Rp150 ribu – Rp500 ribu.
*) Harga diatas bisa berubah sewaktu-waktu ya.. hehehe

Bahan Baku Mendong Mudah Didapatkan

Mendong (fimbristylis globulosa) merupakan tanaman rumput yang hidup di tanah basah seperti rawa. Mendong ini biasanya dijadikan bahan utama untuk membuat suatu kerajinan anyaman. Oleh karena itu tanaman ini di budidayakan di beberapa daerah. Di Jawa Barat sendiri tanaman mendong sudah digunakan sejak 50 tahun yang lalu. Budidaya mendong sendiri hanya memiliki waktu sedikit sebelum dipanen. Waktu yang dibutuhkan sebelum dipanen antara 3-6 bulan. Sehingga bahan baku mendong ini mudah untuk didapatkan. Tanaman mendong ini juga bisa dikombinasikan dengan tanaman lain seperti eceng gondok, pandan, lidi dan sebagainya.

Kesuksesan Bisnis Andong Jaya Perkasa

Sejak Abun melanjutkan usaha orang tuanya, ia mulai memproduksi beberapa varian produk. Hasilnya beberapa aneka produk kerajinan yang dia buat disukai oleh masyarakat. Sejak saat itu dia melebarkan pasarnya di beberapa kota seperti Jakarta, Cirebon, Yogyakarta, Bali, dan berbagai kota lain. Tidak hanya di Indonesia, produknya juga mulai merambah pasar Internasional. Beberapa negara seperti Amerika Serikat, Spanyol, Jepang, Tiongkok, Singapura, dan lainnya tertarik untuk membeli produk kerajinan dari Andong Jaya Perkasa. Ketekunannya bisa menakhlukkan pasar luar negeri dan membuat usahanya semakin berkembang. Tahun 2010 hingga 2012, 70 penjualan produk kerajinan anyaman yang diproduksinya berasal dari luar negeri.

Kesuksesan yang diraihnya tidak terlepas dari kerja keras dan kreativitasnya. Kini usahanya bisa menghasilkan omset hingga Rp. 200 Juta per bulannya. Padahal, modal awal yang ia keluarkan hanya sebesar Rp1,5 juta untuk bahan membuat tas dan dompet pesanan pelanggan pertamanya dari Yogyakarta.

Inovasi dan Kreatifitas

Abun mengungkapkan bahwa setiap bisnis atau usaha harus bisa beradaptasi. Persaingan bisnis semakin ketat setiap waktu. Jika kita hanya berdiam diri dan tidak ada inovasi, maka kita akan kalah dalam persaingan. Terutama dalam industri kreatif seperti kerajinan tangan. Harus ada model, motif dan bentuk baru agar pelanggan bisa tertarik dan membeli produk kita lagi. Selain itu kualitas dan kemampuan produksi juga harus ditingkatkan untuk membuat pelanggan semakin loyal dengan bisnis kita.

Itulah tadi sedikit cerita tentang Andong Jaya Perkasa salah satu Bisnis Kerajinan Modal 1 Jutaan yang Bisa ke Amerika. Ada banyak sekali bisnis modal 1 jutaan yang juga bisa menembus pasar Internasional. Kalau kamu ingin memulai bisnis, kamu bisa memulainya dengan membuat bekal. Dapatkan Bekal Bikin Bisnis GRATIS di sini : BEKAL BIKIN BISNIS

Baca Juga :
Wirausaha Kerajinan Bahan Limbah + Contohnya
Kisah Sukses Sally Giovanny Owner Batik Trusmi
Usaha Kerajinan Kayu Indonesia yang Unik, Izemu

Kami Percaya bahwa Orang Indonesia Memiliki Kreativitas untuk Membuat Karya yang Berkualitas.
Tetap Belajar, Terus Berkarya dan Selalu Bersinergi.
Mariberkarya, Ini Karya Kita.

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas