Bank Sampah (Ayo Nabung Sampah)

Bank Sampah - Ayo Nabung Sampah

Bank Sampah – Sampah memang menjadi masalah jika tidak dikelolah dengan baik. Selain merusak lingkungan, sampah juga bisa menjadi sarang kuman dan bakteri. Bau yang menyengat hingga berbagai macam penyakit bisa menyerang kita jika disekitar kita banyak sampah. Bencana alam seperti banjir juga bisa terjadi setiap saat akibat penumpukan sampah di berbagai tempat saluran air. Ada banyak sampah terkumpul setiap hari yang jumlahnya tidak sedikit. Kita tidak bisa memaksa orang untuk tidak menghasilkan sampah yang terus bertambah dari waktu ke waktu namun kita bisa mengelola sampah tersebut.

Pengelolaan sampah yang baik bisa mengurangi jumlah penumpukan sampah di berkagai tempat. Sampah yang dikelola dengan baik bisa di daur ulang menjadi berbagai macam kerajinan tangan yang memiliki nilai jual yang tinggi. Sebelum bisa dibuat menjadi kerajinan tangan, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengumpulkan dan memilah sampah-sampah tersebut. Jika sampah tersebut masih bagus maka bisa digunakan untuk bahan daur ulang menjadi kerajinan tangan atau hal lainnya.

Di era yang serba instan seperti sekarang, banyak orang yang terkadang malas untuk mengumpulkan atau memilah sampah. Jangankan mendaur ulang, berurusan dengan sampah saja mereka tidak mau. Mereka berfikiran sampah hanya akan jadi masalah dan tidak memberikan keuntungan apa-apa bagi mereka. Namun sekarang sudah ada yang namanya bank sampah. Bank Sampah merupakan bank yang mengumpulkan sampah yang sudah dikelola.

Bank Sampah

Bank Sampah

Apa itu Bank Sampah ?

Menurut wikipedia Bank sampah adalah suatu tempat yang digunakan untuk mengumpulkan sampah yang sudah dipilah-pilah. Konsep bank sampah sama dengan bank pada umumnya. Perbedaannya adalah cara untuk menambah saldo yaitu dengan menyerahkan sampah yang sudah dipilah dan layak untuk didaur ulang. Setelah kita menyerahkan sampah maka kita akan mendapatkan buku tabungan dan saldo kita akan bertambah sesuai dengan jumlah sampah yang kita serahkan. Cara seperti ini secara tidak langsung menyadarkan kita bahwa sampah itu berharga. Kita juga diajari untuk memperindah lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Jika kita membuang sampah sembarangan, sampah tersebut hanya akan membuat masalah. Namun jika kita memilah dan memberikannya kepada bank sampah, kita bisa mendapatkan uang sekaligus mengurangi jumlah sampah di lingkungan kita.

Sampah yang telah diterima oleh bank sampah akan diberikan ke tempat daur ulang sampah, ke pengrajin kerajinan tangan dari sampah, atau ke tempat pengepul sampah. Sampah-sampah tersebut akan di daur ulang hingga menjadi sebuah kerajinan tangan yang kemudian bisa dijual. Dibutuhkan kreatifitas dan keterampilan untuk mengubah sampah-sampah menjadi kerajinan tangan yang siap jual. Setelah menjadi produk kerajinan tangan hal mereka kemudian memasarkannya ke berbagai tempat. Ada juga mereka yang memanfaatkan media online untuk memasarkan produk kerajinan tangan mereka seperti sosial media, marketplace atau mall online seperti Mariberkarya.

Manfaat Bank Sampah

Keberadaan Bank Sampah memberikan banyak manfaat bagi semua orang dan lingkungan sekitarnya. Setiap orang yang menabung di bank sampah bisa memiliki uang lebih di tabungannya dengan bermodalkan sampah. Mereka bisa menggunakan tabungannya kapan saja mereka mau. Hal ini juga bisa menimbulkan kecintaan seseorang untuk menabunga. Selain menabung, mereka juga diajarkan untuk mencintai lingkungan mereka dengan tidak membuang sampah sembarangan. Tidak hanya nasabah atau orang yang menyerahkan sampah saja yang mendapat manfaatnya, tapi semua orang dilingkungannya juga mendapatkan manfaat. Jumlah sampah yang ada di lingkungan sekitarnya menjadi berkurang. Hal itu membuat lingkungan tempat mereka tinggal menjadi bersih, nyaman dan indah. Dari sisi pengrajin juga mendapatkan keuntungan dari bank sampah karena kereka sudah disediakan bahan untuk membuat karya kerajinan tangan. Pengrajin tidak perlu lagi mencari dan mengolah sampah untuk dijadikan kerejinan tangan. Mereka bisa mendapatkannya di bank sampah.

Semoga dengan adanya bank sampah bisa mengurangi jumlah sampah dan membuat lingkungan kita menjadi lingkungan yang bersih, nyaman dan indah.

 

Baca Juga : Kerajinan Daur Ulang : Sapu dari Botol Plastik Bekas

Video Sentra Daur Ulang Sampah : Sampah Jadi Berkah

 

Kami Percaya bahwa Orang Indonesia Memiliki Kreativitas untuk Membuat Karya yang Berkualitas.

Tetap Belajar, Terus Berkarya dan Selalu Bersinergi.

Mariberkarya, Ini Karya Kita.

Berbagi itu Indah

Related posts

Leave a Comment