Arti dari Kerajinan Handmade (Buatan Tangan)

Arti dari Kerajinan Handmade, Kerajinan buatan tangan
Arti dari Kerajinan Handmade, Kerajinan buatan tangan

Kerajinan Handmade – Handmade berasal dari kata “hand” yang berarti tangan dan “made” yang berarti membuat. Handmade bisa diartikan dengan membuat dengan tangan atau buatan tangan. Kerajinan handmade merupakan sebuah kerajinan tangan yang dibuat dengan menggunakan kreativitas dari tangan pengrajinnya. Berikut arti handmade dari beberapa kamus :

Kamus Bahasa Inggris Indonesia

Handmade : (sifat) buatan / karya tangan

Handicraft : (benda) pertukangan / kerajinan / ketrampilan tangan

Kamus Oxford

Handmade : (adjective)

Made by hand, not by machine, and typically therefore of superior quality

Dibuat dengan tangan, bukan dengan mesin dan biasanya memiliki kualitas unggulan

Handicraft : (noun)

1.Activity involving the making of decorative domestic or other objects by hand

2.Decorative domestic objects made by hand.

Kerajinan Handmade

Perkembangan zaman semakin maju dan semakin cepat. Teknologi berkembang sangat cepat dan merubah pola hidup manusia. Contohnya untuk mengirim pesan ke seseorang yang jauh kita harus menulis surat terlebih dahulu. Kemudian muncul SMS, kemudian chat, bahkan sekarang ada video call. Untuk mencari informasi dengan cepat kita bisa cari di search engine seperti google. Semua bisa dilakukan dengan mudah dan cepat atau instan. Hal ini yang kemudian membuat seseorang tidak lagi menghargai sebuah proses.

Untuk membuat sebuah produk, sebagian besar perusahaan menggunakan mesin untuk bagian produksinya agar lebih cepat. Mesin yang digunakan tersebut memiliki jumlah yang banyak dan harga yang sangat mahal. Hal itu sebanding dengan kecepatan produk yang dihasilkan. Namun tidak semua produk bisa di buat dengan mesin. Salah satunya adalah produk-produk kerajinan.

Kerajinan handmade biasanya memiliki harga yang cukup mahal. Hal itu karena proses yang untuk membuat/memproduksi handmade cukup lama. Seperti namanya, semua proses yang dilewati untuk membuat handmade selalu menggunakan tangan bukan mesin sehingga membutuhkan waktu yang lama mulai dari waktu persiapan bahan sampai waktu finishingnya. Biasanya pemilihan bahan baku untuk kerajinan handmade tersebut juga harus bahan-bahan pilihan yang bagus. Selain itu keahlian yang dimiliki oleh pengrajin juga bisa mempengaruhi hasilnya juga. Karya handmade yang dihasilkan oleh pengrajin yang ahli bisa mempengaruhi harga dari produk handmanya tersebut. Karena keahlian pengrajin ini akan menentukan kualitas karyanya. Seperti contoh untuk barang-barang yang dijahit bisa dilihat dari hasil jahitannya apakah halus, rapi, rapat, bagus dan lain sebagainya.

Lihat Juga : Kerajinan Tangan dari Flanel

Itu tadi beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang handmade.

Untuk mengetahui contoh kerajinan handmade klik link : Mariberkarya.

Kami Percaya bahwa Orang Indonesia Memiliki Kreativitas untuk Membuat Karya yang Berkualitas.

Tetap Belajar, Terus Berkarya dan Selalu Bersinergi.

Mariberkarya, Ini Karya Kita

Berbagi Itu Indah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas