Aneka benang rajut

Aneka Benang Rajut
Aneka Benang Rajut

Aneka benang rajut – Benang merupakan salah satu komponen paling penting dalam membuat kerajinan rajut. Benang adalah bahan dasar yang akan digunakan untuk membentuk suatu produk. Ukuran benang yang digunakan menyesuaikan dengan hakken (jarum rajut).

Aneka Benang Rajut

1. Benang Katun

Aneka Benang Rajut 1.Katun2

Benang Katun adalah benang rajut yang terbuat dari serat alami (kapas). Benang katun memiliki ciri khas dingin, ringan dan memiliki banyak variasi warna. Benang ini adalah benang yang biasa digunakan oleh pemula yang baru pertama kali belajar merajut. Benang katun bisa digunakan untuk membuat berbagai macam pernik sulam seperti tas, dompet, taplak meja, dan lain-lain. Berat rata-rata 45 gr.

2. Benang Minlon dan Kinlon

Aneka Benang Rajut 2.Minlon

Benang Minlon adalah benang rajut yang sejenis dengan benang Kinlon. Kedua benang ini memiliki sifat ringan, lembut dan mengembang. Benang ini cocok digunakan sebagai bahan untuk membuat syal, amigurami dan baju. Syal yang dihasilkan dari benang ini akan terasa hangat jika mengenai tubuh. Berat rata-rata 45 gr, harganya sekitar Rp. 12.500,-

3. Benang nilon

Aneka Benang Rajut 3.Nilon

Benang nilon tidak luntur, tidak sama dengan benang polyester. Benang nilon memiliki tekstur yang keras serta mengkilap, lebih kuat jika dibandingkan dengan benang polyester. Benang nilon memiliki tekstur yang keras atau kaku. Benang nilon cocok jika digunakan untuk membuat tas rajutan, sepatu, cover, bross, dompet. Benang nilon memiliki berat -/+ 300 gr.

4. Benang polyester

Aneka Benang Rajut 4. Polyester


Iklan Lewat

Benang rajut ini terbuat dari bahan 100% serat polyester. Benang polyester memiliki karakteristik yang kuat, elastis, tidak mudah kusut dan tidak mudah luntur. Namun, benang ini memiliki daya serap yang rendah terhadap kelembaban (tidak menyerap keringat). Sehingga benang ini kurang nyaman jika digunakan untuk bahan pakaian. Benang polyester lebih cocok jika digunakan sebagai bahan rajutan tas, dompet, taplak, bros. Benang ini bisa digunakan untuk jarum rajut hakken dengan ukuran 2.0 “ 2.5 mm/ JP 2/0 “ 3/0. Benang ini biasanya dijual dengan berat per gulungnya 100 gram dengan panjang +/- 255 meter.

5. Benang Ryon Splash Sembur

Kerajinan Rajut Benang-Akrilik-Besar

Benang Benang Ryon Splash Sembur memiliki tekstur benang lembut, kokoh, cocok digunakan untuk merajut apa saja. Cocok untuk dibuat syal, baju dewasa dan baby.

6. Benang Wol

Aneka Benang Rajut 6. Wol

Bentuk benang wol lebih tebal dan lebih besar daripada benang jahit. Benang wol tidak dapat digunakan untuk menjahit karena benangnya tidak kuat. Benang wol hanya untuk bisa digunakan untuk merajut menjadi baju hangat (sweater), selimut, karpet, dan lain sebagainya. Wol berbeda dengan serat lain karena struktur kimianya yang mempengaruhi tekstur, elastisitas, dan formasi kerutannya. Wol merupakan serat protein, yang terdiri dari lebih dari 20 asam amino. Asam amino ini membentuk polimer protein. Wol juga mengandung sebagian kecil lemak, kalsium dan sodium.

7. Benang Acrylic linen

Aneka Benang Rajut 7. Benang Acrylic linen

Benang acrylic linen atau sering disebut benang pita memiliki tekstur yang halus, tidak berbulu, berbentuk pipih. Benang ini cocok jika digunakan untuk pembuatan syal, slipper, dan baju rajut. Cocok juga untuk rajutan dengan teknik salomon dan menggunakan Loom.

8. Benang bulky

Aneka Benang Rajut 8. Bulky


Iklan Lewat

Benang Bulky merupakan benang akrilik tebal dengan kombinasi / gradasi warna, kombinasi tekstur bahan, dan kombinasi ketebalan. Terbuat dari bahan akrilik, seperti kapas, teksturnya lembut dan agak berbulu. Benang ini cocok dijadikan bahan untuk membuat topi, syal, scraf dan tas.

9. Benang smock

Aneka Benang Rajut 9. Smock

Benangnya mengkilat, bisa digunakan sebagai tepi jilbab/kerudung dan aksesoris. Benang yang sangat berkualitas. Jika anda ingin menggunakan teknik tatting, kami sarankan untuk memakai benang smock.

 

Untuk mempelajari tentang teknik dasar kerajinan rajut, klikk link : Teknik Dasar Merajut

Untuk mengetahui contoh kerajinan tangan lainnya klik link : Mariberkarya.

 

Kami Percaya bahwa Orang Indonesia Memiliki Kreativitas untuk Membuat Karya yang Berkualitas.


Iklan Lewat

Tetap Belajar, Terus Berkarya dan Selalu Bersinergi.

Mariberkarya, Ini Karya Kita

Iklan Lewat

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas