Action Figure Capres Joko Widodo dan Prabowo Subianto

Action Figure Capres Joko Widodo dan Prabowo Subianto Thumbnail

Mendekati pemilu 2019 banyak masyarakat yang membuat karya karya unik. Mulai dari kreasi tulisan dan gambar atau foto caleg, hingga karya karya unik tentang pasangan calon presiden dan wakil presiden. Salah satunya Iwan Awiryawan seorang warga Jajar RT 02 RW 06, Laweyan, Solo. Iwan membuat sebuah kerajinan tangan action figure capres yang menyerupai para calon presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto. Karya yang dibuatnya itu ternyata banyak menarik perhatian warga lain. Tidak hanya warga solo, iwan bahkan mendapat pesanan dari luar kota seperti Surabaya, Tangerang dan Jakarta. Harga untuk sebuah action figure tersebut bisa mencapai hingga 10 juta rupiah. Meskipun begitu, masih tetap ada saja pendukung pasangan calon presiden yang membeli darinya.

Action Figure Capres Buatan Iwan Awiryawan

Action Figure Capres Joko Widodo dan Prabowo Subianto - Action Figure Buatan Iwan Awiryawan

Tidak ada yang tidak bisa asalkan kita mau belajar dan berusaha. Itulah yang selalu dipegang Iwan dalam membuat action figure. Pada awalnya dia melihat di banyak toko mainan yang menjual action figure. Namun sebagian besar action figure yang dilihatnya adalah buatan dari luar negeri. Selain itu harga untuk setiap action figure juga lumayan mahal. Dari situ dia berkeinginan untuk membuat sendiri action figurnya. Dia belajar secara otodidak alias belajar sendiri, tanpa mengikuti les atau kursus. Untuk memahami dasar dasarnya, ia dibantu oleh temannya yang juga pembuat action figure. Belajar action figure bagi Iwan seperti mencoba cara yang baru dalam berkarya. Keahliannya dalam melukis sebelumnya membuatnya tidak terlalu sulit dalam belajar action figure. Selama 1 bulan, akhirnya Iwan bisa menyelesaikan action figure pertamanya yaitu Batman.

Action Figure yang Berkonsep

Action Figure Capres Joko Widodo dan Prabowo Subianto - Action Figure yang Berkonsep

Untuk sekarang Iwan lebih banyak menerima pesanan action figure yang bertema tokoh tokoh pejabat dalam negeri. Biasanya action figure buatannya digunakan sebagai kenang kenangan bagi pejabat yang akan pindah tugas. Ada juga pesanan dari kalangan militer seperti Angkatan Laut, Angkatan Darat dan Angkatan Udara. Pada momen menjelang pemilihan presiden ini, Iwan membuat action figure capres dengan karakter kedua calon presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto. Sebenarnya pada pilpres 5 tahun yang lalu, Iwan juga pernah membuat action figure capres. Tapi action figure itu tidak dijual dan hanya untuk dia sendiri. Pada pilpres tahun ini, dia mulai menjualnya ke pasar. Dari situ banyak akhirnya yang tertarik dan antusias untuk melihat maupun memesan action figure capres darinya.

Iwan tidak hanya membuat action figure capres yang hanya mirip dengan calon presiden. Action figure buatannya juga memiliki konsep yang berbeda dengan action figure yang lainnya. Action figure yang dibuat Iwan ini memiliki konsep yang berbeda seperti mengenakan pakaian tradisional. Pakaian tradisional ini menggambarkan bahwa para calon presiden ini adalah orang Indonesia dan memiliki tanggung jawab untuk memperkenalkan ciri khas Indonesia. Pakaian tradisional inilah yang juga menandakan bahwa ini adalah karya asli orang Indonesia. Selain pakaian tradisional, keunikan lainnya adalah kepala dari action figure ini yang bisa bergerak mengeleng geleng. Ini membuat karakter dari action figure tersebut terkesan hidup. Selain itu, bergeraknya kepala itu diharapkan memberikan sedikit sensasi humor di tengah kampanye yang pansa panasan akhir akhir ini.

Pembuatan dan Pemasaran

Action Figure Capres Joko Widodo dan Prabowo Subianto - Pembuatan dan Pemasaran

Sama seperti teknik pembuatan action figure pada umumnya. Untuk action figure yang dibuat dalam jumlah banyak, pengrajin perlu membuat cetakan atau yang biasa dinamakan master. Caranya adalah membuat action figure pertama dengan menggunakan bahan clay. Clay dibentuk, kemudian diukir membentuk action figure yang diinginkan. Setelah itu digunakanlah silikon rubber yang akan menyesuaikan bentuk dari action figure yang ingin dibuat. Itulah nanti yang akan digunakan sebagai master untuk membuat action figure lainnya. Setelah master sudah jadi, inilah yang akan membantu proses pencetakan menggunakan resin dan pengeras. Setelah action figure selesai dicetak, langkah berikutnya adalah mewarnai dengan menggunakan cat akrilik.

Setelah action figure jadi, tahap selanjutnya yang tidak kalah penting adalah pemawaran. Di era teknologi seperti sekarang ini, pemasaran lewat jalur digital memang menjadi salah satu pilihan yang tepat. Salah satu media yang bisa digunakan adalah media sosial. Sebagian pengrajin memang ada yang melum memaksimalkan pemasaran dengan menggunakan jalur digital. Tapi Iwan telah beradaptasi dengan yang namanya teknologi digital, Hal itu terbukti dari cara pemasarannya yang menggunakan media sosial seperti Facebook dan Instagram. Kamu bisa cek produk produk Iwan di instagramnya @iwankraft. Harga yang dia tawarkan khusus untuk action figure calon presiden adalah 350 ribu hingga 1 juta rupiah.

Itu tadi adalah sedikit cerita dari Iwan Awiryawan, salah satu pengrajin action figure di Indonesia yang telah membuat trobosan dengan membuat action figure Calon Presiden. Masih banyak pengusaha kerajinan tangan asal Indonesia lainnya yang sukses bahkan hingga ke Dunia.

Baca Juga : Pengusaha Kerajinan Tangan Indonesia yang Sukses #1

Untuk mengetahui produk-produk kerajinan tangan lainnya klik link : Mariberkarya.
Kami Percaya bahwa Orang Indonesia Memiliki Kreativitas untuk Membuat Karya yang Berkualitas.
Tetap Belajar, Terus Berkarya dan Selalu Bersinergi.
Mariberkarya, Ini Karya Kita.

Iklan Lewat

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas