9 Ide Bisnis Kerajinan Tangan Di Rumah Aja

Ide Bisnis Kerajinan Tangan Di Rumah Aja - Thumbnail

Rumah adalah salah satu tempat yang bisa menciptakan karya karya baru. Jika dikembangkan dengan baik, karya tersebut bisa menjadi bisnis yang sangat menguntungkan. Tidak perlu keluar rumah dan biayanya pun sangat murah. Apa saja ide bisnis kerajinan tangan yang bisa kamu lakukan meskipun kamu di rumah aja ?. Berikut jawabannya.

Ide Bisnis Kerajinan Tangan saat Di Rumah Aja

Bisnis merupakan hal yang sulit, apalagi di masa masa sulit. Tidak semua bisnis bisa dijalankan jika memang kondisi tidak memungkinkan untuk dilakukan di luar. Namun ada beberapa ide bisnis kerajinan tangan yang bisa dilakukan di rumah aja.

1. Bisnis Masker dari Kain

9 Ide Bisnis Kerajinan Tangan Di Rumah Aja - Masker Kain

Dalam kondisi krisis seperti ini, masker memang sangat dibutuhkan hampir oleh setiap orang yang ada di dunia. Namun stok masker di pasaran sangat minim. Memang masker yang bagus dikhususkan untuk tenaga medis yang merawat para pasien. Karena itu sangat tidak pantas jika kita membeli dan menggunakan masker yang dikhususkan untuk tenaga medis di tengah krisis ini. Salah satu jalan yang bisa ditempuh adalah membuat masker sendiri. Tidak perlu membeli bahan yang terlalu banyak dan beragam. Kamu bisa menggunakan bahan yang kamu punya di rumah. Dengan adanya banyak waktu luang di rumah, kamu pasti bisa membuat banyak masker.

2. Bisnis Bros Hijab

9 Ide Bisnis Kerajinan Tangan Di Rumah Aja - Bros Hijab

Ide bisnis kerajinan tangan yang pertama yaitu bisnis bros hijab. Biasanya ide bisnis bros rajut ini cocok bagi cewek nih, baik dia yang masih gadis ataupun sudah menjadi ibu rumah tangga. Jika kamu punya kain perca atau kain sisa yang tidak terpakai, kamu bisa memanfaatkannya. Kain kain bekas ini bisa kamu manfaatkan untuk membuat sebuah kerajinan seperti bros hijab. Setelah jadi, kamu bisa menawarkan itu ke teman teman kamu dulu melalui online. Bisa lewat WA atau instagram. Setelah banyak yang tertarik, kamu bisa menjualnya ke market yang lebih luas lagi.


3. Bisnis Gantungan Kunci dari Kain Flanel

9 Ide Bisnis Kerajinan Tangan Di Rumah Aja - Gantungan Kunci dari Kain Flanel

Gantungan kunci dari kain flanel ini merupakan hal umum yang biasanya dilakukan pengrajin yang di rumah. Gantungan kunci yang biasanya ada di tempat tempat wisata, bisa juga dibuat dan dijual di rumah. Menggunakan bahan yang biasa dipakai pengrajin sehari hari salah satunya kain flanel. Kamu bisa membuat berbagai macam bentuk gantungan kunci yang menarik. Bisa membuat gantungan kunci berbentuk karakter kartun, karakter orang, bentuk hewan atau tempat dan sebagainya. Kamu bisa mengkreasikan sesuka hati kamu. Jika karya yang kamu hasilkan bagus, kamu bisa menjualnya secara online.

4. Bisnis Kaos Custom dengan Kain Flanel

9 Ide Bisnis Kerajinan Tangan Di Rumah Aja - Kaos dengan Kain Flanel

Masih dengan kain flanel, namun yang satu ini agak berbeda. Kalau kamu pernah mempunyai usaha sablon kaos dan semacamnya, kamu mungkin sudah berpikir tentang ide bisnis ini. Kamu bisa menjual kaos custom dengan menggunakan kain flanel. Maksudnya adalah kaos polos yang dihias dengan tempelan kain flanel dengan berbagai bentuk. Bentuk tersebut bisa sebuah gambar objek animasi. Bisa juga nama dari pemilik kaos. Kamu bisa kreasikan bentuk atau nama sesuai dengan kreativitas kamu.

Kalau memang kamu tidak bisa membeli kaos karena tidak bisa keluar, kamu bisa menggunakan kaos bekas kamu yang mungkin jarang kamu pakai. Kamu bisa membuat itu menjadi satu contoh produk dulu sebelum kamu menerima pesanan. Sebagai contoh dan juga bukti bahwa kamu bisa membuatnya. Terkadang orang juga butuh gambaran tentang produk yang kamu jual. Jika kamu sudah bisa membuat satu produk sebagai contoh, kamu harus mengonlinekan produk kamu. Kamu bisa menggunakan website sendiri, social media atau marketplace seperti https://www.mariberkarya.com sebagai tempat berjualan kamu.

5. Bisnis Kerajinan Tangan Decoupage

9 Ide Bisnis Kerajinan Tangan Di Rumah Aja - Kerajinan Tangan Decoupage

Ada yang tau arti dari Decoupage ?. Mungkin bagi yang tidak tau, aku akan jelaskan sedikit tentang decoupage. Kata Decoupage berasal dari bahasa Prancis (d├ęcouper) yang memiliki arti memotong. Sesuai dengan artinya Decoupage adalah kerajinan tangan yang menggunakan potongan-potongan bahan (biasanya kertas) yang ditempel pada objek dan membuat bentuk yang indah. Biasanya decoupage ini akan dilapisi dengan pernis atau pelitur untuk membuatnya lebih bagus. Hal itu juga membuat tampilan potongan-potongan kertas yang rata tampak dalam. Lapisan itu juga membuat seolah pola serta gambar dilukis pada objek tersebut.


Kalau kamu ingin membuat karya berupa decoupage, cukup mudah. Kamu hanya tinggal mempersiapkan bahan seperti kertas. Gunting kertas tersebut membentuk beberapa bentuk yang berpola. Buatlah beberapa bentuk dan ukuran. Setelah itu kamu bisa menempelkannya ke objek tertentu seperti toples, gelas, buku, dan sebagainya. Setelah itu kamu bisa tambahkan pernis atau pelitur untuk mempercantik karyamu. Jika karya yang kamu hasilkan bagus, kamu bisa memfotonya dan menjualnya secara online.

6. Bisnis Vas Bunga dari Botol Plastik Bekas

9 Ide Bisnis Kerajinan Tangan Di Rumah Aja - Vas Bunga dari Botol Plastik Bekas

Salah satu ide bisnis kerajinan tangan yang cocok dilakukan #dirumahaja adalah bisnis vas bunga dari botol plastik bekas. Vas bunga merupakan salah satu produk yang bagus untuk ditaruh di kamar atau ruangan kamu. Kalau kamu tidak punya vas bunga, namun tidak bisa keluar untuk membelinya, kamu juga bisa membuatnya sendiri. Tidak perlu menggunakan bahan yang bermacam0macam, cukup siapkan botol plastik bekas yang kamu punya. Selain bahannya yang tidak rumit dan murah, kamu juga bisa membuat vas bunga sesuai keinginanmu. Berbeda dengan yang kamu beli di toko yang hany model itu itu saja. Vas bunga dari botol plastik bekas ini, kamu bisa membuat bentuk dan gaya sesuai dengan keinginan kamu sendiri.

Caranya cukup mudah, Kamu tinggal menggunting bagian atas dari botol plastik bekas yang kamu punya. Namun untuk menghiasnya kamu bisa gunakan sisa potongan botol plastik yang tadi. Kamu bisa membuat tulisan, bentuk dan sebagainya. Untuk hasil yan glebih bagus kamu bisa memberikan warna dengan cat air jika kamu memilikinya. Jika kamu memiliki banyak botol bekas yang sudah tidak digunakan di rumah, kamu bisa bereksperimen dengna membuat berbagai macam bentuk vas bunga yang unik. Kalau kamu bisa membuat hasil yang bagus, kamu bisa menjualnya secara online.

7. Bisnis Lampu Tidur Hias dari Benang dan Balon

9 Ide Bisnis Kerajinan Tangan Di Rumah Aja - Lampu Tidur Hias dari Benang dan Balon

Lampu merupakan hal yang umum dan pasti ada di setiap rumah. Namun kamu bisa membuat karya dari lampu tersebut. Kamu bisa mengubah lampu biasa menjadi lampu yang unik dan menarik. Cara membuatnya pun sangat mudah. Kamu tinggal menyiapkan benang dan balon sebagai bahan utamanya. Memang dibutuhkan ketekunan dalam membuatnya. Juga dibutuhkan kreativitas untuk membuat bentuk bentuk yang menarik. Bagi kamu yang tertarik bisa coba membuatnya di rumah. Jika nanti hasilnya bagus, kamu bisa memfotonya dan mempromosikannya ke sosial media atau ke teman teman kamu.


8. Bisnis Kerajinan Rajut

Kerajinan Rajut

Kerajinan rajut merupakan salah satu kerajinan tangan yang paling banyak dilakukan oleh pengrajin terutama wanita. Kerajinan rajut merupakan salah satu ide bisnis kerajinan tangan yang bisa kamu lakukan #dirumahaja. Selain murah, kamu juga bisa menghasilkan karya atau produk yang bermanfaat. Meskipun murah dan terkesan mudah, kerajinan rajut ini membutuhkan ketekunan loh untuk membuatnya. Kamu tidak akan bisa membuat kerajinan rajut jika tidka memiliki ketekunan dan waktu yang cukup. Namun jika sekarang kamu #dirumahaja, ini merupakan waktu yang sangat tepat.

Produk dari kerajinan rajut yang bisa kamu buat bermacam macam. Kamu bisa membuat tas, topi, syall, dompet dan sebagainya. Oh iya kerajinan rajut ini juga memiliki beberapa teknik yang harus kamu pelajari. Untuk mempermudah dan mempercepat kamu dalam membuat kerajinan rajut, kamu perlu menguasai Dasar Dasar Merajut. Untuk mempelajarinya, kamu bisa baca artikel berukut : Teknik Dasar Merajut. Jika kamu sudah menguasai dan bisa menghasilkan suatu karya atau produk, kamu bisa menjualnya. Kamu bisa menawarkan dulu produk kamu ke teman-teman terdekat kamu. Jika mereka tertarik, kamu bisa menjualnya secara online ke banyak orang.

9. Bisnis Paper Quilling

Membuat Paper Quilling

Paper Quilling mungkin beberapa orang agak asing dengan kata-katanya. Paper quilling merupakan seni menggulung kertas. Untuk lebih jelas mengenai paper quilling kamu bisa membaca artikel berikut : Paper Quilling. Paper quilling ini tidak banyak orang yang membuatnya. Selain karena kerumitannya, dibutuhkan waktu cukup lama untuk membuat satu bentuk / karya yang sudah jadi. Namun karena kali ini kamu memiliki waktu banyak #dirumahaja, kamu bisa membuat kerajinan paper quilling ini. Kamu bisa memulainya dengan menyiapkan beberapa bahan seperti kertas berwarna. Kamu bisa menyiapkan beberapa warna, lebih banyak lebih bagus. Setelah itu kamu perlu gunting, penggaris, pensil dan lem. Pertama kamu bisa menggunting beberapa kertas menjadi potongan kecil dan panjang. Kemudian kamu menggulungnya membentuk sebuah gulungan kecil. Setelah itu kamu bisa satukan semua gulungan itu menjadi satu hingga membentuk sebuah objek atau gambar tertentu.

Biasanya paper quilling ini digunakan untuk membuat produk seperti souvenir, atau hiasan dinding. Kamu bisa meletakkan hasil paper quilling kamu ke sebuah frame dan meletakkannya di dinding rumah. Kamu bisa membuat berbagai bentuk seperti simbol, bentuk binatang hingga wajah manusia. Paper quilling ini dipilih karena bentuknya yang bisa dibuat 3D, tidak hanya 2D saja. Selain itu perpaduan warna, bentuk dan gulungan memberikan sentuhan seni tersendiri. Jika kamu bisa membuat satu produk yang bagus, kamu bisa menjual dan berpotensi menjadi usaha atau bisnis yang besar di kemudian hari. Bagi kamu yang baru mengetahui tentang paper quilling, kamu bisa mempelajarinya di artikel berikut : Paper Quilling.


Itulah Ide Bisnis Kerajinan Tangan yang bisa kamu lakukan di rumah aja. Sebenarnya masih banyak ide bisnis lainnya yang bisa kamu lakukan.

Untuk mengetahui produk-produk kerajinan tangan lainnya klik link : Mariberkarya.
Kami Percaya bahwa Orang Indonesia Memiliki Kreativitas untuk Membuat Karya yang Berkualitas.
Tetap Belajar, Terus Berkarya dan Selalu Bersinergi.
Mariberkarya, Ini Karya Kita.

Follow Instagram Kami :
@mariberkaryaid   @karyaguebanget   @msaifulumam

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas