7 Kerajinan Tangan Khas Yogyakarta (Jogja)

Jangan ngaku wong jogja kalau tidak tau apa saja Kerajinan Tangan Khas Yogyakarta (Jogja). Yogyakarta atau lebih banyak disebut jogja ini merupakan kota yang sangat kental dengan budayanya. Kota Yogyakarta adalah ibu kota dan pusat pemerintahan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan memang sangat ramai di sini. Biasanya orang orang dari luar kota sering mencoba angkringan di kota ini. Selain itu nikmatnya wedang ronde di tengah suasana nyaman kota jogja membuat semua orang betah berada di sini. Namun yang tidak kalah menarik dari kota ini adalah kerajinan tangannya.

Kerajinan Tangan Khas Yogyakarta

Yogyakarta juga tekenal sebagai kota kreatif yang menghasilkan banyak produk produk kreatif. Salah satunya adalah kerajinan tangan. Produk kerajinan tangan di sini sangat kental dengan budaya dan kearifan lokal. Karya -karya tersebut dibuat oleh tangan tangan terampil para pengrajin jogja. Kalau berkunjung ke Yogyakarta pasti tidak lupa untuk berkunjung ke Jalan Malioboro. Di sini kamu bisa berjalan dan menemukan berbagai macam oleh oleh khas jogja. Sebagian besar dari oleh oleh tersebut adalah kerajinan tangan khas yogyakarta. Ada juga Pasar Tradisional Beringharjo. Di sini kamu juga bis amenemukan berbagai produk yang bisa kamu jadikan oleh oleh. Tapi apa saja sih kerajinan tangan yang cocok untuk kita beli jika kita berlibut ke jogja ?. Berikut adalah beberapa kerajinan tangan khas yogyakarta (jogja).

Batik

Yang pertama pastinya adalah Batik. Batik merupakan produk atau karya asli Indonesia yang mempunyai motif unik di setiap daerahnya. Setiap daerah di Indonesia memiliki batik dengan motif khas dari daerahnya sendiri begitu juga dengan Yogyakarta. Batik Khas Yogyakarta memang banyak disukai dan dicari oleh sebagian besar orang yang berkunjung ke Yogyakarta. Karena memang warna dan motifnya sangat khas dan kental akan budaya daerah. Setiap Motif yang dilukiskan pada batik khas Yogyakarta selalu memiliki makna tersembunyi. Sentuhan rasa dari pengrajin lah yang membuat motif batik ini terasa begitu dalam maknanya. Motif Batik Yogyakarta mendapat tempat tersendiri di hati wisatawan baik dari Indonesia maupun dari Mancanegara. Yogyakarta memang merupakan salah satu kota yang terkenal akan budaya dan batiknya.

Baca Juga : 51 Motif Batik Khas Yogyakarta (Motif Tradisional)

Wayang

Wayang merupakan salah satu seni pertunjukkan yang telah dipertunjukkan di berbagai daerah di Indonesia. Ada beberapa jenis pertunjukkan wayang yaitu wayang golek, wayang kulit, dan ada juga wayang orang. Di Yogyakarta yang paling sering digunakan adalah wayang kulit. Wayang kulit ini merupakan bentuk pertunjukan wayang yang menggunakan (wayang) dari bahan kulit. Ada beberapa tokoh wayang yang biasa dimainkan terutama di yogyakarta. Arjuna, Srikandi, Bima, Gathotkaca, Werkudara, Rama, Shinta, Anoman adalah nama-nama tokoh wayang yang sering dimainkan. Beberapa bentuk hiasan wayang kulit tokoh-tokoh tersebut juga sering dijadikan souvenir. Di beberapa rumah adat yogya juga ada beberapa wayang yang digunakan sebagai hiasan dinding. Sama seperti batik, wayang juga merupakan karya asli Indonesia. UNESCO telah menetapkan Wayang sebagai Karya Agung Budaya Lisan dan Takbenda Warisan Manusia (Masterpieces of the Oral and Intangible Cultural Heritage of Humanity) pada tanggal 7 November 2003.

Gamelan

Kalau sudah berbicara tentang wayang, kurang lengkap kalau tidak menyebutkan tentang salah satu alat musiknya yaitu gamelan. Alat musik dari jawa ini merupakan alat yang biasa digunakan untuk pertunjukan wayang, karawitan dan ketoprak. Ada beberapa orang yang menyebutkan bahwa gamelan identik dengan horror. Ya memang ada benarnya karena isu yang beredar menyebutkan bahwa salah satu pertanda munculnya hantu adalah dengan musik gamelan. Namun aku tidak akan membahas hal itu. Karena gamelan dari Yogyakarta ini memiliki keunikan karena dibuat oleh orang yogyakarta sendiri. Ada sebuah sentra kerajinan Gamelan di Jogja yaitu di di Baturetno, Banguntapan, Bantul, DIY. Karena bahan dan proses pembuatan yang cukup rumit, harga dari gamelan ini terbilang cukup mahal. Selain itu kualitas atau mutu dari bahan baku juga mempengaruhi harga dari gamelan tersebut. kalau kamu ingin memastikan harga aslinya, silahkan langsung datang ke sentra kerajinan gamelan.

Lukisan

Lukisan merupakan salah satu produk kerajinan tangan khas yogyakarta (jogja) yang banyak dicari orang. Lukisan yang di buat oleh para pengrajin Yogyakarta ini memiliki nilai seni tersendiri. Lukisan tersebut memiliki keistimewaan baik itu lukisan abstrak ataupun lukisan realistis. Banyak orang yang menginginkan lukisan tersebut untuk dijadikan oleh oleh bagi mereka yang berkunjung ke Yogyakarta. Tidak hanya wisatawan dari Indonesia saja, wisatawan dari luar negeri juga berharap bisa mendapatkan lukisan indah tersebut.

Keris

Keris merupakan salah satu senjata tradisional Jawa. Biasanya keris digunakan atau dibawa oleh pengantin pada pernikahan adat Jawa. Selain itu, keris pusaka juga populer di kalangan bangsawan. Selain itu keris tidak hanya digunakan sebagai barang pelengkap atau pusaka saja. Keris juga biasanya digunakan sebagai hiasan, baik itu hiasan dinding maupun hiasan lainnya. Tempat pembuatan keris di Jogja yang paling terkenal adalah di Dusun Banyusumurup, Desa Girirejo, wilayah Imogiri.

Perak

Kerajinan Perak merupakan salah satu kerajinan yang khas Yogyakarta (jogja) selanjutnya. Banyak pengrajin perak berwilayah di Kota Gede yang lokasinya terletak di tenggara kota yogyakarta. Produk Kerajinan Perak yang bisa ditemui di sana adalah souvenir cindramata hingga hiasan Rumah. Produk kerajinan seperti cincin, kalung, miniatur dan sebagainya bisa kamu temukan di Kota Gede. Produk kerajinan tersebut cocok jika digunakan sebagai hadiah ataupun oleh oleh.

Blankon

Salah satu yang menjadi ciri khas kota Yogyakarta (Jogja) adalah Blankon. Blankon merupakan penutup kepala yang biasa digunakan oleh orang orang jogja. Sehingga blankon identik atau merupakan salah satu ciri khas tradisional jogja. Kalau kamu pergi ke Malioboro, pasti kamu banyak menemukan penjual yang menjual blankon. Ada berbagai macam atau jenis blankon yang dijual di jogja. Kamu bisa membeli blankon sebagai oleh oleh untuk keluarga di rumah. Kamu juga bisa membeli blankon untuk kamu pakai sendiri sambil berkeliling kota jogja.

Baca Juga : Kerajinan Tangan Khas Jawa Tengah

Itulah beberapa Kerjinan Tangan Khas Yogyakarta (Jogja) yang perlu kamu tau. Sebenarnya masih banyak lagi kerajinan tangan yang bisa kamu temukan di Yogyakarta (jogja). Kamu bisa pergi ke berbagai pusat kerajinan atau pusat oleh oleh Yogyakarta untuk membelinya.

Untuk mengetahui produk-produk kerajinan tangan lainnya klik link : Mariberkarya.
Kami Percaya bahwa Orang Indonesia Memiliki Kreativitas untuk Membuat Karya yang Berkualitas.
Tetap Belajar, Terus Berkarya dan Selalu Bersinergi.
Mariberkarya, Ini Karya Kita.

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas