6 Motif Batik Bali yang Wajib Kamu Ketahui

6 Motif Batik Bali yang Wajib Kamu Ketahui

Motif Batik Bali – Batik mulai berkembang di bali baru-baru ini. Namun karena minat wisatawan dan beberapa hal lain, perkembangan batik di bali sangat cepat. Hal ini berdampak pada Industri batik di bali yang semakin lama semakin banyak. Masyarakat bali sudah terbiasa dengan mengembangkan kreativitas. Bali merupakan salah satu destinasi wisata yang paling sering dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Hal inilah yang membuat warganya sudah terbiasa dengan pemikiran kreatif untuk menarik para wisatawan.

Batik yang memiliki kualitas tinggi biasanya menunjukkan status sosial seseorang di mata masyarakat. Seperti pemakaian label atau merek desainar terkenal yang menunjukkan kekayaan seseorang itu. Kualitas batik di bali sangat bagus. Batik di bali mencoba menunjukkan kualitasnya dengan mengandalkan kreativitas pengrajin dan ciri khas budaya lokal yang mereka miliki. Batik bali dibuat secara langsung oleh tangan tangan kreatif para pengrajin di bali. Bali juga sangat kental dengan seni dan budayanya juga berpengaruh terhadap perkembangan batik di bali.

Macam-Macam Motif Batik Bali

Motif motif batik di bali sangat khas dengan kearifan lokal. Dalam setiap pembuatannya, motif batik khas bali memiliki ciri khas yang berbeda dengan motif batik di daerah lain. Salah satunya yaitu aksen yang diberikan pada motif batik khas bali itu tidak sama besar satu sama lain. Perpaduan motif tradisional dan modern yang menjadi satu. Batik bali juga menerapkan perpaduan budaya asli bali dengan budaya uar pulau bali. Oleh karena itu motif batik khas bali sangat khas dan indah. Berikut beberapa motif batik di bali yang perlu kamu ketahui.

1. Motif Batik Bali Buketan

Oleh Oleh Khas Bali - Batik Bali 3

Mungkin bagi sebagian orang agak kurang familiar dengan nama Buketan. Buketan adalah nama yang diambil dari bahasa Perancis yang berarti sekat bunga. Sesuai dengan namanya Motif Batik Buketan ini memiliki motif berupa tanaman bunga atau tumbuhan kecil. Terdapat pula hiasan tambahan berupa kupu-kupu dan berbagai jenis burung untuk menambah nilai artistik pada batik tersebut.


2. Motif Batik Bali Ulamsari Mas

Oleh Oleh Khas Bali - Batik Bali 2

Nah Motif Batik Ulamsari Mas ini mungkin mudah dikenali oleh anak-anak muda jaman now. Corak pada Motif Batik Ulamsari Mas ini menampilkan gambar udang dan juga ikan. Motif tersebut menggambarkan kekayaan alam yang ada di Bali. Hal itu juga bisa memberitahu kepada masyarakat secara luas bahwa bali tidak hanya indah. Bali tidak hanya tempat untuk berwisata atau berlibur. Bali juga sangat kaya akan sumber daya alamnya lho. Melalui batik motif inilah para pengrajin batik di bali bisa menyampaikan itu semua kepada semua orang baik yang memakai maupun yang melihatnya.

3. Motif Batik Bali Singa Barong

Oleh Oleh Khas Bali - Batik Bali 7

Kalau ini pasti sudah pada tau. Motif Batik Singa Barong merupakan penggambaran dari kebudayaan masyarakat bali.Motif ini menunjukkan keunikan dan keragaman budaya di Bali. Batik motif Singa Barong ini secara tidak langsung sudah berperan di dalam melestarikan kebudayaan Bali. Semakin banyak orang yang membeli dan menggunakan batik ini, maka keburayaan bali akan semakin dikenal oleh banyak orang. Hal ini sengaja dilakukan agar budaya Singa Barong terus diingat oleh para generasi penerus dan dikenal oleh masyarakat luas baik yang di bali maupun luar bali.

4. Motif Batik Bali Penari Bali

Oleh Oleh Khas Bali - Batik Bali 6

Selain sebagai tempat wisata, bali juga identik dengan penarinya. Banyak sekali tarian khas bali yang ada di sana. Baik tarian dalam ritual, upacara maupun penyambutan. Pengrajin batik di bali juga ingin mengenalkan tarian bali itu melalui motif batik. Biar orang tidak hanya tau tari kecak saja, hehehe. Motif Batik Penari Bali ini menggambarkan seorang penari yang sedang memperagakan salah satu gerakan tarian khas bali. Biasanya yang sering digunakan sebagai motif batik ini adalah penari wanita.

5. Motif Batik Bali Merak Abyorhokokai

Oleh Oleh Khas Bali - Batik Bali 5

Merak Abyorhokokai ini apa lagi.. hehe. Itulah uniknya motif batik bali yang satu ini. Motif Batik Bali Merak Abyorhokokai adalah motif batik yang menggambarkan keindahan burung Merak sebagai poros corak utama pada kain dan disertai kelopak menyerupai bunga sakura. Kalau burung merak pasti semuanya sudah pada tau kan. Sebenarnya Motif Batik Merak Abyorhokokai ini dipengaruhi oleh kebudayaan Jepang. Meskipun begitu motif Merak Abyorhokokai ini juga mampu menginterpretasikan bagaimana keindahan Pulau Dewata Bali dengan merak sebagai simbol utama.


6. Motif Batik Bali Pisan

Oleh Oleh Khas Bali - Batik Bali 8

Nama Motif Pisan ini diambil dari pahatan batu-batu di candi-candi Jawa pada abad ke 9. Terkadang orang jaman now menyebut motif batik ini dengan Motif Batik Pisang. Motif batik ini menggambarkan pisang Bali yang telah distilasi. Selain itu ada juga yang menyebutnya sebagai Pisan Bali yang berarti kembali lagi. Batik ini biasa diberikan seorang pada kekasihnya yang akan berpergian jauh dengan maksud agar sang kekasih kembali lagi. Batik ini melambangkan harapan, doa, dan keselamatan. Jadi jika kamu ingin melepas si doi yang akan pergi lama, kamu bisa berikan batik ini. 🙂

Nah itu tadi beberapa motif batik khas bali yang wajib kamu ketahui. Jika kamu berlibur ke bali, jangan lupa untuk menyempatkan diri membeli batik bali sebagai oleh oleh untuk dibawa pulang. Selain di bali masih banyak lagi motif batik di Indonesia yang unik, indah dan memliki kalitas yang bagus.

Baca Juga : Pengusaha Kerajinan Tangan yang Sukses #1

Untuk mengetahui produk-produk kerajinan tangan lainnya klik link : Mariberkarya.


Kami Percaya bahwa Orang Indonesia Memiliki Kreativitas untuk Membuat Karya yang Berkualitas.
Tetap Belajar, Terus Berkarya dan Selalu Bersinergi.
Mariberkarya, Ini Karya Kita

Dapatkan Artikel Seperti ini GRATIS Sekarang Juga

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas