5 Wisata Kampung Batik Indonesia yang Wajib Dikunjungi

Wisata Kampung Batik ini merupakan salah satu wisata yang bisa menjadi salah satu destinasi wisata kamu saat liburan nanti. Indonesia terkenal dengan wisatanya yang sangat indah. Mulai dari laut, gunung, air terjun dan sebagainya. Tapi ada juga wisata yang tidak hanya seru tapi juga mengedukasi yaitu Wisata Kampung Batik.

Wisata Kampung Batik di Indonesia

Kampung batik yang ada di Indonesia menyuguhkan berbagai macam motif batik yang keren-keren. Selain itu nuansa heritage juga sangat terasa di sini. Di tambah dengan ramahnya warga sekitar yang membuat liburan kamu semakin menyenangkan. Tidak hanya melihat-lihat, beberapa kampung batik menyediakan paket untuk belajar dan mencoba membuat batik secara langsung. Kamu akan diajarkan langkah langkah membuat batik langsung dari ahlinya. Jadi liburan di tempat ini pasti akan seru dan memberikan pengalaman berbeda yang tidak terlupakan. Kalau begitu, apa saja dan dimana saja sih wisata kampung batik di Indonesia yang bisa kamu kunjungi ?. Ini dia.

Kampung Batik Laweyan (Solo)

Kampung batik laweyan terdapat di kota Solo atau Surakarta. Seperti yang kita tau kota solo merupakan salah satu kota yang menjadi tempat para pengrajin kreatif di Indonesia. Kampung Batik laweyan sendiri telah menjadi ikon batik kota Solo sejak abad ke-19. Saat itu Serikat Dagang Islam yang didirikan oleh Haji Samanhudi pada tahun 1912 pertama kali dibentuk. Itulah mengapa laweyan dianggap sebagai salah satu pusat batik tertua di Solo. Hal itulah yang menarik bagi para wisatawan untuk berkunjung dan mempelajari sejarah batik di sini. Kampung batik laweyan dan kauman terkenal sebagai penghasil batik di Indonesia.

Kampung batik di solo berada di daerah laweyan tepatnya di Jalan Dr. Rajiman No.521, Laweyan, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57148. Laweyan sendiri merupakan salah satu pusat batik tertua dan terkenal di kota Solo. Ada sekitar 2500 penduduk yang sebagian besar penduduknya bekerja sebagai penjual maupun pembuat batik. Batik telah menjadi salah satu sumber ekonomi yang besar di Laweyan.

Baca Selengkapnya di Kampung Batik Laweyan Solo yang Ramah Lingkungan

Kampung Batik Trusmi (Cirebon)

Cirebon merupakan salah satu penghasil pengrajin batik terbaik di Indonesia. Kampung Batik Trusmi adalah pusat industri batik di Cirebon sekaligus sebagai tempat wisata kuliner. Kampung ini terletak di Plered, Cirebon, sekitar empat kilometer di sebelah barat Kota Cirebon. Ada sekitar 3000 pengrajin yang berkarya membuat berbagai macam batik di sana. Tempat ini menjadi salah satu tujuan utama saat berlibur ke cirebon dan sekitarnya. Banyak wisatawan baik dari lokal maupun mancanegara yang membeli oleh-oleh di sini untuk dibawa pulang.

Kalau kamu sudah masuk ke kampung batik ini, kamu akan menjumpai banyak sekali toko-toko batik. Mereka menawarkan berbagai jenis batik dengan berbagai motif. Kalian bisa menjumpai kain batik, kemeja, blus wanita, dress, daster dan sebagainya dengan nuansa batik. Ada banyak sekali motif batik khas Cirebon. Secara umum Motif Batik Cirebon dikelompokkan menjadi 5 yaitu : Wadasan, Geometrik, Pangkaan (Buketan), Byur, dan Semarangan. Jadi ada banyak pilihan motif batik yang bisa kalian beli di sini.

Baca Selengkapnya di Kampung Batik Trusmi Cirebon Surganya Pecinta Batik

Kampung Batik Giriloyo (Yogyakarta)

Yogyakarta terkenal dengan kreativitas dan kesenian daerahnya salah satunya adalah batik. Oleh karena itu ada Kampung Batik yang berfungsi untuk lebih memperkenalkan batik khas Yogyakarta ke masyarakat luas. Kampung Batik Giriloyo merupakan salah satu kampung batik tertua yang ada di Bantul. Sejak jaman dimana Sultan Agung memerintah kerajaan Mataram, kampung batik ini sudah ada. Seiring berkembangnya waktu kampung Batik ini kemudian berkembang karena kemampuan membatik yang diturunkan dari generasi ke generasi terutama kaum wanita.

Kampung Batik Giriloyo terletak di Gazebo Wisata Giriloyo Jalan Imogiri Timur No.Km. 14, Karang Kulon, Wukirsari, Kec. Imogiri, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55782. Dari pusat kota Yogyakarta kamu bisa ambil jalan ke selatan menuju Jalan Imogiri. Jalan Imogiri timur ke selatan mengarah ke Makam Raja Cirebon.

Baca Selengkapnya di Kampung Batik Giriloyo Tempat Wisata Unik di Yogyakarta

Sentra Batik Mukarnas (Banten)

Sentra Batik banten Mukarnas ini terletak di Jl. Bhayangkara No. 5, Kubil, Cipocok Jaya, Kec. Cipocok Jaya, Kota Serang, Banten. Batik Banten Mukarnas merupakan upaya warga banten untuk mengembangkan nilai nilai ragam hias dari masa lalu atau kebudayaan leluhur. Ada sekitar 170 motif batik yang sudah dipatenkan. Ada sekitar 80an motif batik yang belum dipatenkan karena berkaitan dengan filosofi.

Di Sentra Batik banten Mukarnas ada berbagai macam kain dengan motif batik khas banten. Ada juga penjelasan tentang filosofi dari motif batik tersebut yang bisa dipelajari. Belajar membatik secara langsung juga bisa dilakukan di sana. Kita bisa membatik sebuah kain putih dengan motif batik khas banten. Mulai dari pengenalan motif, proses pencantingan, hingga melukis diatas kain. Ini cocok banget bagi siswa atau pengrajin yang baru mulai belajar membuat batik.

Baca Selengkapnya di Sentra Batik Banten Mukarnas Bisa Belajar Membatik dengan 250 Motif

Kampung Batik Semarang (Semarang)

Kampung Batik Semarang memiliki banyak pengrajin yang terampil di dalamnya. Dengan desainnya yang unik dan juga para pengrajin yang terampil, kampung batik semarang ini menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib untuk dikunjungi. Tidak hanya memiliki desain yang unik, kampung ini juga bisa menghilangkan stres karena kesejukannya.

Kampung Batik ini sebenarnya sudah ada sejak dulu, sejak zaman penjajahan Jepang. Kampung Batik ini merupakan salah satu sumber ekonomi bagi warga sekitar. Batik diwariskan secara turun temurun dari generasi ke generasi di kampung batik semarang ini. Mempelajari batik sudah menjadi hal umum bagi warga sekitar. Oleh karena itu banyak sekali pengrajin batik yang ahli di sini. Jadi kamu tidak perlu khawatir tentang kualitasnya.

Baca Selengkapnya di Kampung Batik Semarang dan Sejarahnya

Itulah tadi sedikit informasi tentang Beberapa Kampung Batik di Indonesia. Di Indonesia masih banyak kampung batik yang unik dan sangat menginspirasi. Kamu bisa melihat berbagai produk kerajinan tangan di markeplace kerajinan tangan : Mariberkarya.

Kami Percaya bahwa Orang Indonesia Memiliki Kreativitas untuk Membuat Karya yang Berkualitas.
Tetap Belajar, Terus Berkarya dan Selalu Bersinergi.
Mariberkarya, Ini Karya Kita.

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas