5 Kerajinan Tangan Khas Jawa Timur

Kerajinan Tangan Khas Jawa Timur
Kerajinan Tangan Khas Jawa Timur

Kerajinan Tangan Khas Jawa Timur – Jawa Timur merupakan salah satu propinsi di Indonesia yang memiliki banyak keunikan. Salah satu keunikannya adalah kebudayaan dan adat istiadat. Namun banyak di antaran kebudayaan Jawa Timur menerima pengaruh dari propinsi Jawa Tengah. Contohnya adanya kawasan yang dikenal sebagai Mataraman karena di kawasan tersebut dulunya merupakan daerah kekuasaan dari Kesultanan Mataram. Daerah tersebut terdapat di beberapa kota/kabupaten seperti Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Kediri, Tulungagung, Blitar, Trenggalek dan sebagian Bojonegoro. Selain kebudayaan, Propinsi yang terletak di bagian timur pulau jawa ini memiliki kabupaten dan kota dengan beragam bentuk dan jenis produk kerajinan. Pengrajin-pengrajinnya pun sangat terampil dalam membuat kerajinan tangan.

5 Kerajinan Tangan Khas Jawa Timur

Ada banyak sekali kerajinan tangan yang ada di Jawa Timur. Bagi kamu yang berasal dari luar jawa timur, ini bisa menjadi referensi buat kamu jika ingin membeli oleh-oleh atau souvenir khas dari Jawa Timur. Berikut 7 kerajinan tangan khas Jawa Timur yang harus kamu ketahui :

1. Batik

Batik Kerajinan Tangan Khas Jawa Timur

Batik merupakan salah satu produk kerajinan tangan unggulan asli Indonesia. Setiap daerah di Indonesia pasti memiliki batik khas daerahnya masing-masing. Salah satu propinsi penghasil batik yang unik adalah Jawa Timur. Batik Jawa Timur mempunyai motif yang lebih bebas dibandingkan dengan batik dari daerah lainnya. Batik khas Jawa Timur tidak terikat pakem-pakem motif yang ada sebelumnya. Ragam hias batik Jawa Timur ini bersifat naturalis dan dipengaruhi berbagai kebudayaan asing. Warna-warna yang biasa digunakan pun tampak lebih cerah. Ada 5 wilayah di Jawa Timur yang paling banyak terdapat pengrajin batik, yaitu di Madura, Tuban, Sidoarjo, Tulungagung, dan Banyuwangi. Walaupun begitu, batik khas Jawa Timur juga terdapat di hampir semua wilayah di Jawa Timur.

Salah satu kota yang mungkin akan menjadi kota ke6 dengan pengrajin batik terbanyak di Jawa timur adalah Malang. Mungkin tidak banyak orang yang tau dan mengenal kerajinan tangan Batik Tulis khas Malang. Taukah kamu kalau kerajinan tangan Batik Tulis khas Malang ini sudah ada sejak berpuluh-puluh tahun yang lalu. Memang, Batik Tulis Malang tidak sepopuler batik-batik lainnya. Tapi batik tulis ini memiliki ciri khas dan desain tersendiri. Budaya turun menurun sejak jaman kerajaan Kanjuruhan dan Singosari ini sudah sepantasnya untuk dilestarikan kepada anak cucu kita.

2. Kerajinan Kulit

Kerajinan Kulit Kerajinan Tangan Khas Jawa Timur

Siapa yang belum kenal dengan Sentra Kerajinan Kulit Tanggulangin. Tanggulangin, Sidoarjo merupakan salah satu tempat bagi para pengrajin kulit yang terampil. Jadi jika ke sidoarjo, jangan hanya ke lumpur lapindo saja. Kamu juga bisa membeli hasil-hasil kerajinan kulit di Sentra Kerajinan Kulit Tanggulangin. Salah satu kerajinan kulit yang bisa kamu jadikan oleh-oleh atau souvenir adalah Tas Kulit. Tas Kulit dari Tanggulangin Sidoarjo telah banyak di kenal dan diakui kualitasnya oleh para wisatawan penggemar produk berbahan kulit. Selain tas kulit, produk unggulan dari Tanggulangin mencakup sepatu kulit, sandal kulit dan yang lainnya. Tidak hanya di Indonesia, karya karya kerajinan tangan dari Tanggulangin ini bahkan sudah terkenal hingga ke mancanegara. Kerajinan Kulit karya pengrajin Tanggulangin itu bisa berkompetisi dengan produk level dunia karena kualitas bahan serta rapihnya pengerjaan saat proses produksi.

Baca Juga : Sentra Kerajinan Kulit Tanggulangin


Iklan Lewat

3. Keramik

Keramik Kerajinan Tangan Khas Jawa Timur

Malang adalah salah satu kota di Jawa Timur yang terkenal dengan wisatanya. Banyak wisatawan baik baik lokal maupun mancanegara yang datang ke malang untuk mengunjungi beberapa tempat wisata di sini. Tidak hanya wisata, salah satu yang membuat unik kota ini adalah Kerajinan Keramik. Bertempat di Jalan MT Haryono, Dinoyo, Kec. Lowokwaru, Kota Malang ini dipenuhi dengan berbagai kerajinan keramik. Tak heran kalau mereka menyebutnya Kampung Wisata Keramik Dinoyo.

Sentra keramik di Dinoyo, Malang, sebenarnya sudah ada sejak 1957. Pada awalnya tempat itu menjadi sentra gerabah dan memproduksi perlengkapan rumah tangga karena wilayahnya yang merupakan lingkungan persawahan. Melihat perkembangan keramik China, akhirnya pengrajin asal Dinoyo kemudian mengembangkan keramik semi porselen. Seiring berjalannya waktu semakin banyak pengrajin keramik yang bermunculan dari Dinoyo.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang pengrajin keramik di Dinoyo, Kota Malang, kamu bisa baca artikel berikut :

Kampung Wisata Keramik Dinoyo Eps. Bu Yanti

Mariberkarya juga pernah mewawancarai salah satu pengrajin keramik di sana. Berikut videonya :
Kampung Wisata Keramik Dinoyo Episode Gipsum ft Bu Yanti

4. Limbah Kayu

Limbah Kayu Kerajinan Tangan Khas Jawa Timur

Desa Batokan, Kecamatan Kasiman, Kabupaten Bojonegoro adalah nama salah satu desa di Jawa Timur yang merupakan tempat bagi para pengrajin kerajinan kayu. Berbagai produk kerajinan dari bahan limbah kayu banyak ditemukan di sini. Bahkan beberapa rumah penduduk diubah menjadi seperti galeri produk-produk hasil karya mereka. Hasil dari kerajinan tangan mereka juga telah dipasarkan ke berbagai daerah di Indonesia. Para pengrajin mengaku telah mengirim berbagai produk kerajinan kayu mereka beberapa daerah seperti Ngawi, Blora, Jepara, Jakarta, Bali dan beberapa daerah di Kalimantan, Sumatera dan Sulawesi.


Iklan Lewat

Sebenarnya aneka kerajinan asal desa Batokan ini banyak di beli oleh pedagang souvenir dari luar kota. Rata-rata pembelinya adalah pengrajin dari Bali, Yogya dan Jepara, yang pada akhirnya kerajinan tersebut menjadi souvenir khas di daerahnya mereka sendiri. Padahal pengrajin aslinya berasal dari desa Batokan.  Oleh karenanya Kerajinan Limbah Kayu merupakan salah satu dari Kerajinan Tangan Khas Jawa Timur yang perlu untuk kita ketahui.

5. Daur Ulang

Tris Flower - Sentra Kerajinan Daur Ulang Kota Surabaya

Sampah merupakan hal yang tidak berguna bagi sebagian besar orang. Namun bagi warga desa Jambangan Kota Surabaya, Sampah bisa di ubah menjadi kerajinan yang unik dan menarik. Bertempat di Jalan Jambangan III No.23, Jambangan, Kota Surabaya, terdapat Sentra Kerajinan Daur Ulang kota Surabaya. Tris Flower adalah nama dari usaha daur ulang yang mengubah sampah-sampah yang tidak berguna menjadi sebuah karya yang bisa digunakan oleh banyak orang. Bu Tris yang merupakan pemilik dari Tris Flower juga mengajak warga sekitar untuk bersama-sama mendaur ulang sampah di daerahnya. Kini Desa Jambangan merupakan salah satu desa yang bersih dan Indah. Banyak sekali penghargaan yang telah diterima oleh Tris Flower dan Desa Jambangan baik dari lokal maupun internasional.

Untuk Mengetahui lebih lanjut tentang sentra daur ulang di Desa Jambangan Kota Surabaya, kamu bisa baca artikel berikut :

Tris Flower “ Sentra Kerajinan Daur Ulang Kota Surabaya

Mariberkarya juga telah mengunjungi dan melakukan wawancara dengan pemilik sekaligus pengelola Sentra Daur Ulang Kota Surabaya. Berikut Videonya :

Sampah Jadi Berkah ft Tris Flower

 


Iklan Lewat

 

Itulah 5 Kerajinan Tangan Khas Jawa Timur yang perlu kalian ketahui. Sebenarnya masih banyak lagi Kerajinan Tangan Khas Jawa Timur yang lainnya.

Baca Juga Kerajinan Tangan Khas Jawa Tengah

Untuk mengetahui produk-produk kerajinan tangan lainnya klik link : Mariberkarya.

 

Kami Percaya bahwa Orang Indonesia Memiliki Kreativitas untuk Membuat Karya yang Berkualitas.

Tetap Belajar, Terus Berkarya dan Selalu Bersinergi.

Mariberkarya, Ini Karya Kita.


Iklan Lewat

 

NB : Kerajinan tangan di atas bukan hanya ada di Jawa Timur, namun juga ada di tempat lain yang juga memiliki ciri khas tersendiri di setiap daerahnya

Iklan Lewat

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas