5 Kerajinan Tangan Khas Bali

5 Kerajinan Tangan Khas Bali Thumbnail

Kerajinan Tangan Khas Bali – Bali adalah sebuah provinsi di Indonesia dengan Denpasar sebagai ibu kotanya. Selain sebagai nama provinsi, Bali juga merupakan pulau yang tergabung dalam Kepulauan Nusa Tenggara. Jadi bali adalah nama provinsi sekaligus pulau. Nah bicara soal bali, apa yang terlintas di benak kamu ? pantai, wisata, kecak, atau apa ?. Ada yang kepikiran Kerajinan Tangan ?. Mungkin beberapa dari kalian hanya sedikit yang mengidentikkan bali dengan kerajinan tangan, tapi jangan salah lho. Bali juga memiliki kerajinan tangan khas yang unik dan hanya bisa kalian temukan di bali.

5 Kerajinan Tangan Khas Bali

Ada banyak sekali kerajinan tangan yang ada di Bali. Bagi kamu yang berasal dari luar bali, ini bisa menjadi referensi buat kamu jika ingin membeli oleh-oleh atau souvenir saat kamu berlibur ke pulau dewata itu. Berikut adalah 5 kerajinan tangan khas bali yang harus kamu ketahui :

1. Batik

Oleh Oleh Khas Bali - Batik Bali 2

Batik, dimana mana pasti ada batik. Di setiap daerah di Indonesia pasti memiliki batik khas dari daerahnya sendiri, begitu juga dengan Bali. Bali memiliki batik termasuk ke dalam salah satu kerajinan tangan khas bali karena motif dan kualitasnya. Kualitas batik khas bali ditunjukkan dengan kreativitas pengrajin dan ciri khas budaya lokal yang mereka miliki. Batik khas bali ini dibuat secara langsung oleh tangan tangan kreatif para pengrajin di bali. Perkembangan batik di bali juga dipengaruhi dengan seni dan budaya di bali.

Motif motif batik di bali sangat khas dengan kearifan lokal. Salah satu yang membedakan motif batik bali dengan motif batik di daerah lain adalah aksen yang diberikan. Pada motif batik khas bali aksen yang diberikan memiliki ukuran yang tidak sama besar satu sama lain. Perpaduan motif tradisional dan modern yang menjadi satu. Batik bali juga menerapkan perpaduan budaya asli bali dengan budaya luar pulau bali. Oleh karena itu motif batik khas bali sangat khas dan indah. Untuk lebih jelas mengenai motif batik khas bali, kamu bisa baca artikel berikut :
6 Motif Batik Bali yang Wajib Kamu Ketahui

2. Lukisan

Oleh Oleh Khas Bali - Lukisan 3

Pengrajin di Bali terkenal dengan karyanya yang menyatu dengan alam, agama dan kearifan lokal. Hal itu tergambar indah di setiap lukisan yang dibuat oleh pengrajin di bali. Seni lukisan yang ada di bali dikembangkan dari generasi ke generasi. Bali memiliki sejarah tentang lukisan tradisional yang ditemukan di Klungkung, Bali Selatan. Terdapat beberapa karya lukisan kuno yang dibuat di beberapa kerajaan terdahulu di sana. Itu kemudian menginspirasi para pengrajin khususnya pelukis dalam membuat karya atau lukisannya. Gaya lukisan yang sederhana dengan menggunakan pewarna alami yang terbuat dari kembang kapas. Gaya lukisan itu sering kita jumpai pada kerajinan wayang kulit.

Pengrajin di bali yang berfokus pada kerajinan yang berbau seni seperti lukisan sering menyebut diri mereka seniman. Seniman tradisional bali biasanya menggunakan pigmen alami, pena dan kuas buatan. Mereka menggunakan aturan ikonografi untuk membuat garis, bentuk, proporsi maupun komposisi warna yang bagus. Hal itu tentunya tidak terlalu sulit karena keterampilan dan kreativitas yang dimiliki oleh pengrajin di bali. Seniman tradisional di bali tidak akan merasa terlalu marah jika karyanya di contoh atau ditiru oleh orang lain. Mereka justru bangga ketika ada seniman lain yang mencoba untuk meniru karya mereka.


3. Ukiran

Ukir Kerajinan Tangan Khas Jawa Tengah

Ukiran baik ukiran kayu ataupun batu sangat terkenal di Bali. Hampir semua orang termasuk wisatawan lokal maupun mancanegara mengenal ukiran khas bali. Ukiran kayu dan batu ini menjadi salah satu kerajinan khas bali yang unik dan berkualitas. Produk ukiran seperti pintu dan dinding kayu yang diukir dengan berbagai motif selalu mendapat tempat di pasar internasional. Mungkin di Indonesia, produk ukiran khas bali ini kurang diminati. Tapi di luar negeri kerajinan tangan khas bali ini memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Biasanya para pengrajin di bali membuat ukiran kayu ataupun batu sesuai pesanan. Dengan kreativitas yang mereka miliki, para pengrajin bali selalu bisa membuat puas dan kagum para customernya dari luar negeri.

Salah satu daerah di Bali yang dikenal sebagai daerah penghasil kerajinan ukiran kayu dengan nilai seni tinggi adalah Gianyar. Produk kerajinan ukiran kayu dari Gianyar memiliki rancangan yang khas, detail ukiran yang rapi dan jenis bahan baku yang berkualitas tinggi. Tak heran jika harga jualnya pun dapat menembus belasan dan bahkan puluhan juta. Kerajinan ukiran kayu tradisional dari Gianyar ini pun telah mendapatkan pasarnya di mancanegara. Jika kamu pergi ke sana, kamu akan menemukan berbagai produk ukiran kayu seperti papan nama kayu, kotak perhiasan kayu, gantungan kunci, lonceng angin, dll.

4. Kain

5 Kerajinan Tangan Khas Bali Kain Bali

Kain adalah salah satu kerajinan tangan khas bali yang unik. Motif kain yang sering ada di kain bali adalah motif bunga dan laut. Motifnya memberikan kesan lokal dan santai. Hal ini mencerminkan bahwa kain bali cocok digunakan untuk bersantai menikmati indahnya wisata bali. Kain bali juga sering dijadikan salah satu oleh oleh khas bali bagi para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Salah satu kain yang sering menjadi ciri khas bali dan sering di cari wisatawan adalah kain pantai. Sesuai namanya kain pantai bali ini sangat cocok jika digunakan untuk menikmati wisata pantai di bali. Wisatawan terutama wanita banyak yang memakai kain bali saat pergi ke pantai. Mereka merasa kurang lengkap jika pergi ke pantai bali tanpa memakai kain bali. Oleh karena itu potensi kerajinan kain di bali masih sangat besar.

5. Tas

Oleh Oleh Khas Bali - Tas Rotan Bulat 2

Tas adalah produk yang sering kita bawa ke mana mana. Banyak sekali orang yang setiap harinya menggunakan tas untuk menyimpan berbagai kebutuhannya terutama para wisatawan. Para pengrajin bali melihat peluang itu dan menciptakan berbagai macam kerajinan tas. Mulai dari tas selempang bali, tas rotan bulat, tas ransel, dan sebagainya. Salah satu tas bali yang paling banyak digemari wisatawan adalah tas rotan bulat. Tas rotan Bali adalah tas yang unik dan artistik. Selain itu tas ini juga banyak disukai karena ramah lingkungan. Tas Rotan Bali ini bisa kamu temui di seluruh area wisata bali, terutama Tas Rotan Bulat. Namun yang paliing banyak dijumpai adalah di Pasar Ubud. Lebih dari 20 macam tas rotan yang dijual di sana.

Itulah 5 Kerajinan Tangan Khas Bali yang perlu kalian ketahui. Sebenarnya masih banyak lagi Kerajinan Tangan Khas Bali yang lainnya.
Baca Juga : 12 Oleh Oleh Khas Bali yang Wajib Kamu Beli

Untuk mengetahui produk-produk kerajinan tangan lainnya klik link : Mariberkarya.
Kami Percaya bahwa Orang Indonesia Memiliki Kreativitas untuk Membuat Karya yang Berkualitas.
Tetap Belajar, Terus Berkarya dan Selalu Bersinergi.
Mariberkarya, Ini Karya Kita.

NB : Kerajinan tangan di atas bukan hanya ada di Bali, namun juga ada di tempat lain yang juga memiliki ciri khas tersendiri di setiap daerahnya

Dapatkan Artikel Seperti ini GRATIS Sekarang Juga

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas