23 Rekomendasi Oleh Oleh Khas Jogja Lengkap dengan Tempat dan Harganya

Rekomendasi oleh oleh khas Jogja ini bisa menjadi salah satu inspirasi kamu untuk mencari oleh-oleh. Jika kamu baru pertama kali ke jogja dan bingung dalam membeli oleh-oleh, maka kamu ada di tempat yang tepat. Kamu tidak perlu bingung lagi untuk menentukan apa yang akan kamu beli untuk oleh oleh. Tidak hanya barangnya, tapi juga lengkap dengan tempat membeli dan juga harganya. Karena itu baca dengan teliti ya, biar kamu bisa dapat informasinya dengan baik.

Rekomendasi Oleh Oleh Khas Jogja Lengkap dengan Tempat dan Harganya

Jogja meruapkan salah satu tempat yang cocok jadi tempat liburan baik di akhir pekan maupun hari libur nasional. Tidak hanya tempatnya yang bagus, tapi juga orangnya yang ramah. Banyak tempat wisata di jogja (link) yang bisa dikunjungi. Selain itu wisata kuliner di sini juga enak enak. Pokoknya asik deh liburan di jogja. Tapi liburan akan kurang lengkap tanpa oleh-oleh. Berikut adalah rekomendasi oleh-oleh khas jogja lengkap dengan tempat dan harganya.

1. Gudeg Kaleng

Seperti yang kita semua tau, gudeg merupakan makanan khas Jogja dan Jawa tengah. Kalau ke jogja pastikan untuk cobain enaknya gudeg. Gudeg terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Memang perlu waktu lama untuk memasak makanan ini. Nah karena gudeg itu makanan khas jogja, ini sangat cocok banget untuk dijadikan oleh oleh. Tapi seperti yang kita tau, kita tidak bisa membawa gudeg tanpa membuatnya basi. Salah satu solusinya adalah kamu bisa beli gudeg kaleng.

Kamu bisa membeli Gudeg yang uenak banget di Gudeg Yu Djum. Alamatnya di Jl. Wijilan No.167, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55131. Gudeg Yu Djum ini buka setiap hari mulai dari jam 6 pagi hingga jam 10 malam. Alternatif lainnya kamu bisa mengunjungi Gudeg Bu Tjitro. Alamatnya ada di Jl. Janti No.330, Modalan, Banguntapan, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281. Nah, Gudeg Bu Tjitro ini buka dari jam 9 pagi hingga jam 6 sore.

2. Keripik Tempe Sagu

Sumber Gambar cookpad.com

Berbeda dengan keripik tempe pada umumnya karena ada sagu di dalamnya. Rasa keripiknya juga lebih renyah dibanding keripik tempe biasa. Biji tempe terlihat lebih jelas dan besar. Ini salah satu keunikan keripik tempe sagu. Kalau kamu belum pernah tau atau makan keripik tempe sagu ini, kamu bisa coba membelinya. Siapa tau keluarga atau teman di kampung halaman bisa menyukainya.

Tidak susah untuk mencari keripik tempe sagu di jogja. Kamu bisa membelinya di tempat oleh-oleh. Atau kamu juga bisa membeli langsung di pembuatnya. Salah satunya tempe Sagu Abil di Mrisi, Tirtonirmolo, Kec. Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184. Harganya pun cukup terjangkau yaitu sekitar 30rb untuk 500gr.

3. Geplak

Sumber Gambar fimela.com

Ingat ya ini geplak, bukan seblak, hehehe. Geplak adalah salah satu oleh-oleh yang wajib kamu beli jika pergi ke jogja. Apalagi kalau kamu penggemar makanan manis. Geplak merupakan makanan khas Bantul yang punya banyak varian warna dan rasa yang manis. Makanan manis ini terbuat dari parutan kelapa dan gula pasir atau gula jawa.

Kamu bisa mendapatkan geplak di berbagai tempat di jogja terutama daerah bantul. Banyak toko di Pasar Beringharjo, Sepanjang jalan Malioboro dan sebagainya yang menjualnya. Kamu juga bisa membelinya di Geplak Mbok Tumpuk yang beralamat di Sumuran, Palbapang, Taskombang, Palbapang, Kec. Bantul, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55713. Harga yang ditawarkan sangat terjangkau yaitu Rp 30.000 per satu kilogram Geplak.

4. Batik Jogja

Sumber Gambar Tribunnews

Kalau yang ini sudah pasti wajib dibeli. Batik merupakan salah satu dari warisan budaya Indonesia. Setiap daerah memiliki batik khas dari daerahnya masing-masing, salah satunya jogja. Baik itu kain ataupun baju batik, batik jogja punya keunikan / khas tersendiri pada setiap motifnya. Jogja memang menjadi salah satu kota yang terkenal akan budaya dan batiknya. Banyak pengrajin yang sudah jago atau mahir dalam membuat batik khas Yogyakarta terutama batik motif tradisional (Batik Lawasan).

Kamu tidak perlu khawatir tidak bisa menemukan tempat untuk membeli batik jogja. Hapir di setiap tempat di Jogja ada yang menjual batik khas jogja. Salah satunya di Pasar Beringharjo dan sepanjang jalan malioboro. Kamu bisa ke Hamzah Batik Malioboro. Alamatnya di Jl. Margo Mulyo No.9, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122. Tokonya buka dari jam 9 pagi hingga jam 9 malam. Jadi pastikan kamu tidak kehabisan.

Baca Juga : 51 Motif Batik Khas Yogyakarta (Motif Tradisional)

5. Keripik Belut

Sumber Gambar Tribunnews

Keriripik belut merupakan keripik yang terbuat dari belut. Ya namanya juga keripik belut, wkwkwk. Rasa dari keripik belut ini biasanya asin dengan aroba bawang yang gurih. Keripik belut ini cocok untuk dijadikan oleh oleh jika kamu berwisata di daerah jogja.

Kamu bisa membeli keripik belut di Pusat Kuliner Belut Godean. Pusat Kuliner Belut Godean terletak di Jalan Godean Km. 10, Godean, Sidoagung, Sleman, Sidoagung, Gentingan, Sidoagung, Kec. Godean, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55264. Pusat Kuliner Belut buka setiap hari jam 8 pagi hingga jam 9 malam.

6. Wayang

Wayang merupakan salah satu seni pertunjukkan yang telah dipertunjukkan di berbagai daerah di Indonesia. Ada beberapa jenis pertunjukkan wayang yaitu wayang golek, wayang kulit, dan ada juga wayang orang. Di Yogyakarta yang paling sering digunakan adalah wayang kulit. Wayang kulit ini merupakan bentuk pertunjukan wayang yang menggunakan (wayang) dari bahan kulit.

Nah bagi kamu yang ingin membeli wayang sebagai oleh oleh, kamu bisa membelinya di berbagai tempat seperti jalan malioboro. Kalau kamu ingin membeli wayang di toko, kamu bisa mengunjungi Tjokrosuharto Arts & Crafts. Alamatnya di Jl. Panembahan No.58, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55131.

Baca Juga : 7 Kerajinan Tangan Khas Yogyakarta (Jogja)

7. Jogja Scrummy

Jogja Scrummy merupakan kue berlapis perpaduan antara puff pastry dan brownies kukus dibawahnya yang memiliki filling berbagai rasa. Varian rasa yang dapat dipilih adalah Keju, Coklat, Srikaya, Mangga, Caramel dan Taro/Talas. Tidak hanya itu, Jogja Scrummy juga memiliki produk lain yaitu Premium Carrot Cake. Premium Carrot Cake adalah kue yang berbahan dasar dari Wortel Segar asli dari lereng gunung Merapi. Premium Carrot Cake ini ada 5 varian rasa yaitu Frozting Cheese, Cheese Original, Cokelat, Peanut, dan Caramel.

Pemilik dari Jogja Scrummy adalah seorang artis yang bernama Dude Harlino. Dude Harlino memilih Jogja karena Jogja mempunyai keunikan tersendiri mulai dari budayanya, sejarahnya, agamanya, sosialnya dan wisatanya. Semoga dengan adanya Jogja Scrummy, bisa menambah pilihan oleh-oleh dari Jogja. Kalau kamu ingin membeli Jogja Scrummy gampang. Kamu bisa langsung saja datang ke salah satu outlet yang mereka miliki. Selain itu kamu juga bisa menelpon dulu kalau ingin informasi yang lebih lanjut.

Jogja Scrummy Outlet Kaliurang.
Ruko Cakra Jln. Kaliurang Km. 5.5 No.44 Depok Sleman – Yogyakarta.
Telpon (0274 ) 2840649

Jogja Scrummy Outlet Malioboro.
Jl. Jogonegaran, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55272.
Telpon (0274) 561961

Jogja Scrummy Outlet Katamso.
Jl. Brigjen Katamso No.198, Keparakan, Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55131.
Telpon (0274) 4221013

Jogja Scrummy Outlet Adi Sucipto.
Jl. Laksda Adi Sucipto Km 7 TB I No 5 Rt 003 Rw 002 Tambak Bayan, Catur Tunggal Depok Sleman, Yogyakarta 55281.
Telpon (0274) 485203

8. Cokelat Monggo

Bagi kalian yang orang jawa (wong jowo) pasti sudah tidak asing dengan kata “Monggo”. Kata “Monggo” merupakan sebuah kata dari bahasa Jawa yang berarti “silahkan”. Orang-orang Yogyakarta sering menggunakan kata tersebut sambil menunjukkan jempolnya. Kata tersebut merupakan ekspresi sopan yang mewakili budaya Jawa di Yogyakarta dengan baik dan menjadi nama yang sempurna untuk produk cokelat ini.

Coklat Monggo ini bisa kamu dapatkan di Jl. Dalem KG III No.978, Purbayan, Kec. Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55173. Tokonya buka dari jam 9 pagi hingga jam 5 sore. Harganya bervariasi tergantung bentuk, tipe dan ukuran. Aku sarankan yang cocok untuk dijadikan oleh oleh adalah monggo Bars 40gr. Cokelat batang 40 gram rasa susu ini dijual dengan harga mulai dari Rp. 25.000.

9. Yangko

Makanan khas kota jogja yang satu ini juga unik. Namanya Yangko (bukan Wingko loh ya, beda, hehehe). Yangko juga merupakan makanan khas jogja yang terbuat dari tepung ketan. Bentuknya kotak, kenyal dan memliki rasa yang manis Yangko sering disebut sebagai mochi karena rasa dan bahannya. Namun ada sedikit perbedaan, yangko memiliki tekstur yang lebih padat jika dibandingkan dengan mochi. Isi yang terdapat di dalam yangko biasanya campuran cincangan kacang.

Kalau kamu ingin membeli Yangko, aku sarankan beli di Yangko Pak Prapto. Alamatnya di Jl. Pramuka No.82, Giwangan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55163. Selain rasanya enak, harganya juga lebih terjangkau. Mulai dari Rp. 18.500 per packnya. Kalau kamu suka langsung aja datang ke tokonya.

10. Salak Pondoh Sleman

Sumber Gambar Belibakpia.com

Salak Pondoh Sleman ini merupakan salah satu oleh-oleh yang patut diperhitungkan. Buah salak pondoh ini punya rasa yang manis dan segar. Bahkan menurut Agung pengelola Omah Salak, salak Pondoh memang menjadi maskot perkebunan di Sleman bagian utara atau di sekitar lereng Gunung Merapi. Omah Salak merupakan salah satu Agrowisata Edukasi yang menarik yang beralamat di Jl. Perum Gadjah Mada Asri Kenteng, Kec. Turi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55551. Harganya cukup terjangkau tiket masuk mulai dari Rp. 10.000 per orang dan harga petik salaknya mulai dari Rp. 1.000 per buah.

Tidak hanya sebagai oleh oleh, tapi kamu juga bisa merasakan sensasi memetik buah salak langsung dari pohonnya. Kamu bisa mengunjungi Agrowisata Salak Pondoh Bangunkerto. Alamatnya di Gadung, Bangun Kerto, Turi, Sleman Regency, Special Region of Yogyakarta 55551. Buka setiap hari mulai dari jam 8 pagi hingga 6 sore. Harga masuknya murah banget, mulai dari Rp. 3.000 per orang. Jadi tunggu apa lagi segera kunjungi Agrowisata Salak Pondoh Bangunkerto untuk belajar sekaligus mencari oleh oleh khas jogja.

11. Bakpia Princess Cake

Sumber Gambar asitajogja.org

Jika anda bosan dengan bakpia pathok yang ukurannya kecil, anda bisa membeli bakpia princess cake. Ukurannya jelas lebih besar dan juga isian yang beragam. Usaha miliki Princess Syahrini ini bisa anda jadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Anda bisa dengan mudah menemukan panganan di beberapa tempat sepertu stasiun Tugu, Malioboro dan tempat lainnya.

Bakpia Princess Cake merupakan Bakpia, dengan kulit Bakpia yang berukuran besar, dengan isi didalamnya berupa Princess Cake. Jadi, Secara struktur, Bakpia Princess Cake ini adalah Sebuah kue dengan berbagai varian rasa, dengan lapisan gurih di bawah kue, lalu dibalut secara keseluruhan dengan adonan kulit Bakpia khas Jogja.

Ada 7 Varian Rasa Bakpia Princess Cake yaitu Choco Banana, Double Cheese, Strawberry, Chocolate, Red Bean, Tiramisu dan Durian Limited Edition. Untuk hanganya, Bakpia Princess Cake sesuai paketan Box. 1 box berisi 2 Bakpia Besar dengan satu varian rasa saja. Harga Durian Limited Edition adalah Rp. 180.000 /paket, Choco Banana Rp. 149.000 /paket, Double Cheese Rp. 149.000 /paket, Strawberry Rp. 129.000 /paket, Chocolate Rp. 129.000 /paket, Red bean Rp. 146.000 /paket, Tiramisu Rp. 149.000 /paket.

12. Bakpia Pathok

Bakpia Patok merupakan salah satu bakpia yang paling dicari oleh wisatawan yang berwisata ke jogja. Bentuknya kecil, tapi berisikan banyak varian isi atau rasa. Varian yang paling umum adalah kacang hijau dan keju. Untuk ketahanan, bakpia kering memiliki tingkat ketahanan yang cukup lama. Jadi jangan khawatir untuk membelinya sebagai oleh oleh.

Kalau kamu ingin membeli Bakpia Patok, kamu bisa ke daerah ngampilan. Lebih tepatnya Bakpia Pathok 25 di Jl. Karel Sasuit Tubun No.65, Ngampilan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55261. Atau kamu bisa langsung ke pabriknya. Tempatnya dekat kok di Jl. Sanggrahan 2 No.504, Ngampilan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55132. Harganya pun bervariasi tergantung kualitas, isi dan rasa. BAKPIA PATHOK 25 PREMIUM Isi 15 dengan harga Rp53.500. Sedangkan Bakpia Pathok 25 (All Variant) dengan harga Rp30.000. BAKPIA PATHOK 25 JOGJA RASA KACANG HIJAU Isi 15 dengan harga Rp34.000.

13. Brownies Ubi Ungu

Siapa yang suka brownies ?. Pasti kamu sudah familiar dengan brownies coklat yang rasanya enak banget. Tapi pernahkah kamu makan brownis ubi ungu ?. Kalau belum, kamu wajib beli brownies ubi ungu. Tidak hanya enak banget, brownies ubi ungu ini juga bisa membuat perut kamu tidak keroncongan lagi. Karena memang brownies ini menggunakan bahan ubi. Gimana ? Ingin mencoba brownis ubi ungu ini ?.

Kamu bisa membeli Brownies Ubi Ungu di Cokro Tela Cake yang beralamat di Jl. HOS Cokroaminoto No.97, Pakuncen, Wirobrajan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55253. Harganya cukup terjangkau, mulai dari Rp. 30.000-an per satuannya. Jadi tunggu apa lagi, langsung saja ke tempatnya dan borong semuanya.

14. Belalang Goreng

Apakah kamu pernah memakan belalang goreng ?. Belalang goreng (walang goreng) merupakan makanan “ekstrim” khas Gunung Kidul, Yogayakarta. Sebenarnya Belalang Goreng adalah salah satu makanan tradisional yang terbuat dari bahan dasar belalang. Meski terlihat aneh, namun belalang goreng memiliki rasa yang lezat dan juga mengandung gizi. Tidak perlu takut memakan belalang goreng, sudah banyak kok orang yang sudah mencoba dan bahkan ketagihan untuk makan makanan ini.

Untuk mendapatkan belalang goreng ini kamu bisa pergi ke Pusat Oleh-Oleh Walang Goreng Pak Gareng. Alamatnya ada di Jalan Dharmakum dharmakusuma Selang 1 Kel, Selang V, Selang, Kec. Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55851. Pusat Oleh-Oleh ini buka dari jam 8 pagi hingga jan 9 malam. Harganya berfariasi mulai dari Rp. 20.000-an per toplesnya. Oh ya, kalau kamu ragu kamu bisa mencicipinya dulu loh, GRATIS.

15. Geblek Kulonprogo

Eitss.. jangan salah pengucapan loh ya, ini geblek, bukan goblok, wkwkwk. Geblek ini merupakan salah satu makanan khas kabupaten kulonprogo. Makanan ini dibuat dari adonan tepung singkong dengan rasa asin dan gurih. Geblek ini sering disebut cireng karena bahan baku yang digunakan sama. Meskipun bahan yang digunakan sama, tapi memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda. Geblek berbentuk seperti angka 8 dan punya tekstur kenyal saat dikunyah. Tidak seperti cireng, geblek berwarna putih.

Di kulonprogo, geblek ini bukan makanan yang langka. Kamu bisa menemukan geblek dimanapun sama seperti pisang goreng, mendoan, tahu, dan ubi goreng. Kalau kamu ingin menikmati geblek yang enak dan banyak, kamu bisa ke Geblek Pari Nanggulan Kulonprogo Yogyakarta. Alamatnya di pronosutan, Kembang, Nanggulan, Kulon Progo Regency, Special Region of Yogyakarta 55671. Tempat ini buka setiap hari dari jam 8 pagi hingga jam 8 malam. Kamu bisa menikmati geblak dengan menikmati sejuknya pemandangan pedesaan di sana. Kamu juga bisa membelinya untuk di bawah pulang.

16. Kerajinan Perak

SUmber Gambar nurrochma

Salah satu oleh oleh yang paling aku rekomendasikan untuk dibawa pulang adalah kerajinan. Kerajinan perak menjadi salah satu alternatif oleh oleh khas jogja karena bentuknya yang sangat cantik dan punya ciri khas lokal. Salah satu daerah di jogja yang terkenal dengan kerajinan peraknya adalah kotagede. Kotagede sudah terkenal baik di lokal maupun manca negara.

Jl. Kemasan Gang Sawo KG. II/801A, Nyamplungan, Kec. Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55172. Harganya cukup terjangkau, mulai dari Rp. 10.000 kamu bisa mendapatkan berbagai macam kerajinan perak. Kerajinan perak yang bisa kamu bawa pulang antara lain cincin, giwang dan berbagai macam miniatur becak, kapal, andong dan hewan.

17. Blangkon

Sumber Gambar brilio.net

Blangkon adalah tutup kepala yang dibuat dari batik dan digunakan oleh pria sebagai bagian dari pakaian tradisional Jawa. Sebutan blangkon berasal dari kata blangko, yaitu sebuah istilah yang dipakai orang Jawa untuk mengatakan sesuatu yang siap pakai. Dulunya blangkon tidak berbentuk bulat dan siap pakai, melainkan sama seperti ikat kepala. Jadi pemakaiannya melalui proses pengikatan yang cukup rumit. Seiring berjalannya waktu, ada berbagai inovasi untuk membuat ikat kepala siap pakai yang selanjutnya dijuluki sebagai blangkon.

Untuk membeli blangkonkamu bisa mendapatkannya hampir di seluruh tempat di jogja seperti pasar Beringharjo ataupun malioboro. Jika kamu ingin melihat2 tempat yang khusu menjual blangkon, kamu bisa ke Omah Blangkon Dan Batik. Alamatnya di Bugisan WB 3 No.588, Patangpuluhan, Wirobrajan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55251. Toko ini buka di setiap hari Senin – Sabtu (07.30 pagi – 5 sore) sedangkan hari minggu buka dari jam 9 pagi hingga jam 3 sore.

18. Kaos Dagadu

Sumber Gambar ziliun.com

Kalau di bali identik dengan kaos bali atau joger, kalau di jogja ada yang namanya kaos dagadu. Dagadu adalah nama dari sebuah merek dagang berupa suatu rancangan grafis yang dibuat pada cenderamata, terutama baju atau kaos, gantungan kunci, gambar tempel dan lain-lain. Merek Dagadu merupakan milik sebuah perusahaan yang bernama PT. Aseli Dagadu Djokdja yang berasaldari Yogyakarta. Salah satu produk yang pling banyak diminati oleh wisatawan adalah kaosnya. Kaos dagadu sering dijadikan oleh-oleh bagi wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Kalau berminat untuk membelinya kamu bisa langsung datang ke toko Dagadu Jogja Asli. Alamat toko Dagadu Jogja Asli di Jl.Pekapalan Kraton, Jl. Alun-Alun Utara No.7, Prawirodirjan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55132. Kamu bisa mengunjungi tokonya dari jam 9 pagi hingga jam 9.30 malam. Bagi yang sering nongkrong di mall, kamu bisa dapatkan juga kaos dagadu di Malioboro Mall Lantai LG. Alamat mallnya di Jalan Malioboro, Suryatmajan, Kec. Danurejan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55271.

19. Mamahke Jogja

Oleh-oleh khas jogja yang satu ini bukan panggilan buat mamah loh. MAMAHKE adalah trend oleh-oleh baru di Jogja yang diwujudkan dalam bentuk cake. Bukan hanya sekedar cake, tapi cake yang memiliki aneka rasa yang nendang dan memiliki rasa khas Jogja. Pemiliknya adalah artis Indonesia Zaskia Mecca dan Hanung Bramantyo. TIdak hanya rasanya yang enak, MAMAHKE lahir dengan kemasan yang istimewa. Zaskia mengaku menghabiskan waktu cukup lama demi mendapatkan rasa yang “endezz” dari tiap gigitan cake yang ditawarkannya ini.

Kalau kamu memang ingin membeli kue artis mamahke jogja, kamu bisa beli di berbagai tempat yang menjual oleh-oleh di Jogja. Kamu juga bisa langsung pergi ke tokonya di Kraton. Alamat lengkapnya di KT 1 329, Kraton, Jl. Taman, Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55133. Sekitar 2 menit jalan dari Taman Sari. Tokonya buka setiap hari dari jam 7 pagi hingga jam 9 malam. Harganya tergantung dari jenis, varian dan rasanya. Mulai dari krucil dengan harga Rp 20.000, Roll Cake seharga Rp 45.000-an hingga Reguler dengan harga Rp 60.000 – Rp 65.000. Jadi tunggu apalagi, langsung datang ke tokonya sekarang juga.

20. Kerajinan Kulit

Sumber Gambar visitingjogja.com

Oleh-Oleh kerajinan tangan lainnya yang bisa kamu bawa pulang adalah kerajinan kulit. Ada banyak produk kerajinan kulit diantaranya Jaket, Tas, Sepatu, Sandal, Lukisan, Sabuk, Dompet, Hiasan Dinding, dan masih banyak lagi lainnya. Kerajinan Kulit ini merupakan salah satu oleh oleh yang pas untuk kamu bawa pulang dari jogja.

Jika kamu ingin membeli oleh oleh kerajinan kulit kamu bisa mengunjungi Desa Manding. Selain kamu bisa membeli kerajinan kulit, kamu juga bisa melihat berbagai macam produk kerajinan yang dibuat dengan bahan dasar kulit. Para pengrajin di sini sudah membuat kerajinan seperti jaket, tas, sepatu kulit dan barang serba kulit sejak tahun 1957. Kamu tidak perlu takut akan keaslian bahannya. Hampir semua produk kerajinan tangna yang dibuat di sini dibuat dengan 100% kulit asli. Walaupun produk kerajinan tangan di sini dibuat dengan kulit asli, tapi harga di sini pun sangat terjangkau. Misalnya harga jaket berbahan 100 persen kulit asli, biasanya dibanderol mulai dari Rp 500 ribu sampai Rp 2 juta. Begitu pun dengan sepatu pria berbahan kulit asli, harganya dibanderol mulai dari Rp 200 ribuan.

21. Tasuba

Bagi kalian penggemar bakso pasti tau dong yang namanya Tasuba. Yup, Tasuba adalah singkatan dari Tahu Susu Bakso. Tasuba ini memiliki tekstur tahu yang lebih padat daripada tahu bakso pada umumnya. Kamu bisa menjadikan ini sebagai salah satu oleh oleh khas jogja. Kamu bisa menghadiakannya ke orang terdekatmu yang belum pernah makan Tasuba seumur hidupnya.

Kalau kamu tertarik untuk membeli tasuba, kamu bisa ke Tasuba “Tahu Susu” Bakso Aneka Rasa. Alamatnya di Jl. Laksda Adisucipto No.Km. 7, RW.6, Janti, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281. Tempat ini buka setiap hari dari jam 6 pagi hingga 8 malam. Harganya bervariasi mulai dari tasuba sapi dengan harga Rp. 24.000 per porsi. Untuk ketahanannya tasuba ini kuat hingga 30 jam perjalanan, jadi tidak perlu takut untuk dibawa pulang.

22. Gerabah Kasongan

Kasongan merupakan salah satu jenis kerajinan tradisional dari Yogyakarta. Biasanya, Kasongan juga dikenal dengan nama gerabah. Namun penyebutan Kasongan lebih terkait ke lokasi atau daerah yang mengembangkan kerajinan ini. Sehingga masyarakat menyebut kerajinannya menjadi gerabah kasongan. Kasongan sebenarnya juga nama daerah tujuan wisata di wilayah kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya sekitar 6 km dari Alun-alun Utara Yogyakarta ke arah Selatan.

Nah bagi kamu yang menginginkan gerabah kasongan sebagai oleh oleh, kamu bisa membelinya di Kasongan. Alamat lengkapnya di Jl. Kasongan, Kajen, Bangunjiwo, Kec. Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184. Kamu bisa mengunjunginya dari jam 8 pagi hingga jam 7 malam. Ada berbagai macam bentuk produk gerabah kasongan di sini. Kamu bisa membelinya dan menjadikannya sebagai oleh oleh jika kamu mau. Tidak hanya itu, kamu juga bisa belajar cara membuat gerabah langsung dari ahlinya.

23. Berbagai Aksesoris Khas Jogja

Nah kalau ini biasanya banyak dibeli oleh wisatawan sebagai oleh oleh. Berbagai Aksesoris seperti gantungan kunci, gelang, kalung dan sebagainya bisa kamu temukan di berbagai tempat di jogja. Salah satunya di jalan malioboro. Di sana kamu bisa menemukan beragai aksesoris khas jogja yang bisa kamu bawa pulang. Harganya pung berfariatif, mulai dari Rp. 1.000 rupiah hingga ratusan ribu rupiah.


Itulah tadi 23 Rekomendasi Oleh Oleh Khas Jogja Lengkap dengan Tempat dan Harganya. Sebenarnya masih banyak lagi oleh-oleh khas jogja yang bisa kamu beli. Jadi jangan lupa untuk mengunjungi https://blog.mariberkarya.com setiap harinya. Biar kamu gak ketinggalan info tentang kerajinan tangan, bisnis online dan sebagainya. Subscribe juga Channel Youtube Mariberkarya agar kamu bisa mengetahui update terbaru dari dunia kerajinan tangan, bisnis online dan lain sebagainya.

Baca Juga :
5 Wisata Kampung Batik Indonesia yang Wajib Dikunjungi
Tempat Jual Beli Kerajinan di Bandung
7 Kerajinan Tangan Khas Jawa Tengah

Kami Percaya bahwa Orang Indonesia Memiliki Kreativitas untuk Membuat Karya yang Berkualitas.
Tetap Belajar, Terus Berkarya dan Selalu Bersinergi.
Mariberkarya, Ini Karya Kita.

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas