12 Oleh Oleh Khas Bali yang Wajib Kamu Beli

12 Oleh Oleh Khas Bali yang Wajib Kamu Beli

Oleh Oleh Khas Bali – Liburan tak lengap nampaknya jika tidak membeli oleh oleh untuk dibawa pulang. Bagaikan sayur tanpa garam, oleh oleh menjadi salah satu bagian dari liburan kamu, terutama bagi kamu yang berlibur di tempat yang jauh. Nah jika kamu sedang atau berencana untuk liburan di bali, tentunya kamu tidak akan melewatkan untuk membeli oleh oleh kan. Nah ini ada beberapa referensi oleh oleh khas bali yang wajib kamu beli.

Joger

Oleh Oleh Khas Bali - Joger

Siapa yang tidak tau joger ?. Joger atau Toko Pabrik Kata-Kata adalah salah satu tempat yang tidak boleh dilewatkan saat kita berkunjung ke Bali. Setiap orang yang ke Bali pasti akan mampir ke sini untuk membeli oleh oleh. Joger menjual berbagai souvenir atau oleh oleh khas bali. Contoh produk yang dijual adalah kaos, souvenir, sepatu, sandal dll. Keunikan dari joger dibanding produk lain adalah kata-kata yang diguanakan di setiap produknya. Hal inilah yang menyebabkan joger sering disebut sebagai Toko Pabrik Kata-Kata.

Toko Pabrik Kata-Kata Joger ada di Jl. Raya Kuta, Kuta, Kabupaten Badung, Bali. Lokasinya sangat strategis dan dekat dengan wisata Pantai Kuta yaitu sekitar 1,3 km. Kamu cukup menempuh perjalanan sekitar 30 menit dari sana. Area parkir motor dan mobil yang disediakan cuup luas. Namun hampir setiap hari selalu penuh karena ramainya pengunjung. Apalagi saat liburan sekolah, libur lebaran dan tahun baru. Kamu juga sedang berwisata di daerah bedugul, kamu bisa mengunjungi Toko joger yang ada di luwus. Alamatnya di Jalan Mekarsari No.16, Luwus, Baturiti Bedugul, Bali. Kedua toko tersebut buka setiap hari di jam yang sama yaitu jam 10:00 WITA. Beda hanya di jam tutupnya saja. Jika Joger Kuta tutup pada jam 20:00 WITA atau jam 8 malam, sedangkan Joger Luwus tutup pada jam 18:00 WITA atau jam 6 sore.

Lokasi Toko Pabrik Kata-Kata Joger :
Kuta : Jl. Raya Kuta, Kuta, Kabupaten Badung, Bali.
Luwus : Jalan Mekarsari No.16, Luwus, Baturiti Bedugul, Bali.
Baca Juga : Joger Bali, Tempat Berburu Oleh Oleh Khas Bali

Pie Susu

Oleh Oleh Khas Bali - Pie Susu Sari

Pie Susu merupakan oleh oleh khas bali berupa makanan atau jajanan lebih tepatnya. bentuknya mirip seperti roti pie tapi dalam ukuran kecil. Yang unik dari pie susu adalah rasa susu yang terasa enak dan melumer di lidah. Ada berbagai macam jenis pie susu yang bisa kkamu beli yaitu Original, Vanila, Coklat, Strawberry, Kacang, Keju dan sebagainya. Pie susu ini cocok dijadikan oleh oleh karena ketahanannya. Pie susu bisa bertahan hingga semingggu. Selain bisa dimakan secara langsung sebagai cemilan, kamu juga bisa menikmati pie susu dengan cara lain. Contohnya pie susu yang dihidangkan dengan teh atau kopi.

Di Bali ada berbagai macam pie susu yang bisa kamu beli. Salah satunya Pie Susu Sari. Ini bukan iklan atau apapun, tapi memang pie susu sari ini salah satu pie susu yang banyak dibeli oleh wisatawan yang berkunjung ke bali. Pie Susu Sari adalah kue pie susu asli buatan sendiri dengan rasa & kualitas yang terjamin. Pie susu ini menggunakan bahan baku berkualitas tanpa bahan pengawet. Produk Pie Susu Sari yang paling laris adalah Pie Susu Original Isi 6 Pcs dengan harga Rp. 10.000. Mereka juga menjual berbagai macam produk pie susu lain seperti keju, coklat keju, dan aneka rasa. Pie susu Sari aneka rasa bisa berisi rasa Coklat , Strawberry , Pandan, dan Original.

Lokasi Toko Pie Susu Sari :
Jl. Saturnus No.21 Denpasar – Bali
Phone : 081238578587

Kacang Disco

Oleh Oleh Khas Bali - Kacang Disco

Meskipun namanya kacang disco, bukan berarti kacang ini buat orang yang mau disco aja. Kacang disco adalah kacang yang terbuat dari kacang tanah yang digoreng menggunakan tepung dan telah dicampur bumbu. Kacang disco memiliki bentuk yang mirip dengan kacang tepung biasa. Bedanya tepung pada kacang disco cukup tebal dan antara kacang yang satu dengan yang lain kadang saling berdekatan. Kalau untuk rasanya kacang disco cukup gurih, sedikit manis asin dan sedikit terasa kejunya. Untuk harganya sendiri bervariasi. Kacang disko dengan netto 250 gram berkisar dari Rp16.000 sampai Rp20.000 sementara netto 500 gram dijual sekitar 35.000 sampai Rp40.000.


Iklan Lewat

Kacang disco merupakan makanan oleh oleh khas bali yang sering dijadikan sebagai janajan kuliner saat berwisata ke Bali. Kacang disco mempunyai cita rasa yang sangat renyah sekali. Tambahan rasa pedas semakin membuat olahan kacang disco Bali banyak dicari oleh banyak orang. Kacang disco Bali dijual dengan harga yang sangat terjangkau sehingga hampir semua orang sudah pernah mencoba menikmati kacang disco Bali. Ada banyak merek kacang disco yang beredar di pasaran. Namun merek kacang disco yang paling dikenal di Bali adalah Kacang Disco Mami. Dan sekali lagi ini bukan iklan ya temen-temen. Kacang Disco Mami punya berbagai rasa, mulai dari ekstra pedas, manis, udang, dan barbeque.

Tas Rotan Bulat

Oleh Oleh Khas Bali - Tas Rotan Bulat 17

Tas Rotan Bulat Bali kini sangat diminati oleh banyak orang baik anak remaja hingga dewasa. Di Instagram banyak unggahan foto yang menampilkan berbagai macam Tas Rotan Bulat. Sebenarnya tas rotan tidak hanya berbentuk bulat, namun ada juga yang berbentuk yang persegi, bahkan segi lima atau enam. Tas rotan yang selama ini menjadi incaran orang orang adalah Tas Rotan Bulat Bali. Tas Rotan Bali ini merupakan produk kerajinan asal Bali. Mereka menginginkan tas tersebut sebagai koleksi, oleh oleh atau hanya sekedar mengikuti tren saja. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa Tas Rotan Bali ini memang cocok untuk dijadikan oleh oleh khas bali yang wajib kamu bawa pulang.

Tas Rotan Bali adalah tas yang unik dan artistik. Selain itu tas ini juga banyak disukai karena ramah lingkungan. Tas Rotan Bali ini bisa kamu temui di seluruh area wisata bali, terutama Tas Rotan Bulat. Namun yang paliing banyak dijumpai adalah di Pasar Ubud. Lebih dari 20 macam tas rotan yang dijual di sana. Kamu bisa memilih tas rotan yang kamu sukai untuk dijadikan oleh oleh khas bali. Kamu juga bisa membeli tas ini di Pasar Sukowati. Namun jika kamu beli di sana, harus jago menawar ya.

Lokasi :
Pasar Seni Ubud : Ubud, Kecamatan Gianyar, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali
Pasar Seni Sukawati : Jalan Raya Sukawati, Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali

Kain dan Baju Bali

Oleh Oleh Khas Bali - Kain dan Baju Bali

Baju Bali memiliki beragam pilihan gambar dan bahan tipis yang enak dipakai. Baju bali menggunakan bahan yang cepat kering, yang cocok dipakai ketika bermain di pantai Bali. Baju bali dengan aneka model, corak dan design motif khas Bali banyak dijual di mana-mana. Motif atau gambar yang digunakan biasanya gambar barong atau tulisan i love bali. Baju Bali sangat banyak dijual di seluruh area bali. Salah satu tempat yang bisa kamu tuju untuk membeli baju bali yang bagus adalah kampung souvenir. Baju bali dari kampung souvenir ini terbuat dari bahan textile yang bagus dengan berbagai pilihan motif dan warna baju bali. Keunggulan dari baju bali adalah menggunakan bahan yang berkualitas, dingin dan nyaman dipakai, jahitan rapi, kemudian awet dan tahan lama.

Kain bali juga sering menjadi oleh oleh yang biasa dibeli saat liburan ke bali. Salah satu contoh kain bali adalah kain pantai bali. Kain pantai Bali ini banyak peminatnya karena kainnya yang sejuk dan nyaman dipakai. Selain itu motif-motifnya yang terus berkembang membuat orang tidak pernah bosan memakainya. Selain digunakan untuuk oleh oleh, kain ini juga sering dipakai wisatawan saat menikmati wisata dii bali. Sesuai namanya, kain pantai khas bali ini memang sangat cocok dipakai saat jalan-jalan ke pantai. Wisatawan wanita yang berkunjung ke Bali dan hendak jalan-jalan di pantai banyak menggunakan kain bali. Mereka merasa seakan tidak lengkap jika tidak mengenakan kain pantai bali ini.

Batik Bali

Oleh Oleh Khas Bali - Batik Bali

Batik yang memiliki kualitas tinggi biasanya menunjukkan status sosial seseorang di mata masyarakat. Seperti pemakaian label atau merek desainar terkenal yang menunjukkan kekayaan seseorang itu. Kualitas batik di bali sangat bagus. Batik di bali mencoba menunjukkan kualitasnya dengan mengandalkan kreativitas pengrajin dan ciri khas budaya lokal yang mereka miliki. Batik bali dibuat secara langsung oleh tangan tangan kreatif para pengrajin di bali. Bali juga sangat kental dengan seni dan budayanya juga berpengaruh terhadap perkembangan batik di bali.

Motif motif batik di bali sangat khas dengan kearifan lokal. Dalam setiap pembuatannya, motif batik bali memiliki ciri khas yang berbeda dengan motif batik di daerah lain. Salah satunya yaitu aksen yang diberikan pada motif batik bali itu tidak sama besar satu sama lain. Perpaduan motif tradisional dan modern yang menjadi satu. Batik bali juga menerapkan perpaduan budaya asli bali dengan budaya uar pulau bali. Oleh karena itu motif batik bali sangat khas dan indah, cocok untuk dijadikan oleh oleh khas bali.


Iklan Lewat

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang motif batik bali, kamu bisa klik link di bawah ini :
6 Motif Batik Bali yang Wajib Kamu Ketahui

Gelang Bali

Oleh Oleh Khas Bali - Gelang Bali

Liburan ke bali kurang lengkap tanpa aksesoris khas bali seperti gelang. Gelang bali memiliki banyak model dan material. Gelang-gelang khas Bali ini bisa kamu jadikan aksesoris yang bisa disesuaikan dengan pakaian kamu. Baik penampilan bergaya feminin, kasual, atau eksotik, kamu bisa mix n match dengan memakai gelang khas Bali. Bali memang sangat kental dengan nuansa etnik dan memiliki cita rasa seni yang tinggi. Tak heran jika pengrajin bali mampu menghasilkan berbagai macam hasil kerajinan tangan dan karya seni yang berkualitas seperti gelang bali ini. Tak heran kalau wisatawan baik lokal maupun mancanegara sangat ingin membeli gelang bali untuk dipakainya saat liburan. Untuk mendapatkan gelang bali ini, hampir di semua tempat di objek wisata di bali menjual gelang bali. So, kamu bisa mendapatkannya dengan mudah jika kamu pergi ke tempat wisata.

Lukisan

Oleh Oleh Khas Bali - Lukisan 3

Lukisan khas bali sangat banyak dicari karena bentuknya yang sangat unik dan mengandung nilai seni yang sangat tinggi. Pengerjaannya sangat rapi sehingga menghasilkan sebuah luukisan yang berkualitas dan menjadikannya sebagai salah satu lukisan yang terkenal di dunia. Jika ingin membeli lukisan sebagai oleh oleh khas bali, carilah lukisan yang dijual langsung oleh pengrajin yang membuatnya. Dialah yang mengetahui dengan jelas makna dibalik lukisan itu. Lukisan yang dibuat untuk dijual akan berbeda hasilnya jika dibandingkan dengan lukisan yang dipesan dalam jumlah banyak.

Jika kamu ingin membeli lukisan khas bali, kamu bisa berkunjung ke Pasar Seni Kumbasari. Selain untuk membeli lukisan, para pengunjung juga bisa belajar teknik-teknik melukis. Para pengrajin atau seniman lukis di Pasar Seni Kumbasari bersedia untuk berdiskusi tentang hasil karya lukisan mereka. Selain itu kamu juga bisa membeli lukisan di Pasar Guwang. Mereka menjual lukisan bergambar pemandangan, nuansa tradisional Bali, hingga lukisan modern, abstrak, dan minimalis. Harga lukisannya bervariasi, mulai dari 50 rb hingga jutaan rupiah untuk 1 lukisan.

Tempat membeli Lukisan di Bali :
Pasar Seni Kumbasari : Jl. Gajah Mada, Pemecutan, Denpasar Bar., Kota Denpasar, Bali
Pasar Seni Guwang Sukawati : Jl. Raya Guwang No.5, Guwang, Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali

Kerajinan Ukiran Kayu

Oleh Oleh Khas Bali - Ukiran Kayu 1

Siapa yang tidak tau produk ukiran kayu dari Bali. Hampir semua orang terutama turis mancanegara pasti mengetahui tentang betapa unik dan berkualitasnya produk ukiran kayu dari Bali. Aneka produk ukiran model antik khas Bali berbahan baku kayu memang sejak lama selalu mendapat pesanan dari luar negeri. Produk berupa daun pintu dan dinding rumah dari bahan baku kayu yang diukir dan dicat dengan model antik itu menjadi barang seni bernilai jual tinggi di pasar luar negeri. Pengrajin ukiran kayu yang tersebar di Bali sangat kreatif dalam mengembangkan desain baru yang sesuai dengan selera dan kondisi keuangan konsumen baik lokal maupun mancanegara.

Buat kamu yang menginginkan oleh oleh atau souvenir ukiran kayu khas bali, kamu bisa membeli beberapa jenis produk. Mulai dari yang agak besar seperti pohon pisang kayu, bunga kayu, topeng kayu Bali dll. Kamu juga bisa membeli oleh oleh khas bali yang agak kecil seperti papan nama kayu, kotak perhiasan kayu, gantungan kunci, lonceng angin, dll. Ukiran kayu yang dijual di Bali terdiri dari banyak jeni dengan beragam pilihan warna dan bentuk yang dapat kamu temukan di toko-toko seni di daerah Bali.
Salah satu daerah di Bali yang dikenal sebagai daerah penghasil kerajinan ukiran kayu dengan nilai seni tinggi adalah Gianyar. Produk kerajinan ukiran kayu dari Gianyar memiliki rancangan yang khas, detail ukiran yang rapi dan jenis bahan baku yang berkualitas tinggi. Tak heran jika harga jualnya pun dapat menembus belasan dan bahkan puluhan juta. Kerajinan ukiran kayu tradisional dari Gianyar ini pun telah mendapatkan pasarnya di mancanegara.

Kerajinan Batok Kelapa

Oleh Oleh Khas Bali - Kerajinan Batok Kelapa 1

Tempurung atau kita biasa menyebutnya batok kelapa ternyata bisa disulap menjadi cantik dan menarik sebagai sebuah karya seni lho. Ada banyak produk yang beisa dibuat dari batok kelapa, terutama untuk souvenir. Produk yang cocok untuk kamu jadikan oleh oleh atau souvenir dari batok kelapa adalah papan nama, kap lampu, celengan, kotak tisu, dompet, topeng, aksesoris, tas dan dekorasi interior. Ukurannya bervariasi sesuai dengan kebutuhan kamu.


Iklan Lewat

Kerajinan batok kelapa ini dapat dengan mudah kamu temukan hampir di semua toko-toko seni dan toko-toko suvenir di daerah wisata di Bali. Kamu juga bisa menemukannya di toko-toko kerajinan, toko suvenir dan PKL. Jika kamu ingin pergi langsung ke pusat pembuatan berbagai jenis kerajinan kelapa, kamu bisa ke Tampaksiring, Gianyar, Bali. Di sana kamu bisa menemukan banyak sekali kerajinan tangan dari batok kelapa untuk kamu jadikan oleh oleh khas bali. Membuat kerajinan tempurung atau batok kelapa sudah menjadi tradisi bagi warga setempat.

Sandal Etnik Bali

Oleh Oleh Khas Bali - Sandal Etnik Bali 5

Kenapa harus sandal, ,di kotaku juga banyak sandal. Eittss.. jangan bilang gitu dulu. Sandal yang aku maksud bukan sandal biasa. Sandal etnik bali ini berbeda dengan sandal lainnya alias bukan mainstream. Sandal ini dibuat secara handmade oleh para pengrajin lokal di Bali. Ciri khas dari sandal ini adalah hiasan payet atau manik-manik di bagian atasnya sehingga tampak begitu cantik. Buat cewek cewek yang ingin santai tapi tetep cantik, bisa tuh bawa pulang sandal ini. Buat cowok jangan ya. Kalau beli buat pasangannya gak apa2 asal jangan beli buat diri sendiri, hehe. Buat cowok sebenarnya juga ada sandal flat dan ada juga wedges dengan model dan pilihan warna yang bervariasi.

Perhiasan Perak

Oleh Oleh Khas Bali - Kerajinan Perak

Taukah kamu kalau Kerajinan Perak buatan pengrajin di Bali memiliki kualitas standar Internasional lho. Kerajinan Perak di Bali ini banyak menarik minat wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk membelinya. Apalagi wisatawan wanita, pasti tak mau ketinggalan untuk membeli produk kerajinan yang satu ini. Model perhiasan yang cantik dan kekinian menjadi magnet bagi para wisatawan wanita untuk memilikinya. Kerajinan perak yang banyak dijual di pasaran adalah cincin, gelang, kalung, liontin, anting, bros, serta aksesoris cantik lainnya.

Salah satu tempat yang memproduksi atau membuat kerajinan perak di bali adalah Gianyar. Semua perhiasan perak yang diproduksi di Gianyar merupakan perak murni yang dicampur dengan metal lain seperti tembaga. Para pengrajin perak dari Gianyar ini telah berhasil menciptakan ragam perhiasan yang didesain dan dikerjakan secara manual maupun dibantu oleh mesin pabrik. Namun untuk membelinya kamu tidak perlu ke pabrik pembuatannya di Gianyar. Kamu cukup cari saja di berbagai toko art shop atau galeri perhiasan di Sanur, Kuta, atau beberapa kompleks toko perhiasan di kota Denpasar.

Itu tadi 12 Oleh Oleh Khas Bali yang Wajib Kamu Beli. Oleh oleh mana yang menurutmu menarik ?. Selama musim liburan, jangan cuman menikmati wisatanya saja ya. Jangan lupa untuk belikan oleh oleh untuk keluarga, tetangga, teman, sahabat, pacar, mantan (ups), suami, istri, dll. Dan selamat berlibur buat kamu yang akan liburan nanti. Semoga liburan kamu menyenangkan.

Baca Juga : Pengusaha Kerajinan Tangan yang Sukses #1

Untuk mengetahui produk-produk kerajinan tangan lainnya klik link : Mariberkarya.

Kami Percaya bahwa Orang Indonesia Memiliki Kreativitas untuk Membuat Karya yang Berkualitas.
Tetap Belajar, Terus Berkarya dan Selalu Bersinergi.
Mariberkarya, Ini Karya Kita


Iklan Lewat
Iklan Lewat

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas