11 Ide Bisnis Barang Bekas yang Menguntungkan

Ide Bisnis Barang Bekas memang terlihat aneh bagi sebagian orang. Masa barang bekas mau dijadikan bisnis. Banyak yang menganggap bawang bekas ya sampah yang memang harus dibuang. Jika barang bekas dibiarkan menumpuk di rumah kita justru akan semakin meyulitkan. Selain karena baunya yang tidak enak, juga memakan banyak tempat dan merusak pemandangan. Tapi tidak sedikit juga loh yang bisa menjadikan barang bekas sebagai salah satu bisnis yang menjanjikan kedepannya.

Ide Bisnis Barang Bekas yang Menguntungkan

Siapa bilang memulai bisnis harus dengan modal besar. Apa benar untuk memulai bisnis harus memiliki uang banyak. Banyak orang yang tidak memulai bisnis karena belum punya modal. Sebenarnya memulai bisni itu tidak perlu modal yang besar. Asalkan kamu yakin dengan bisnis kamu dan kamu percaya, lakukan saja. Dalam perjalanannya kamu akan belajar. Berbagai permasalahan dalam bisnis yang kamu jalani akan mengajarimu bahwa untuk memulai bisnis tidak perlu modal besar. Kamu hanya membutuhkan bekal. Kamu bisa mempelajari tentang bekal memulai bisnis di sini :

Bekal GRATIS : Bekal Bikin Bisnis

Sebelum kamu membuat bekal bisnis kamu, kamu perlu tau bisnis seperti apa yang akan kamu jalankan. Nah bagi kamu yang pemula atau baru memulai bisnis pertama, aku sarankan mulai dari bisnis barang bekas. Kamu bisa mengolah atau mendaur ulangnya menjadi barang baru yang lebih berguna. Ada banyak barang bekas yang bisa dijadikan bisnis. berikut diantaranya :

1. Botol Minuman Bekas

Siapa yang tidak tau botol minuman yang sering kita gunakan setiap hari untuk minum. Ya iyalah untuk minum, masa botol minuman untuk makan. Biasanya setelah minum, kita akan membuang botol minuman tersebut. Padahal kita bisa loh mengumpulkan botol minuman dan membuat produk kerajinan tangan dari botol tersebut. Banyak perusahaan besar yang sudah memanfaatkan botol bekas terutama botol plastik bekas untuk didaur ulang. Biasanya botol plastik bekas yang telah dikumpulkan akan diolah dahulu dengan cara digiling menggunakan mesin. Kemudian akan dihancurkan menjadi serpihan-serpihan kecil sehingga nantinya menghasilkan biji plastik. Biji plastik inilah yang kemudian digunakan untuk membuat produk baru berbahan dasar plastik.

Pelajari ini : Kerajinan Daur Ulang – Sapu dari Botol Plastik Bekas

Buat kamu yang baru memulai mungkin sulit untuk bisa melakukan itu. Namun jangan khawatir, kamu bisa mendaur ulang botol plastik bekas menjadi kerajinan dengan berbagai bentuk. Kamu bisa membentuk bunga, celengan, bunga plastik, dan sebagainya. Hanya tinggal menggunting dan menempel beberapa bagian yang diperlukan untuk membuat suatu bentuk baru.

2. Kertas atau Koran bekas

Kertas atau koran bekas bisa dibuat menjadi berabagai macam bentuk yang bagus. Tidaklah sulit untu kmendapatkan kertas atau koran bekas ini. Aku yakin kamu juga pasti memilikinya di rumah. Pemanfaatan kertas atau koran bekas ini bermacam-macam. Salah satu pemanfaatan kertas atau koran bekas adalah Origami. Origami adalah salah satu kerajinan tangan yang cukup mudah. Hanya dengan 1 lembar kertas saja kamu bisa membuat berbagai macam bentuk. Mulai dari bentuk hewan, bangunan, kendaraan dan sebagainya.

Baca Juga : 11 Cara Memanfaatkan Limbah Kertas Bekas

Jika kamu sudah bisa membuat satu produk kerajinan tangan, kamu bisa mengunggahnya di social media atau marketplace. Khusus buat kamu yang ingin menjual kerajinan tangan, kamu bisa menjualnya di marketplace khusus kerajinan tangan yaitu : https://mariberkarya.com.

3. Baju Bekas

Kamu punya baju bekas yang sudah tidak terpakai, jangan di buang dulu. Kamu bisa loh mendaur ulang baju bekas menjadi sebuah produk kerajinan yang bernilai ekonomi. Baju Bekas terebut bisa menjadi tas, syal, sarung bantal, gelang, kantung, bandana, dll. kamu bisa membuat berbagai bentuk sesuai yang kamu inginkan. Kamu bisa menggunakan 2 atau lebih baju bekas untuk memadukan warna, bentuk dan ukurannya.

4. Kain Bekas

Sama seperti baju bekas, kamu juga bisa membuat kain bekas menjadi sebuah kerajinan tangan yang unik. Kain bekas bisa kamu manfaatkan untuk bahan membuat dompet, pouch, casing hp, hiasan dinding dan sebagainya. Kalau memang banyak kain bekas yang menumpuk di rumah sebaiknya dimanfaatkan. Jangan hanya dijadikan sebagai pel atau lap saja, hehehe. Siapa tau kalau kamu bisa membuat produk yang bagus dari kain bekas, kamu bisa menjadikan ini sebagai bisnis yang menjanjikan. Apalagi di tengah pandemi seperti ini, tidak ada salahnya kamu mencoba hal baru kan.

5. Bungkus Plastik

Banyak yang bilang bahwa bungkus plastik adalah sampah yang tidak berguna. Kita terbiasa ketika habis makan snack bungkusnya di buang. Membuat minuman kopi sachet, kopinya disruput bungkusnya dibuang. Kalau detergen habis, bungkusnya dibuang. Padahal, bungkus plastik itu bisa disulap menjadi produk kerajinan yang bernilai jual tinggi loh. Kamu bisa membuat berbagai macam produk seperti tas, pouch, dompet hingga baju. Makanya mulai sekarang kalau ada bungkus plastik yang tidak terpakai kamu simpan dulu. Tetapi jangan lupa dibersihkan sampai bersih. Jangan sampai bungkus plastik itu malah menyebabkan bau yang tidak enak di rumahmu.

6. Kaleng Bekas

Mungkin banyak dari kita yang berfikir, bagaimana caranya kaleng bekas yang tidak berguna bisa dimanfaatkan. Sebagian besar dari kita justru akan membuang kaleng bekas yang sudah tidak terpakai lagi. Namun tidak bagi seorang pengrajin Indonesia yang kreatif. Berbagai kaleng yang sudah tidak terpakai bisa menjadi produk yang unik dan bernilai tinggi. Kaleng bekas dapat diubah menjadi benda kerajinan seperti lukisan kaleng, kotak majalah, kotak pensil, kotak tisu, dll. Kamu juga bisa membuat lukisan di kaleng dan kemudian dijual. Tidak hanya bisa dijual di Indonesia loh, tapi bisa juga menembus pasar Internasional.

Baca Juga : Kerajinan Lukisan Kaleng Indonesia Go Internasional

7. Kayu Bekas

Ide Bisnis Barang Bekas selanjutnya adalah bisnis dari kayu bekas. Kayu bekas bisa kamu manfaatkan untuk berbagai jenis produk kerajinan tangan. Kamu bisa membuat berbagai hiasan dinding, tempat lampu, keranjang, dll. Berbagai produk furnitur seperti kursi, meja, lemari juga bisa dibuat dengan menggunakan kayu bekas. Tentunya tidak semua kayu bekas bisa dimanfaatkan. Jika memang kayu bekas itu mudah rapuh atau mudah patah ya tidak bisa digunakan. Namun juga kayu yang digunakan itu kuat dan tidak mudah patah, maka kamu bisa menggunakannya. Banyak kok pengrajin sukses yang membuat bisnis kerajinan dengan memandaatkan kayu bekas. Bisa jadi kamu adalah salah satunya jika kamu mau memulainya sekarang.

8. Sedotan bekas

Sedotan merupakan hal sepele yang kita gunakan sehari-hari. Bahkan terkadang kita tidak menyadari kalau kita menggunakan sedotan saat minum. Setelah menggunakan sedotan pun kita langsung membuangnya tanpa berpikir panjang. Tapi untungnya kamu membaca artikel ini. Kamu bisa loh menjadikan sedotan yang kamu punya untuk membuat berbagai macam kerajinan tangan yang unik. Kamu bisa membuat Tas. Butuh beberapa tahapan yang perlu dilakukan seperti menyusun sedotan, membuat dasarnya, kemudian menjahit hingga menjadi sebuah tas.

Baca Juga : Kerajinan Tangan dari Sedotan

Siapa sangka kalau banyak kerajinan yang bisa Anda buat dari sedotan bekas. Salah satunya adalah bunga plastik. Ya, bisnis daur ulang dari sedotan ini memang paling umum dan paling sering dijadikan kerajinan rumahan lho. Bahkan anak sekelas SD pun sudah pandai membuat kerajinan tangan tersebut. Sedotan sendiri merupakan bahan baku yang elastis dan terdiri dari berbagai macam warna. Tak heran jika dengan bahan tersebut bisa dijadikan beragam kerajinan yang indah dan unik.

9. Kardus bekas

Siapa yang kalau beli barang elektronik kardusnya langsung dibuang. Yang kalau beli air mineral dalam gelas, setelah isinya habis kardusnya langsung dibuang. Hei hei mulai sekarang jangan dibuang dulu. Kamu bisa memanfaatkan kardus bekas itu untuk memulai bisnis loh. Kardus bekas bisa menjadi produk kerajinan tangan seperti miniatur rumah, miniatur kendaraan, dan sebagainya. Kamu tinggal gunting dan bentuk sesuai keinginanmu. Ada juga teman-teman pengrajin yang menggunakan kardus bekas sebagai bahan untuk membuat bingkai foto. Mereka menjual hasil karyanya dan mendapatkan penghasilan dari sana.

10. Kotak susu bekas

Di mata kita, kotak susu bekas mungkin tidak akan berarti dan berharga. Tapi di mata seorang pengrajin, kotak susu bekas dapat disulap oleh tangan kreatifnya menjadi berbagai macam produk kerajinan tangan bernilai jual tinggi. Kotak susu bekas ini bisa dibuat menjadi sebuah pouch, dompet, notebook, tempat alat tulis dan banyak kerajinan lainnya. Salah satu pengrajin yang bisa mebuat berbagai macam produk dari kotak susu bekas adalah Pimpi Syarley Naomi.

Lihat Video tentang Pimpi Syarley Naomi :
https://www.youtube.com/watch?v=hcMhkuBQLF4

11. Ban Bekas

Barang Bekas yang satu ini sepertinya masih banyak yang belum memanfaatkannya. Padahal ban bekas sebenarnya bisa dijadikan produk kerajinan yang punya nilai jual tinggi loh. Contohnya kursi, hiasan dan miniatur. Banyak pengrajin yang membuat kursi dari bahan dasar ban bekas. Produknya tidak hanya laku di pasar lokal, tapi juga Internasional. Kalau dari segi pembuatan memang membutuhkan banyak tenaga. Tingkat kerumitannya juga tinggi jika dibanding barang bekas yang lainnya. Namun kamu hanya perlu belajar secara perlahan. Makanya kalau kamu punya ban bekas jangan di buang dulu. Coba sesekali belajar untuk mengolah ban bekas yang kamu miliki menjadi produk kerajinan tangan.

Itulah 11 Ide Bisnis Barang Bekas yang Menguntungkan yang bisa aku bagikan. Sebenarnya masih banyak lagi ide bisnis barang bekas yang menguntungkan lainnya. Kamu hanya perlu mencoba dan mengekplorasi hal-hal baru di luar sana. Kamu juga harus berkolaborasi dengan para pengrajin lainnya.

Kami Percaya bahwa Orang Indonesia Memiliki Kreativitas untuk Membuat Karya yang Berkualitas.
Tetap Belajar, Terus Berkarya dan Selalu Bersinergi.
Mariberkarya, Ini Karya Kita.

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas