11 Cara Memanfaatkan Limbah Kertas Bekas

Cara memanfaatkan limbah kertas bekas ini mungkin banyak yang tidak tau. Karena biasanya limbah kertas bekas ini hanya dibuang dan menumpuk di tempat sampah. Kesadaran masyarakat akan pentingnya mengolah limbah masih kurang. Padahal mengolah limbah termasuk kertas bisa melestarikan dan menjaga lingkungan kita. Ada banyak pohon yang sudah ditebang untuk menghasilkan kertas. Jika kertas yang sudah tidak terpakai hanya dibuang dan menjadi sampah, maka semakin banyak sampah menumpuk dan semakin banyak pula pohon yang ditebang untuk menghasilkan kertas baru.

Cara Memanfaatkan Limbah Kertas Bekas

Daripada limbah kertas bekas ini menjadi sampah, mendingan kita manfaatkan untuk hal yang lebih berguna. Di sini aku akan membagikan bagaimana cara memanfaatkan limbah kertas bekas. Meskipun kertas tersebut sudah tidak bisa digunakan untuk menulis lagi, tapi masih banyak hal lain yang bisa dilakukan. Berikut adalah beberapa cara memanfaatkan limbah kertas bekas :

1. Menjaga Kesegaran Buah dan Sayur

Taukah kamu kalau kertas bekas bisa digunakan untuk menjaga kesegaran buah dan sayur loh. Caranya cukup mudah yaitu tinggal membungkus buah dan sayur tersebut menggunakan kertas bekas. Tujuannya agar buah tidak busuk dan kulitnya tidak kering. Memang kita tidak bisa menjaga kesegaran buah dan sayur terlalu lama dengan menggunakan kertas. Karena faktor lain seperti suhu juga berpengaruh. Namun paling tidak saat kamu membeli buah segar dari pasar dan hendak di bawah ke rumah, kamu bisa menggunakan kertas untuk membungkusnya. Hal itu menjaga buah dan sayuran tidak tersentuh secara langsung oleh suhu dan kondisi di luar. Kesegaran buah dan sayur pun bisa terjaga dengan baik hanya dengan menggunakan kertas.

2. Membersihkan perabot rumah

Kamu punya beberapa perabot rumah tangga yang kotor, kamu bisa menggunakan kertas bekas untuk membersihkannya. Caranya cukup mudah tinggal rendam kertas bekas ke dalam air, kemudian gunakan sebagai lap untuk membersihkan perabotan. Tinggal di gosok menggunakan sabun dan perabot rumah kamu bisa bersih. Tidak hanya perabot rumah tangga, kamu juga bisa menggunakannya untuk membersihkan kaca jendela.

3. Produk Kerajinan

Kertas juga bisa digunakan sebagai bahan untuk membuat kerajinan tangan loh. Meskipun itu adalah kertas bekas, tapi masih bisa digunakan kok. Salah satunya kamu bisa membuat origami. Origami adalah salah satu kerajinan tangan yang cukup mudah. Hanya dengan 1 lembar kertas saja kamu bisa membuat berbagai macam bentuk. Mulai dari bentuk hewan, bangunan, kendaraan dan sebagainya.

Baca Juga : 9 Kerajinan Tangan dari Kertas

4. Dekorasi Ruangan

Cara memanfaatkan limbah kertas bekas selanjutnya adalah dekorasi ruangan. Kalau kamu punya kreativitas yang lebih dan suka mencoba hal baru, kamu bisa mencoba yang satu ini. Kertas bekas yang tidak terpakai bisa kamu gunakan untuk menghias ruangan kamu. Kamu bisa menggunting dan membentuk seperti kupu-kupu, bentuk hati, atau huruf yang membentuk nama kamu. Berbagai macam bentuk bisa kamu coba dengan kertas bekas. Agar terlihat menarik kamu bisa mewarnai kertas-kertas tersebut dengan warna yang sesuai.

5. Replika Bunga

Kertas bekas yang masih bagus juga bisa digunakan untuk membuat replika bunga. Replika bunga ini bisa dibuat dengan cara menggunting kertas-kertas dan membentuk menjadi bagian-bagian bunga. Kamu bisa membuat kelopak, daun, kemudian tangkainya. Setelah semuanya jadi, kamu tinggal menyatukannya dengan lem untuk membuat bunganya. Dalam membuat replika bunga ini kamu butuh teknik menggunting dan mengelem juga. Kamu bisa gunakan imajinasimu atau beberapa referensi dari internet tentang replika bunga menggunakan kertas.

Lihat Video : Inpirasi Kerajinan Tangan dari Kertas yang Unik !!!. Bisa Kamu Lakukan Sendiri di Rumah

6. Pengering

Kertas bekas juga bisa kamu gunakan sebagai alat untuk mengeringkan sesuatu. Misalnya ada lantai basah tapi kamu tidak punya lap. Kamu bisa menggunakan kertas sebagai penggantinya. Jika kamu punya sepatu yang basah, kamu bisa memasukkan kertas kedalam sepatu kamu. Kertas ini akan menyerap air yang ada di dalam sepatu dan mengeringkannya.

7. Alas Baju

Nah biasanya nih anak kosan pasti sering menggunakan kertas sebagai alas baju di lemari. Kertas koran adalah salah satu kertas yang paling dicari anak kos terutama saat dia menempati kos yang baru. Kamu juga pasti memiliki kertas koran kan di lemari kamu sebagai alas baju. Nah aku sarankan kamu menggunakan lebih dari 2 kertas untuk menjadi alas baju. Agar baju tidak mudah rusak dan lebih awet di dalam lemari.

8. Alas Gorengan

Kamu yang suka makan gorengan pasti sering menggunakan kertas sebagai alas gorengan. Ya itu bagus, karena kertas bisa menyerap minyak yang ada dalam gorengan. Paling tidak gorengan yang kamu makan berkurang kadar minyaknya dan kamu tidak memakan banyak minyak. Jadi buat pecinta gorengan kamu bisa sediakan banyak kertas di rumahmu untuk berjaga jaga. Siapa tau kamu beli gorengan hanya dibungkus kresek dan saat dibuka ternyata gorengannya masih mengandung banyak minyak. Disitulah kamu bisa menggunakan kertas bekas ini untuk menyerap minyaknya.

9. Pembungkus barang

Kalau kamu punya barang berharga atau barang yang jarang kamu gunakan, kamu bisa membungkusnya dengan kertas. Kertas ini digunakan untuk membungkus barang agar barang tersebut tidak rusak dan kotor. Jika kamu ingin barang kamu tahan lama dan awet, maka siapkan kertas untuk menbungkusnya.

Baca Juga : Kerajinan dari Barang Bekas Koran yang Unik !!!

10. Busana atau Baju

Jika kamu memiliki banyak kertas yang tidak terpakai, kamu bisa menjadikan kertas tersebut menjadi sbuah baju loh. Banyak sekali contoh pengrajin yang sudah membuat berbagai macam bentuk baju dari keras. Kalau kamu pernah ikut pameran busana kerajinan, kamu pasti dusah tidak asing lagi. Busana atau baju dari kertas ini memang membutuhkan banyak kertas untuk membuatnya. Namun jika kamu bisa membuatnya, kamu bisa mendapatkan uang dari iru dengan cara menyewakannya.

11. Mainan

Manfaat terakhir yang bisa kamu dapat dari kertas bekas adalah mainan. Waktu kecil kamu pasti pernah membuat mainan pesawat dari kertas. Kamu tinggal melipat kertas hingga membentuk pesawat. Tidak hanya pesawat, yang hobi balapan pasti pernah membuat tamiya dari kertas. Dimana tamiya itu diisi uang koin 500 perak adar bisa meluncur. Nah di zaman sekarang kamu bisa membuat berbagai mainan yang lebih menarik lagi hanya dari kertas.

Baca Juga :
Paper Quilling – Seni Menggulung Kertas
9 Ide Bisnis Kerajinan Tangan Di Rumah Aja

Nah itu tadi 11 Cara memanfaatkan limbah kertas bekas. Sebenarnya masih banyak lagi cara ang bisa kamu gunakan untuk memanfaatkan limbah kertas bekas ini. Kamu hanya perlu kreatif dan tidah berhenti berkarya. Kalau kamu bisa menemukan hal lain, kamu bisa upload di Instagram dg hashtag #mariberkarya dan mention @mariberkaryaid dan @msaifulumam.

Kami Percaya bahwa Orang Indonesia Memiliki Kreativitas untuk Membuat Karya yang Berkualitas.
Tetap Belajar, Terus Berkarya dan Selalu Bersinergi.
Mariberkarya, Ini Karya Kita.

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas