11 Barang Bekas yang Bisa Didaur Ulang

12 Barang Bekas yang Bisa Di Daur Ulang -Thumbnail

Kamu tau ndak kalau ada Barang Bekas yang Bisa Didaur Ulang. Pernah gak sih kamu punya barang bekas di rumah. Misalnya barang bekas makanan, minuman atau mainan yang sudah rusak. Biasanya barang bekas tersebut kita buang ke tempat sampah. Bagi orang di desa biasanya ditukar dengan barang lain seperti bawang dan sebagainya. Tapi taukah kamu kalau barang bekas yang biasanya kita buang dan kita anggap tidak berguna itu bisa menjadi barang yang bagus.

Barang Bekas yang Bisa Didaur Ulang

Diantara barang bekas yang kamu miliki, ada loh Barang Bekas yang Bisa Didaur Ulang. Kamu bisa menggunakan barang bekas tersebut untuk membuat barang baru. Daripada di buang ke tempat sampah, mendingan kamu coba untuk mendaur ulangnya. Namun memang tidak semua barang bekas bisa digunakan untuk daur ulang. Nah berikut adalah beberapa Barang Bekas yang Bisa Didaur Ulang :

1. Minyak Goreng

12 Barang Bekas yang Bisa Di Daur Ulang -Minyak Bekas

Minyak goreng merupakan hal yang biasa kita temui di dapur. Selesai memasak biasanya kita akan membuang minyak goreng yang sudah digunakan. Padahal minyak goreng tersebut bisa kita gunakan untuk hal lain yang lebih berguna. Memang jika kita menggunakan minyak goreng untuk menggoreng lagi sudah tidak bisa, namun ada hal lain yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah kamu bisa menggunakan minyak goreng bekas tersebut untuk menghaluskan engsel pintu. Jika kamu punya pintu yang sering berdecit, kamu bisa menggunakan minyak bekas ini untuk membuatnya tidak berdecit lagi. Jadi simpan baik baik ya minyak goreng bekas kamu.

2. Kertas bekas

Kerajinan Tangan dari Kertas (6)

Kalau kamu punya kertas bekas yang tidak terpakai, jangan kamu buang dulu. Kertas bekas bungkus makanan, kertas yang salah cetak atau print dan sebagainya. Kertas yang masih bagus, bisa kamu gunakan untuk membuat kerajinan tangan seperti paper craft. Berbagai bentuk seperti hewan, bangunan dan sebagainya bisa kamu buat hanya dengan menggunakan kertas. Jika karya kamu bagus, kamu bisa menjualnya baik melalui internet ataupun langsung. Barang bekas yang tadinya tidak beharga bisa menjadi salah satu usaha yang menjanjikan kedepannya. Kamu juga bisa membuat berbagai bentuk kerajinan origami. Kertas banyak digunakan untuk berbagai macam kerajinan yang bagus. Jika kondisi kertas sudah lecek, tetap masih bisa kamu gunakan. Salah satunya adalah dengan menaruh kertas sebagai alas di sepatu. Tujuannya adalah untuk menyerap kelembaban. Kertas adalah media yang bagus untuk menyerap air. Oleh karena itu kamu bisa mengumpulkan kertas kertas yang tidak terpakai. Semakin banyak kertas semakin bagus.


3. Pecahan CD / Kaca

Kerajinan Tangan dari Barang Bekas - CD Bekas Gitar

Pecahan CD atau Kaca sebenarnya barang yang berbahaya. Pecahan tersebut bisa membuat tangan kita berdarah jika tidak hati hati. Namun tetap saja, jangan dulu dibuang. Barang bekas tersbut bisa kamu gunakan untuk membuat hiasan. Baik itu hiasan dinding, hiasan pot atau hiasan yang lain. Kamu bisa menyatukan berbagai bentuk pecahan yang acak menjadi satu bentuk baru. Perbedaan bentuk bentuk tersebut menjadi keunikan yang tidak ternilai. Hiasan itu bisa menjadi bagus jika kamu bisa menata dengan baik. Kamu perlu banyak berlatih untuk membuatnya.

4. Gulungan Tisu

12 Barang Bekas yang Bisa Di Daur Ulang -Karton Gulungan Tisu

Kertas karton yang dijadikan gulungan tisu ternyata bisa kita manfaatkan. Kamu sering membeli tisu gulung atau tisu roll, kamu pasti memiliki banyak karton gulungan tisu yang tidak berguna. Namun biasanya kita membuangnya. Untungnya kamu membaca artikel ini, jadi kamu tidak perlu membuangnya dulu. Kamu bisa mengubah karton gulungan tisu tersebut menjadi satu wadah atau tempat untuk pensil, alat tulis dan sebagainya. Barang tersebut juga bisa kamu gunakan sebagai tempat untuk meletakkan alat alat dapur. Pisau, sendok dan sebagainya bisa kamu letakkan di karton gulungan tisu bekas tersebut. Kamu juga bisa menjadiannya wadah untuk benda benda lain seperti charger hp, flashdisk, dan sebagainya.

5. Baju atau Kaos

12 Barang Bekas yang Bisa Di Daur Ulang -Baju dan Kaos

Baju atau kaos bekas yang sudah tidak terpakai bisa kamu manfaatkan untuk membuat berbagai macam kerajinan tangan yang unik. Baju atau kaos bekas ini bisa kamu gunting dan jahit hingga menjadi tas, dompet dan sebagainya. Kamu bisa menyatukan dan menjahit semuanya untuk memberikan variasi warna yang menarik. Hal ini memang diperlukan keterampilan dalam hal mengguting dan menjahit. Jika kamu belum pernah menjahit sebelumnya, kamu perlu belajar menjahit dulu. Kalau kamu tekun dan terus belajar, perlahan kamu bisa membuat karya yang bagus.

6. Kaleng Bekas

Kerajinan Tangan dari Barang Bekas - Miniatur dari Kaleng Bekas Mobil

Kaleng bekas termasuk ke dalam Barang Bekas yang Bisa Didaur Ulang. Banyak sekali pengrajin yang menggunakan kaleng bekas sebagai bahan untuk memproduksi kerajinan tangan. Kaleng bekas yang digunakan memang harus dalam kondisi yang bagus. Kalau tidak, maka produk kerajinan tangna yang dihasilkan pun akan kurang bagus. Bagi pengrajin yang sudah berpengalaman, kaleng bekas akan dipilih dan dipilah sebelum di daur ulang. Kaleng bekas ini digunakan untuk berbagai macam produk seperti miniatur. Miniatur kendaraan, hewan, bangunan dan sebagainya. Kalau kamu ingin melihat pemanfaatan kaleng bekas mejadi miniatur, kamu bisa melihat karya Artunzcraf di link beikut : Artunzcraft (link).


Kaleng bekas juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat untuk menyimpan berbagai macam benda. Seperti alat tulis, alat kantor dan sebagainya. Kamu perlu melapisi kaleng tersebut dengan kertas agar tidak berbahaya. Selain tempat menyimpan alat, kamu juga bisa memanfaatkan kaleng bekas sebagai pot bunga. Kamu bisa melubangi bagian bawah kaleng kemudian isi dengan tanah dan bunga dan jadi deh pot bunga. Kamu sudah tidak perlu lagi membeli pot bunga yang harganya lumayan. Kamu bisa memanfatkan Barang Bekas yang Bisa Didaur Ulang.

7. Aluminium Foil Pembungkus Makanan

12 Barang Bekas yang Bisa Di Daur Ulang -Aluminium Foil

Kertas Aluminium foil yang biasanya digunakan sebagai pembungkus makanan ternyata bisa kamu manfaatkan. Salah satu pemanfaatan Aluminium foil adalah sebagai alat penggosok barang perak. Biasanya ini digunakan untuk membersihkan noda akibat berkarat atau kotor pada panci dan sebagainya. Selain sebagai penggosok, kamu juga bisa membersihkan dengan cara menutupi atau membungkus bagian yang ingin dibersihkan. Kemudian rendam dalam air mendidih. Tambahkan 2 sendok garam ke dalam air tersebut. Biarkan reaksi kimia yang bekerja dengan cara melarutkan noda yang menempel. Sehingga bisa membersihkan secara sempurna tanpa merusak apapun.

8. Botol Plastik

9 Ide Bisnis Kerajinan Tangan Di Rumah Aja - Vas Bunga dari Botol Plastik Bekas

Botol plastik yang tidak terpakai bisa dibuat menjadi produk yang berguna. Berbagai macam benda bisa dibuat dengan menggunakan bahan dasar botol bekas. Kamu bisa kreasikan berbagai macam benda sesuai dengan kreativitas kamu. Kamu bisa membuat pot, mainan dan sebagainya. Untuk hasil yang lebih bagus kamu bisa memberikan warna dengan mengecat benda yang kamu hasilkan. Botol plastik bekas ini mudah di dapatkan dan mudah juga untuk dibuat. Kamu tinggal beli saja air mineral dan kamu bisa memiliki botol plastik bekas. Kamu bisa gunakan itu untuk berlatih terlebih dahulu.

9. Sedotan

Sedotan adalah hal yang biasa kita gunakan setiap hari untuk minum. Jika kamu sering membeli minuman di luar, maka kamu pasti sering menggunakan sedotan. Namun apa yang biasa kita lakukan setelah kita menggunakan sedotan tersebut. Ya membuangnya pastinya, iya kan. Ternyata, kamu bisa membuat berbagai macam benda yang berguna hanya dari sedotan. Tentunya bukan hanya satu sedotan, tapi banyak sedotan. Kamu bisa dengan perlahan mengumpulkan sedotan yang telah kamu gunakan. Setelah semuanya terkumpul barulah kamu bisa menggunakan sedotan sedotan tersebut untuk membuat produk. Kalau kamu ingin insprasi tentang kerajinan tangan yang bisa kamu buat dengan menggunakan bahan dasar sedotan.


Baca Juga : Kerajinan Tangan dari Sedotan.

10. Stik Es Krim

Kerajinan Tangan dari Stik Es Krim - Tempat Pensil

Barang bekas selanjutnya yang bisa dimanfaatkan adalah stik es krim. Kalau kamu pernah membeli es krim yang ada stiknya, biasanya kamu hanya memakan es krimnya saja kan. Ya iyalah masa stiknya juga dimakan. Tapi bukan itu maksud aku. Stik Es Krim yang kamu dapat itu ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk membuat sebuah produk kerajinan tangan. Kamu bisa membuat miniatur rumah, jam dinding dan sebagainya hanya dari stik es krim bekas. Namun tentu saja bukan satu stik es krim. Kamu harus mengumpulkan banyak stik es krim untuk membuat sebuah karya.

11. Kantong Plastik Kresek

12 Barang Bekas yang Bisa Di Daur Ulang -Kantong Kresek

Kantong Plastik Kresek juga bisa digunakan untuk bahan membuat sebuah produk. Kantong kresek yang setiap hari kita gunakan untuk membawa barang, ternyata punya fungsi lain. Jika kamu mendapatkan kantong plastik kresek saat membeli sesuatu, jangan dibuang dulu. Kamu bisa kumpulkan kantong plastik kresek yang kamu dapatkan. Jika sudah terkumpul banyak, kamu bisa membuat berbagai bentuk produk kerajinan yang bisa digunakan.

12. Kardus

Kerajinan Tangan dari Barang Bekas - Miniatur dari Kardus

Kardus bekas juga bisa menjadi Barang Bekas yang Bisa Didaur Ulang. Kamu bisa gunakan kardus bekas ini untuk membuat sesuatu seperti miniatur. Baik itu miniatur rumah, miniatur kendaraan, bangunan dan sebagainya. Kamu tinggal gunting dan tempel saja kardus bekas yang kamu dapatkan. Kardus bekas yang bisa kamu gunakan adalah kardus bekas air mineral gelas, kardus bekas tv, laptop dan sebagainya. Daripada dibuang atau dikilokan, mending dijadikan bahan untuk membuat kerajinan tangan yang indah.


Itulah tadi 12 Barang Bekas yang Bisa Didaur Ulang. Kamu bisa mencobanya sendiri di rumah dan membuat produk kamu sendiri. Kamu bisa gunakan kreativitas kamu untuk membuatnya lebih menarik. Jika karya kamu bagus, kamu bisa menjualnya secara online. Siapa tau ini merupakan awal kesuksesan kamu di bidang usaha kerajinan tangan. Selain 12 barang bekas tersebut, masih banyak lagi barang yang bisa kamu gunakan untuk berkarya. Kamu bisa baca artikel lainnya untuk memperdalam pengetahuan kamu tentang kerajinan tangan, bisnis online dan lain sebagainya.

Baca Juga : 9 Ide Bisnis Kerajinan Tangan Di Rumah Aja

Untuk mengetahui produk-produk kerajinan tangan lainnya klik link : Mariberkarya.
Kami Percaya bahwa Orang Indonesia Memiliki Kreativitas untuk Membuat Karya yang Berkualitas.
Tetap Belajar, Terus Berkarya dan Selalu Bersinergi.
Mariberkarya, Ini Karya Kita.

Follow Instagram Kami :
@mariberkaryaid   @karyaguebanget   @msaifulumam

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas