11 Bahan Kerajinan Tangan yang Sering Digunakan

11 Bahan Kerajinan Tangan yang Sering Digunakan Thumbnail

11 Bahan Kerajinan Tangan yang Sering Digunakan. Halo teman teman, kalau kita membahas tentang kerajinan tangan pasti tidak akan ada habisnya. Kerajinan tangan adalah hasil dari kreativitas manusia yang tidak ada batasnya. Kamu bisa membuat banyak hal hanya dari satu bahan kerajinan tangan. Tidak seperti barang atau produk lain yang harus menggunakan bahan pilihan yang berharga mahal, kerajinan tangan bisa dibuat dengan bahan apapun. Bahkan kebanyakan kerajinan tangan dibuat dengan barang barang yang tidak berguna seperti sampah dan sebagainya.

Kerajinan tangan tidak hanya bisa membuatmu bisa mengurangi sampah atau barang yang tidak berguna, tapi juga banyak hal. Kamu juga bisa menjual produk kerajinan tanganmu sehingga bisa menambah penghasilan. Selain itu pembuatan kerajinan tangan juga melatih kreatifitasmu. Kamu akan terbiasa untuk memikirkan atau membuat sesuatu yang kreatif. Kreativitas itu bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari hari. Misalnya kamu bisa menghias kamar kamu yang sebelumnya polos.

Kali ini aku akan membagikan macam-macam jenis kerajinan tangan yang bisa menjadi inspirasi kamu. Siapa tau ini merupakan awal bagi kamu yang ingin membuat usaha kerajinan tangan.

Bahan Kerajinan Tangan yang Sering Digunakan

Seperti yang aku sudah bilang sebelumnya, ada banyak sekali kerajinan tangan yang bisa kamu buat hanya dari satu bahan. Bahan bahan apa saja sih yang bisa kamu buat menjadi kerajinan tangan ?. Berikut sedikit ulasannya.

1. Kerajinan Barang Bekas

Banyak sekali barang bekas atau sampah di sekitar kita yang bisa kamu gunakan sebagai bahan kerajinan tangan. Coba saja lihat di sekeliling kamu, misalkan kamu habis makan snack, bungkusnya bisa kamu kumpulkan dan bisa kamu jadikan tas, dompet dan sebagainya. Untuk mengetahui kerajinan tangan apa saja yang bisa kmu buat dengan menggunakan barang bekas, kamu bisa membaca artikel berikut : Kerajinan Tangan dari Barang Bekas

2. Kerajinan Kardus

Kardus adalah salah satu barang yang sering kita jumpai saat membeli sebuah barang baru terutama elektronik. Contohnya saat kita membeli TV, kit amendapatkan kardus juga dari TV tersebut. Tapi setelah itu apa yang kita lakukan dengan kardusnya ?. Sebagian besar pasti membuangnya atau menaruhnya di gudang. padahal, kita bisa saja membuat atau mendaur ulang kardus tersebut menjadi kerajinan tangan yang nantinya bisa dijual kembali. Untuk mengetahui kerajinan tangan yang bisa kamu buat dengan menggunakan kardus, kamu bisa baca artikel berikut : 8 Kerajinan Tangan dari Kardus.

3. Kerajinan Stik Es Krim

Siapa yang tidak pernah makan es krim ?. Pasti pembaca blog Mariberkarya semuanya pernah makan es krim. Lalu apa yang kalian lakukan dengan stik es krimnya ?. Apakah ada yang kepikiran untuk membuatnya menjadi kerajinan tangan ?. Coba mulai saat ini kalau kamu makan es krim, stiknya jangan kamu buang dulu. Coba kamu kumpulkan dan jika sudah banyak, kamu bisa menjadikannya sebuah kerajinan tangan yang mungkin itu bisa menghasilkan buat kamu. Untuk mengetahui lebih detail tentang kerajinan tangan apa saja yang bisa kamu buat dengan menggunakan stik es krim, kamu bisa baca artikel berikut : Kerajinan Tangan dari Stik Es Krim.

4. Kerajinan Kertas

Kertas sepertinya sudah menjadi bagian dari hidup kita. Ya meskipun semua sekarang sudah mulai tergantikan dengan teknologi. Tetapi kamu masih akan menjumpai kertas di kehidupanmu sehari hari. Misalnya struk pembayaran dari mini market. Dokumen dokumen penting seperti akta, KK, Surat Rumah, dll. Bahkan saat kamu parkir biasanya ada karcis parkir. Semua itu menggunakan kertas. Lalu apa yang bisa kita perbuat dengan kertas tersebut ?. Ternyata, banyak juga loh kerajinan tangan yang dibuat dengan menggunakan kertas. Untuk lebih jelasnya kamu bisa baca artikel berikut : 9 Kerajinan Tangan dari Kertas


5. Kerajinan Sedotan

Sluurrrppp.. ahhh… siapa yang kalau minum dengan sedotan seperti itu ? (^_^). Sedotan adalah teman bagi kita saat kita makan dan minum baik di warteg maupun restoran. Yang tidak pernah pakai sedotan, pasti masa kecilnya kurang bahagia. Sedotan yang selama ini kita gunakan untuk minum dan kita buang, ternyata bisa loh digunakan sebagai bahan untuk membuat kerajinan tangan. Seperti apa kerajinan tangan yang bisa kamu buat degan menggunakan bahan dasar sedotan ?. Kamu bisa baca artikel berikut : Kerajinan Tangan dari Sedotan.

6. Kerajinan Kain Perca

Siapa yang pernah punya bantal dari kain perca, hao ngaku ?. Kain perca ini juga merupakan bahan yang biasa digunakna untuk membuat kerajinan tangan seperti bantal, tas, dompet, dll. Kamu juga bisa berkreasi dengan menggabungkan beberapa kain perca menjadi satu produk kerajinan.

7. Kerajinan Botol

Masih berhubungan dengan minuman, siapa yang tidak pernah minum menggunakan botol. Botol merek apapun loh ya. Botol terutama botol bekas, bisa kamu gunakan untuk bahan kerajinan tangan. Kamu bisa mengguntingnya kemudaian mengubah bentuknya menjadi apapun yang kamu mau. Bahkan ada beberapa pengrajin yang sukses menjalankan usahanya hanya dengan menggunakan botol bekas.

8. Kerajinan Kain Flanel

Kain Flanel adalah teman bagi pengrajin. Hampir semua pengrajin terutama cewek, pasti pernah membuat kerajinan tangan dari kain flanel. Selain mudah, kain flanel juga bisa dibentuk dan digunakan untuk membuat banyak sekali macam kerajinan tangan. Kain Flanel di pasaran memiliki berbagai warna pilihan yang beragam. kamu juga bisa memadukan beberapa kain flanel menjadi satu produk. Misalkan satu warna untuk warna dasar dan kain flanel degnan warna lainnya menjadi sebuah hiasan. Untuk lebih detailnya kamu bisa baca : Kerajinan Tangan dari Flanel

9. Kerajinan Kayu

Indonesia terkenal sebagai salah satu penghasil kayu yang berkualitas. Karena itu banyak pengrajin yang berfikiran untuk memanfaatkan kayu ini sebagai bahan untuk membuat sebuah kerajinan tangan yang bernilai jual tinggi. Banyak sekali hasil kerajinan kayu seperti furnitur, hiasan dan sebagainya yang laku dan disukai oleh pasar luar negeri. Kamu juga bisa membuat kerajinan tangan yang serupa dengan bahan dasar kayu. Kalau tidak punya kayu yang besar kamu bisa memulainya dengan yang kecil dulu seperti kayu kecil, ranting dan sebagainya yang bisa kamu temukan di sekitar kamu.

10. Kerajinan dari Koran

Koran koran. Setiap pagi di beberapa ruas jalan, di terminal atau di tempat umum, ada yang menjual koran. Atau mungkin beberapa diantara kalian yang langganan koran setiap hari. Tapi baisanya koran itu akan berganti setiap hari, karena di situ memuat berita yang terbaru setiap harinya. Lalu apa yang kalian lakukan setelah membaca koran ?. Atau apa yang akan kamu lakukan dengan koran lama setelah membeli koran baru ?. Apakah kamu akan membuangya ?. Jangan dulu dibuang guys. Kamu bisa menjadikannya sebagai bahan untuk membuat kerajinan tangan loh.

11. Kerajinan Bambu

Bambu adalah salah satu bahan kerajinan tangan yang bisa dikreasikan menjadi barang unik dan berguna. Bentuknya yang unik dan memiliki ketebalan yang cukup membuat kamu bisa menggunakannya untuk dibuat berbagai bentuk. Untuk lebih jelas tentang kerajinan apa saja yang bisa kamu buat dengan menggunakan bambu, kamu bisa baca artikel beikut : 10 Kerajinan Tangan dari Bambu

Itulah sedikit informasi tentang bahan Kerajinan Tangan yang bisa Kamu gunakan.
Baca Juga : Rahasia Sukses Dea Valencia Owner Batik Kultur


Untuk mengetahui produk-produk kerajinan tangan lainnya klik link : Mariberkarya.
Kami Percaya bahwa Orang Indonesia Memiliki Kreativitas untuk Membuat Karya yang Berkualitas.
Tetap Belajar, Terus Berkarya dan Selalu Bersinergi.
Mariberkarya, Ini Karya Kita.

Dapatkan Artikel Seperti ini GRATIS Sekarang Juga

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas