10 Kerajinan Tangan dari Bambu

10 Kerajinan Tangan dari Bambu Thumbnail

Kerajinan Tangan dari Bambu – Bambu adalah tanaman jenis rumput-rumputan yang memiliki rongga dan ruas di bagian batangnya. Sebagian besar dari kita pasti tau dong bambu. Kalau tidak tau, kebangetan deh. Bambu juga merupakan salah satu alat atau senjata yang digunakan oleh para pahlawan kita untuk melawan penjajah. Senjata yang lebih dikenal dengan bambu runcing ini digunakan para pejuang kemerdekaan karena dulu banyak sekali tanaman bambu. Namun sekarang bambu sudah tidak lagi dibuat sebagai senjata, tapi juga dibuat menjadi kerajinan tangan. Di Indonesia sendiri sudah banyak kerajinan tangan dari bambu yang unik dan keren.

10 Kerajinan Tangan dari Bambu

Seperti yang kita ketahui kerajinan tangan dari bambu sudah banyak di Indonesia. Banyak sekali kita melihat pemanfaatan bambu sebagai bahan utama dari kerajinan tangan. Dengan tangan kreatifnya, para pengrajin memanfaatkan bambu dengan baik. Secara tidak langsung bambu juga dimanfaatkan untuk alat alat yang membantu kita dalam kehidupan sehari hari. Seperti apa sih kerajinan tangan dari bambu, yuk lihat contoh berikut :

1. Angklung

Kerajinan Tangan dari Bambu - Angklung

Angklung adalah alat musik tradisional yang berkembang dalam masyarakat Sunda di Pulau Jawa bagian barat. Angklung merupakan alat musik bernada ganda. Alat musik ini dibuat dari bambu dan dibunyikan dengan cara digoyangkan. Bunyi yang dihasilkan dari angklung disebabkan oleh benturan badan pipa bambu sehingga menghasilkan bunyi yang bergetar dalam susunan nada 2, 3, sampai 4 nada dalam setiap ukuran, baik besar maupun kecil. Angklung merupakan alat musik tradisional asli Indonesia yang sudah dikenal di seluruh dunia.

Angklung terdiri dari 3 bagian yaitu tabung suara, kerangka dan dasar. Semua itu dibuat dengan bahan dasar bambu. Proses pembuatan anglung yang baik cukum rumit. Bambu yang digunakan pun tidak sembarangan. Usia bambu harus lebih dari 4 tahun dan maksimal 6 tahun dan itu harus dipotong dari jam 9 pagi hingga 3 sore. Aku kurang tau itu efeknya seperti apa, tetapi itu memang dilakukan oleh sebagian besar pengrajin angklung. Kamudian bambu dipotong sesuai dengan ukuran dan disimpan dalam kurun waktu tertentu. Kemudian bambu diolah dengan prosedur tertentu hingga bisa dipasang dan daijadikan angklung.

2. Tempat Lilin

Kerajinan Tangan dari Bambu - Tempat Lilin

Lilin merupakan salah satu alat penerangan yang bisa digunakan untuk menerangi di saat gelap. Lilin sebenarnya tidak berbahaya jika kita tidak main main dengannya, namun akan berbeda jika kita memainkannya. Tetesan atau lelehan lilin yang dipanaskan jika kena kulit akan berbahaya. Bisa menimbulkan rasa sakit dan merusak kulit kamu. Oleh karena itu kamu perlu untuk membuat tempat lilin yang baik dan aman. Jika kamu adalah orang yang memiliki kreativitas yang tinggi, kamu bisa membuat kerajinan tangan dari bambu berbentuk tempat lilin.

Kamu tidak membutuhkan banyak bambu untuk membuatnya. Kamu cukup menyediakan satu potong bambu seperti yang ada di gambar, kemudian isi bambu itu dengan lilin, selesai deh. Cukup mudah dan simpel kan. Kamu juga bisa menghiasnya dengan ukiran jika kamu mau. Tapi kalau kamu ingin membuat bentuk tempat lilin yang berbeda, kamu bisa melihat contoh di bawah ini.

Kerajinan Tangan dari Bambu - Tempat Lilin 2

3. Helm Bambu

Kerajinan Tangan dari Bambu - Helm

Helm menjadi salah satu hal yang tidak terlepaskan dari pengendara motor. Apalagi buat kamu yang anak motor banget nih, selain punya koleksi motor pasti punya koleksi helm yang banyak juga. Nah buat kamu yang ingin punya helm yang berbeda, kamu bisa membuat helm kamu sendiri.

Seperti gambar di atas permainan puzzle dari kertas bisa kamu buat dengan mudah. Hanya dengan menggunting kardus dengan menyesuaikan bentuk yang kamu mau, kemudian mewarnainya, kamu sudah bisa membuat permainan puzzle dari kardus. Mungkin permainan puzzle ini adalah salah satu kerajinan tangan dari kardus yang paling mudah untuk dibuat.


Iklan Lewat

4. Sepeda

Kerajinan Tangan dari Bambu - Sepeda

Siapa yang jaman dulu pernah pakai sepeda atau yang sampai sekarang masih pakai sepeda. Saat kamu mengendarainya dengan gembira, dengan suara bel yang jarang didengarkan di era modern saat ini. Membawanya berkeliling tempat tinggal kamu dan bersama dengan teman temanmu. Kamu juga bisa menjadikan sepeda ini sebagai salah satu alat untuk kamu berolahraga. Membawanya ke tempat yang jauh, melalui belokan, tanjakan dan turunan.

Buat kamu yang ingin pakai sepeda, kamu tidak perlu membeli sepeda. Kamu bisa membuatnya sendiri lho, hanya dengan menggunakan bahan dasar bambu. Sepeda adalah salah satu kerajinan tangan dari bambu yang mempunyai ukuran yang cukup besar. Bambu ini bisa kamu gunakan sebagai bahan untuk membuat kerangkanya. Untuk bagian lainnya, kamu bisa menggunakan bagian umum yang biasa digunakan di sepeda. Jika kamu tidak punya bambu yang cukup besar untuk membuat sepeda, kamu bisa membuat miniatur sepeda dulu. Kamu bisa meniru bentuk miniatur sepeda seperti gambar di bawah ini :

Kerajinan Tangan dari Bambu - Miniatur Sepeda

5. Tempat Tanaman

Kerajinan Tangan dari Bambu - Tempat Tanaman

Hampir sama seperti miniatur sepeda yang bisa juga digunakan untuk tempat tanaman, bambu juga bisa digunakan untuk tempat khusus tanaman. Jika kamu punya tanaman kesayangan yang setiap hari kamu rawat dan kamu siram, kamu wajib untuk memberikannya pot atau tempat tanaman. Tanaman akan terlihat lebih indah jika diletakkan di dalam Pot atau tempat tanaman. Selain itu tanaman tersebut mudah untuk dipindahkan tempatnya. Pot atau tempat tanaman akan sangat berguna bagi tanaman yang sering dipindah tempatnya. Termasuk dengan tanaman yang biasa kamu taruh di meja kamar atau di dekat jendela kamu.

Jika kamu memang mempunyai tanaman kesayangan, kamu pasti ingin memberikan tempat yang terbaik untuk tanaman kesukaan kamu itu kan. Jika kamu membeli Pot untuk tanaman kamu, kamu hanya bisa memilih bentuk bentuk yang sudah ada. Kebanyakan bentuknya hanya seperti gelas besar saja. Masa untuk tanaman kesayangan potnya biasa biasa saja sih :). Kamu bisa menggunakan bambu untuk membuat tempat tanaman plus sistem pengairannya. Untuk gambaran contohnya kamu bisa melihat gambar di atas. Kamu juga bisa menggunakan bambu untuk tempat bunga simple seperti berikut :

Kerajinan Tangan dari Bambu - Tempat Bunga

6. Gelas Bambu

Kerajinan Tangan dari Bambu - Gelas 2

Minum kopi di atas gunung dengan suasana sejuk pegunungan memang terasa nikmat. Bagi kamu penikmat kopi pasti tidak akan melewatkan momen itu. Minuman hangat dengan nuansa alam yang sejuk sangat nikmat sekali. Nah biasanya kalian kalau minum minuman hangat pakai gelas apa ?. Kalau kalian pakai gelas biasa, suasana alamnya jadi berkurang. Kalian sudah pernah mencoba gelas dari bambu ?. Bambu adalah salah satu bahan dari alam yang bisa membuat minuman hangat kalian terasa lebih nikmat, apalagi jika suasananya mendukung. Kalau kamu baru pertama kali membuat kerajinan tangan dari bambu, kamu bisa membuat gelas yang simple seperti gambar di bawah ini :

Kerajinan Tangan dari Bambu - Gelas

7. Speaker Handphone

Kerajinan Tangan dari Bambu - Speaker Hanphone

Bagi pecinta musik, pasti butuh banget yang namanya speaker. Banyak sekali speaker yang dijual di pasaran. Baik speaker yang berukuran besar hingga speaker khusus untuk handphone yang ukurannya relatif kecil. Tapi semua speaker ini butuh sumber daya listrik untuk menggunakannya. Bener atau benar. Pernah ndak kamu melihat speaker untuk handphone kamu yang bisa digunakan meskipun tanpa sumber daya listrik?. Seperti yang bisa kamu lihat di gambar speaker handphone yang ditunjukkan itu memang terlihat sederhana, tapi itu adalah salah satu speaker yang bisa digunakan tanpa menggunakan sumber daya listrik.

Kamu juga bisa membuat speaker handphone tanpa sumber daya seperti yang ada di gambar. Speaker handphone ini adalah salah satu kerajinan tangan dari bambu yang sangat berguna terutama bagi kaum millenial seperti kamu. Speaker ini bisa menghasilkan suara yang cukup keras seperti speaker pada umumnya. Bedanya adalah Speaker handphone dari bambu ini bisa digunakan dimanapun dan kapanpun, bahkan saat lampu atau listrik mati sekalipun.

8. Tempat Lampu

Kerajinan Tangan dari Bambu - Lampu

Tempat Lampu adalah salah satu kerajinan tangan dari bambu yang mudah untuk dibuat. Tempat lampu seperti ini biasa kalian temui di cafe cafe atau tempat nongkrong yang menggunakan nuansa alami. Tempat lampu dari bambu bisa juga kamu jadikan alternatif untuk lampu di kamar kamu. Sangat cocok buat kamu yang ingin memiliki kamar dengan nuansa yang lebih alami. Selain mendapatkan nuansa alaminya, kamu juga bisa menghemat pengeluaran untuk membeli tempat lampu.


Iklan Lewat

9. Kursi dan Meja Bambu

Kerajinan Tangan dari Bambu - Kursi

Siapa bilang kursi dari bambu itu jadul ? Banyak, hehehe. Tapi, pernahkah kamu ke tempat tempat resort atau hotel dengan nuansa yang natural dan tradisional ?. Ternyata mereka masih banyak menggunakan kursi yang terbuat dari kayu, termasuk bambu. Sebenarnya kursi dari bambu itu tidak jadul, tapi memang berbeda dengan kursi yang modern. Jika kamu ingin nuansa yang alami dan tradisional, kamu pasti lebih menyukai kursi yang terbuat dari bambu.

Kerajinan Tangan dari Bambu - Kursi dan Meja

Kursi dan meja dari bambu ini cocok untuk diletakkan di luar ruangan atau di tempat yang memiliki nuansa natural atau tradisional. Untuk pembuatan kursi dan meja dari bambu ini bisa dibilang cukup rumit. Meskipun terlihat mudah, hanya pengrajin yang sudah berpengalaman yang bisa membuatnya. Bahan yang digunakan juga tidak sembarangan. Bambu tersebut haruslah bambu yang memiliki kekuatan untuk menampung berat badan orang agar tidak patah.

10. Rumah Bambu

Kerajinan Tangan dari Bambu - Rumah

Siapa yang ingin atau punya cita cita memiliki rumah impian ?. Buat yang masih belum bisa membeli rumah di perumahan yang ada di tengah kota, kamu bisa membuat rumahmu sendiri menggunakan bahan dasar bambu. Untuk membuat rumah seperti yang ada di gambar, kamu membutuhkan banyak bambu. Tidak hanya banyak tapi juga kuat, biar tidak mudah roboh. Tidak lucu kan saat kamu membuat rumah dari bambu dan terkena hujan sedikit langsung roboh. Kalau memang kamu bersungguh sungguh untuk membuat rumah dari bambu, kamu juga bisa membuat rumah seperti ini :

Kerajinan Tangan dari Bambu - Rumah 2

Itulah 10 Kerajinan Tangan dari Bambu yang perlu kalian ketahui. Sebenarnya masih banyak lagi Kerajinan Tangan dari Bambu yang lainnya.
Baca Juga : 8 Kerajinan Tangan dari Kardus

Untuk mengetahui produk-produk kerajinan tangan lainnya klik link : Mariberkarya.
Kami Percaya bahwa Orang Indonesia Memiliki Kreativitas untuk Membuat Karya yang Berkualitas.
Tetap Belajar, Terus Berkarya dan Selalu Bersinergi.
Mariberkarya, Ini Karya Kita.

Iklan Lewat

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas