10 Alat untuk Menyulam untuk Hasil yang Maksimal

10 Alat untuk Menyulam untuk Hasil yang Maksimal. Menyulam merupakan sebuah teknik untuk membuat kerajinan tangan pada kain dengan gambar atau pola dengan tujuan menghias kain menjadi lebih menarik. Menyulam sebenarnya bisa menggunakan mesin, namun biasanya hasilnya tidak akan sama dengan menggunakan tangan. Untuk hasil yang lebih bagus, natural dan sesuai dengan yang kita inginkan, kamu bisa menyulam secara manual dengan menggunakan alat alat berikut :

10 Alat untuk Menyulam

Seperti halnya menjahit, alat dasar yang kita butuhkan untuk menyulam adalah jarum dan benang. Itu merupakan alat utama yang harus ada disaat kita ingin menyulam. Agar hasilnya lebih bagus menyulam menggunakan tangan membutuhkan alat yang disebut sebagai bentang atau widangan. Alat ini adalah 2 benda berbentuk lingkaran yang memiliki ukuran yang berbeda. Fungsi bentang atau widangan adalah untuk menjepit dan mengencangkan kain yang akan disulam. Tujuannya agar kain tidak kusut saat kita menyulam dan hasil sulaman kita rapi dan tidak berkerut. Selain ketiga alat itu, kamu juga bisa menggunakan beberapa alat lainnya untuk hasil yang lebih maksimal. Berikut 10 Alat untuk Menyulam :

1) Jarum

Alat yang digunakan untuk menyulam yang pertama adalah Jarum. Menyulam membutuhkan jarum yang tepat. Jarum yang memang khusus untuk menyulam. Apalagi untuk menyulam pita, kamu utuh jarum yang berukuran besar. Ujung jarum yang digunakan untuk sulam tidak hanya runcing dan tajam, ada juga jarum yang ujungnya tumpul. Jarum dengan ujung tumpul ini biasanya digunakan untuk menyulam dengan teknik “Spider web Rose” agar jarum tidak tersangkut di pita. Jika kamu ingin menyulam untuk yang lainnya, kamu bisa menggunakan jarum sulam yang lain.

2) Benang

Benang merupakan alat yang sangat penting dalam proses menyulam kamu. Benang tidak hanya sebagai alat menyulam, karena benang bisa dikategorikan sebagai bahan untuk menyulam juga sih. Sama seperti jarum, benang juga tidak bisa sembarangan dalam memilihnya. benang yang digunakna untuk menyulam harus disesuaikan dengan kain atau bahan sulamnya agar hasilnya sesuai dengan yang diinginkan. Banyak sekali jenis benang yang dijual di pasaran. Ada merk DMC, Blue Moon, Rose dan masih banyak lagi. Hingga saat ini benang jenis DMC lah yang paling banyak digunakan untuk menyulam karena benang DMC lebih kuat , tebal dan kilap jika dibandingkan dengan benang merk lainnya. Namun bukan berarti kamu harus menggunakan benang DMC agar bisa menyulam. Kamu juga bisa menggunakan benang lain yang mendukung untuk proses menyulam kamu. Pastikan benang yang kamu pilih adalah benang yang kuat dan memiliki kualitas yang bagus sehingga tidak mudah kusut.

3) Widangan

Alat untuk mengencangkan kain pada saat menyulam adalah Widangan. Widangan termasuk alat yang paling identik dengan menyulam. Hampir semua penyulam menggunakan widangan agar mereka bisa menyulam dengan baik. Agar hasilnya lebih bagus menyulam menggunakan tangan membutuhkan alat yang disebut sebagai bentang atau widangan. Alat ini adalah 2 benda berbentuk lingkaran yang memiliki ukuran yang berbeda. Fungsi bentang atau widangan adalah untuk menjepit dan mengencangkan kain yang akan disulam. Tujuannya agar kain tidak kusut saat kita menyulam dan hasil sulaman kita rapi dan tidak berkerut. Widangan sering disebut sebagai lingkaran untuk menyulam atau bulatan untuk menyulam bagi mereka yang baru pertama kali mengenalnya.

4) Gunting

Alat yang digunakan untuk menyulam berikutnya adalah gunting. Gunting, tentu saja kamu butuh gunting jika kamu ingin menyulam dengan baik. Kamu bisa menggunakan gunting untuk menggunting kain dan benang yang kamu pakai untuk menyulam. Jenis gunting ini juga bermacam macam. Aku sarankan kamu menggunakan gunting kain. biar lebih mudah untuk digunakan pada kain maupun benang.

5) Rader dan Karbon Jahit

Jika kamu ingin membuat pola pada kain sulam kamu, kamu wajib untuk menggunakan 2 benda ini. Rader dan Karbon jahit merupakan alat untuk menyulam yang saling melengkapi dan tidak dapat dipisahkan. Bagi kamu yang belum tau, rader adalah alat seperti pena tapi bergerigi, yang berfungsi untuk menggambar pola pada kain atau bahan. Sedangkan Karbon jahit berfungsi sebagai alas bagi rader untuk memberikan warna atau jejak di kain atau bahan yang digunakan untuk menyulam. Garis yang dibuat menggunakan rader dan karbon jahit ini difungsikan sebagai penanda untuk melihat pola atau bentuk yang akan kita sulam. Meskipun itu bisa membantu kamu dalam menyulam, teta saja jangan terlalu banyak meninggalkan banyak jejak rader.

6) Pita Pengukur

Pita pengukur merupakan salah satu alat yang penting diakala kamu ingin menyulam. Alat menyulam yang satu ini digunakan untuk mengukur agar bentuk, ukuran dan posisi lebih akurat. Jika kamu ingin membuat sulaman dengan ukuran yang detail, kamu memerlukan pita pengukur untuk menentukan ukuran. Kamu bisa menggunakan pita pengukur yang biasanya digunakan untuk menjahit.

7) Thimble

Thimble atau yang biasa disebut dengan bidal ini adalah benda kecil yang bisa melindungi tangan kita dari tusukan jarum. Alat ini juga bisa digunakan sebagai alat bantu untuk mendorong jarum jika jarum sulit masuk. Benda ini ada dalam bentuk cangkir kecil, tapi ada juga yang dari kain. Biasanya para pengrajin menggunakan Thimble yang berbahan dari kain. Salah satu alasannya karena mudah dibuat, tidak terlalu keras dan nyaman digunakan.

8) Unpicker

Unpicker adalah Alat untuk menyulam yang harus ada jika kamu adalah penyulam yang pemula. Fungsi dari alat ini adalah digunakan untuk membuka atau membongkar jahitan atau sulaman yang tidak benar atau kurang tepat. Bagi kamu yang sering salah dalam membuat sulaman, alat ini sangat berguna banget. Unpicker ini tersedia dalam beberapa bentuk dengan bahan plastik atau logam.

9) Pemasang Benang

Pemasang Benang adalah salah satu alat untuk menyulam yang fungsinya untuk mempermudah memasukkan benang ke jarum. Selama ini ada beberapa pengrajin sulam yang merasa kesulitan untuk memasukkan benang ke jarum yang kecil. Apalagi bagi mereka yang sudah berumur dan memiliki pengelihatan terbatas. Alat pemasang benang ini sangat membantu karena penggunaannya yang mudah.

10) Kapur Jahit

Alat untuk menyulam yang terakhir adalah kapur jahit. Kapur ini adalah kapur khusus untuk menjahit. Hampir semua tukang jahit punya dan menggunakan ini. Fungsinya adalah sebagai penanda untuk batas batas tertentu. Misalkan batas untuk pemotongan, pemberian pola, dan sebagainya.

Itulah tadi 10 alat untuk menyulam yang bisa kamu siapkan agar kamu bisa menyulam dengan maksimal. Kamu tidak perlu membeli semuanya untuk menyulam. Kamu bisa pinjam ke teman kamu atau saudara kamu yang memiliki salah satu alat menyulam. Bagi kamu yang sudah profesional, kamu butuh banyak lagi alat lainnya. Jika kamu masih baru dalam dunia sulam, kamu bisa mengikuti seminar atau workshop menyulam di tempat kamu.

Baca Juga :
Rahasia Cara Menyulam untuk Hasil yang Keren
Cara Mulai Belajar Merajut Bagi Pemula
Alamat Toko Benang Rajut di Jakarta

Kami Percaya bahwa Orang Indonesia Memiliki Kreativitas untuk Membuat Karya yang Berkualitas.
Tetap Belajar, Terus Berkarya dan Selalu Bersinergi.
Mariberkarya, Ini Karya Kita

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas